Investor Pro

Ini Dia Cara Mudah Mencairkan Aset Crypto Tether USDT To IDR

USDT to IDR

Tether USDT adalah suatu aset stablecoin di dunia crypto dan hampir tersedia pada berbagai pertukaran crypto. Namun, walaupun begitu, beberapa pertukaran menawarkan opsi penjualan yang terbatas dan biasanya hanya menyediakan mata uang USD saja. Oleh karena itu terkadang cukup sulit bagi para pengguna dari Indonesia untuk menukar aset stablecoin mereka, seperti USDT to IDR ataupun sebaliknya secara langsung dan biasanya perlu menggunakan aset dan platform lain yang berbeda untuk dapat menukarkan USDT ke Rupiah.

Nah, pada ulasan kali ini tim Ajaib Kripto sudah merangkum bagaimana cara mencairkan USDT to IDR secara mudah dan aman. Penasaran? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Tether (USDT)?

Tether adalah suatu platform berbasis teknologi blockchain yang dirancang untuk memfasilitasi penggunaan mata uang fiat secara digital melalui koin USDT. Tether diluncurkan pada tahun 2014 dan dirancang untuk memberikan alternatif keuangan konvensional melalui teknologi blockchain yang lebih modern dan canggih.

Tether USDT memberikan para penggunanya kemampuan untuk dapat melakukan transaksi dengan mata uang tradisional melalui jaringan blockchain, mekanisme stablecoin USDT juga menawarkan algoritma tanpa volatilitas serta kerumitan yang biasanya ada pada mata uang digital lainnya.

Platform stablecoin tether menawarkan bentuk platform berbasis blockchain baru yang memfasilitasi penggunaan digital mata uang tradisional dengan implementasi lintas jaringan di beberapa jaringan blockchain sehingga menawarkan efisiensi serta likuiditas yang terjaga.

Cara Kerja USDT

Tether USDT berperan sebagai mata uang digital stabil dengan aset digital yang disokong oleh cadangan aset, seperti dolar ataupun aset lain yang nilainya sama atau lebih besar dari jumlah total koin USDT yang beredar saat ini. Hal ini berarti, untuk setiap satu token tether USDT yang beredar di jaringan blockchain, maka nilai cadangannya satu dolar.

Di situs resminya, tim tether menerbitkan laporan harian resmi tentang jumlah cadangan yang dimilikinya serta jumlah token USDT yang saat ini beredar dan tercatat secara publik pada jaringan blockchain.

Setiap orang juga bisa membeli USDT di sebagian besar exchange crypto saat ini. Contohnya, ketika seseorang membeli $50 Tether, maka dia akan menerima sekitar 50 token USDT lalu pihak tether akan memasukkannya ke dalam cadangan sebesar $100 untuk mempertahankan patokan harganya supaya tetap 1:1 dengan dolar.

Cara kerja USDT pada umumnya hampir sama dengan aset crypto lainnya, namun tether memiliki keunikan di mana pasokannya akan terus diupdate secara real time tanpa henti sehingga menjaga stabilitas harga dan membuatnya opsi terbaik bagi para pengguna crypto untuk menyimpan nilai tanpa perlu takut terkena efek volatilitas pada pergerakan pasar crypto.

Cara Mencairkan USDT To IDR

Tether merupakan salah satu aset crypto terbesar yang mengusung mekanisme stablecoin saat ini. Koin ini hampir tersedia di semua platform pertukaran sehingga pada dasar cara mencairkan USDT to IDR juga tidak terlalu sulit. Kalian hanya perlu memilih antara CEX ataupun DEX untuk menjual USDT.

1. Centralized Exchange (CEX)

Cara mencairkan USDT yang pertama adalah melalui centralized exchange atau CEX. Metode ini pada dasarnya adalah cara yang paling mudah, yaitu menggunakan platform pertukaran crypto yang menyediakan opsi perdagangan USDT.

Metode ini cocok untuk pemula karena prosesnya terbilang lebih efisien, di mana pengguna hanya perlu melakukan deposit lalu menjualnya ke mata uang. Namun, ada baiknya untuk menggunakan platform yang legalitasnya sudah terjamin.

Contoh platformnya adalah Ajaib Kripto yang sudah terdaftar secara resmi di Bappebti, sehingga memastikan prosesnya lebih efisien dan aman dibandingkan menggunakan platform lainnya. Kalian hanya perlu melakukan deposit terlebih dahulu dan setelah itu kalian bisa menjual USDT ke Rupiah secara langsung.

2. Decentralized Exchange (DEX)

Selanjutnya adalah menggunakan platform decentralized exchange atau DEX. Cara mencairkan USDT yang satu ini mengharuskan para penggunanya memasang aplikasi pihak ketiga, seperti Metamask.

Setelah itu pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan platform pertukaran terdesentralisasi dan menjual USDT ke aset kripto lain lalu menjualnya lagi ke rupiah. Cara ini terbilang cukup rumit dan kurang direkomendasikan untuk pemula karena perlu pemahaman yang cukup dalam.

Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menggunakan cara mencairkan USDT yang pertama di mana metode ini lebih efisien dan aman.

Kesimpulan

USDT merupakan salah satu stablecoin terbesar saat ini, bersandingan dengan USDC dan BUSD. Tether USDT menawarkan alat transaksi baru yang memungkinkan para pengguna untuk dapat menyimpan aset mereka tanpa perlu takut terhadap volatilitas pasar crypto.

Stablecoin ini juga disokong oleh cadangan aset yang nilainya 1 banding 1 dengan pasokan aset digital tether yang saat ini beredar di jaringan publik blockchain sehingga memastikan transparansi dari setiap prosesnya.

Kami harap ulasan singkat tentang bagaimana cara mencairkan aset crypto USDT to IDR di atas bisa menjadi referensi bagi kalian.

Artikel Terkait