Investor Pemula

Menerapkan Strategi Arbitrase Secara Tepat dalam Trading Aset Kripto

Menerapkan Strategi Arbitrase Secara Tepat dalam Trading Aset Kripto

Pada dasarnya, strategi arbitrase menjadi salah satu cara yang cukup digunakan oleh para investor dan trader. Di mana, arbitrase bakal terjadi ketika pengguna ingin mengambil peluang dalam menghasilkan keuntungan berdasarkan perbedaan harga yang muncul antara pasar. Ada banyak contoh penerapan arbitrase dalam kripto yang bisa digunakan dalam mendukung aktivitas trading di aset kripto.

Bagi kamu yang baru memulai investasi maupun trading di aset kripto, strategi arbitrase bisa menjadi pilihan demi menghasilkan keuntungan lebih besar dibandingkan strategi lainnya. Oleh karena itu, penting mempelajari apa yang dimaksud dengan arbitrase dan strategi arbitrase seperti apa yang dapat digunakan untuk meningkatkan keuntungan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Strategi Arbitrase untuk Aset Kripto

Pada dasarnya, strategi arbitrase sendiri biasa digunakan pada pasar aset konvensional. Seiring berjalannya waktu, strategi arbitrase mulai diterapkan pada aset digital seperti di Indonesia. Di mana, sejumlah platform exchange crypto menawarkan harga suatu aset kripto berbeda-beda pada waktu tertentu. Biasanya semakin tinggi likuiditas pada suatu exchange, maka harga yang ditawarkan juga semakin kompetitif. 

Hal ini disebabkan oleh adanya pesanan dalam jumlah banyak sesuai harga beli maupun jual bagi trader. Ketika kamu memiliki aset kripto di dua platform, kamu dengan membeli aset seperti Bitcoin dari platform A, lalu menjualnya di platform B akan mendapatkan keuntungan tanpa harus mentransfer aset di antara penyedia. Begitu juga sebaliknya, di mana kamu bisa membeli dari platform A, lalu mentransfernya ke platform B untuk dijual.

Walaupun nantinya akan dikenakan biaya transaksi, namun kamu masih akan mendapatkan keuntungan. Strategi lain untuk arbitrase aset kripto bisa dilakukan dengan melakukan transaksi lintas batas. Di mana, permintaan dan penawaran aset kripto setiap negara tentunya berbeda-beda seperti permintaan Bitcoin di Korea Selatan yang sangat tinggi sehingga harganya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pasar di negara lain.

Contoh lainnya saat terjadi krisis dan protes politik di Hong Kong yang menyebabkan harga Bitcoin mencapai 2 persen lebih tinggi dibandingkan negara lain. Hal ini berarti kamu bisa memperoleh keuntungan dengan menerapkan strategi arbitrase yaitu menjual dan membeli Bitcoin di negara yang berbeda.

Jenis-Jenis Strategi Arbitrase

Untuk bisa sukses dalam menerapkan strategi arbitrase dalam trading aset kripto, tentunya kamu harus mempersiapkannya secara matang dengan memposisikan timing yang pas. Oleh karena itu, penting mengetahui jenis-jenis dari strategi arbitrase dalam memaksimalkan profit yang bakal didapat. Berikut jenis-jenis arbitrase yang dimaksud:

Arbitrase Sederhana

Sesuai dengan namanya, jenis arbitrase ini menjadi yang paling mudah dipahami dan dilakukan karena menggunakan teknik sederhana yaitu membeli aset di harga rendah pada exchange tertentu untuk kemudian dijual melalui exchange lainnya yang memiliki harga lebih tinggi. Untuk perhitungannya sendiri cukup sederhana dengan nilai aset yang dimiliki dan biaya transaksi di dalamnya. 

Arbitrase Triangular

Sementara untuk strategi arbitrase triangular membutuhkan perhitungan lebih rumit jika dibandingkan arbitrase sederhana. Selain itu, strategi ini biasa digunakan investor institusi dengan sumber daya mumpuni sehingga wajar jika strategi ini kurang populer. Di mana, cara yang dilakukan adalah dengan mengalihkan sistem kerja manual ke otomatis yang memanfaatkan sistem komputer. Dengan begitu, peluang arbitrase bakal lebih mudah didapat.

Menemukan Peluang Trading Menggunakan Strategi Arbitrase

Dengan memahami apa yang dimaksud strategi arbitrase beserta jenis-jenisnya, maka kamu sudah bisa menemukan peluang dalam trading aset kripto. Di mana, kamu bisa memulainya dengan membeli aset kripto lebih murah, lalu menjualnya dengan harga lebih tinggi agar memperoleh keuntungan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa waktu yang pas untuk melakukan hal tersebut cukup sulit ditemukan alias tidak sering muncul.

Belum lagi tradertrader yang berpengalaman dalam hal ini sudah lebih dulu memulainya sehingga terkesan kalah cepat. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum memulainya. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan analisis biaya seperti saat kamu berencana melakukan trading arbitrase dengan Ajaib Kripto dan exchange lainnya, maka lakukan analisis biaya terlebih dahulu. 

Hitung jumlah keuntungan dan kerugian yang akan didapat, lalu bandingkan. Apakah jumlah kerugian yang didapat lebih besar dibanding keuntungan maupun sebaliknya. Setelah itu, hitung besar keuntungan jika jumlah keuntungan lebih besar. Hanya saja proses penghitungan ini memang memakan waktu lama dan terkesan membuang peluang keuntungan yang ada. Akan tetapi, hal ini cukup penting dilakukan karena akan mempengaruhi aktivitas trading kamu di masa mendatang.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan Strategi Arbitrase

Dalam memulai strategi arbitrase pada aktivitas trading kamu, tentunya ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan sebelumnya. Salah satunya adalah memahami risiko dari penerapan strategi arbitrase. Adapun sejumlah risiko yang dimaksud, di antaranya:

  • Waktu perhitungan yang terbatas karena kondisi cepat sehingga saat terjadi kepanikan akan membuat trader lupa untuk menghitung biaya, risiko, maupun keuntungan dengan baik. 
  • Biaya tidak terduga yang dikenakan setiap transaksi.
  • Ketidakpastian dari harga aset kripto karena sifatnya yang sangat fluktuatif.

Selain itu, bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan arbitrase dengan menggunakan platform exchange negara lain alias trading lintas batas atau antar negara, maka perlu memperhatikan perbedaan regulasi di setiap negara. Hal ini menyangkut hukum-hukum maupun regulasi yang berlaku seperti regulasi KYC sampai peraturan anti money laundry.

Kamu juga harus mempelajari informasi dan pasar secara lengkap mungkin sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Coba untuk berinvestasi menggunakan jumlah dana sesuai tingkat toleransi risiko yang dirancang di awal. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, maka semakin bagus juga kemampuan trading.

Selain memperhatikan strategi arbitrase secara tepat dan matang, jangan lupa juga untuk memilih platform untuk trading kripto secara aman seperti aplikasi Ajaib Kripto. Di mana, Ajaib Kripto akan membantu kamu untuk mendapatkan asett kripto secara aman dan mudah. Kamu bisa melakukan analisa sebelum memilih suatu aset kripto yang memiliki potensi baik di masa mendatang.

Dengan begitu, keuntungan yang kamu targetkan di awal juga bisa tercapai. Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto di smartphone kamu untuk mulai investasi di aset kripto, sekarang.

Artikel Terkait