Investor Pro

Mengetahui Perbedaan ZkSync Era Vs Polygon zkEVM

zksync-era

Dalam era perkembangan blockchain, solusi Layer 2 seperti zkSync Era telah menjadi sorotan sebagai cara untuk meningkatkan skala, keamanan, dan efisiensi dalam ekosistem blockchain.

Namun, tampaknya zkSync Era tidaklah sendiri dalam inovasi tersebut. Polygon zkEVM hadir dan menemani dalam penggunaan teknologi zero-knowledge proof ke dalam dunia blockchain.

Lalu, apa sebenarnya zkSync Era? Apa perbedaan dengan Polygon zkEVM? Yuk, Simak artikel berikut ini!

Apa Itu zkSync Era?

ZkSync adalah jaringan layer-2 dalam jaringan Ethereum dengan menggunakan teknologi zero knowledge proof.

ZkSync dikembangkan oleh Matter Labs, jaringan ini telah berhasil menarik dana sebesar USD400 juta, termasuk dari Ethereum Foundation.

Pada awalnya, zkSync mampu memproses 300 transaksi per detik, namun kemudian meningkat menjadi 3.000 transaksi per detik.

Pada tanggal 24 Maret 2023, Matter Labs meluncurkan versi terbaru dari zkSync yang diberi nama zkSync Era.

Dalam versi terbaru zkSync ini, zk-rollups digabungkan dengan infrastruktur dasar komputasi Ethereum Virtual Machine (EVM). Hal ini memungkinkan penggunaan kode solidity ethereum secara langsung di jaringan zkSync, karena zk-rollup telah kompatibel dengan EVM. Salah satu fitur utamanya adalah dukungan account abstraction.

Dengan fitur ini, memungkinkan wallet kripto untuk disesuaikan dan dirancang dengan lebih kompleks, menawarkan fungsi yang lebih luas kepada pengguna.

Wallet dapat memiliki fitur seperti multi signature, autentikasi dua faktor (2FA), atau akses melalui nama pengguna dan kata sandi.

Selain itu, zkSync versi terbaru ini juga menghadirkan zkPorter, protokol yang menggabungkan teknologi zk-rollups dengan sharding. Protokol ini meningkatkan komponen rollup dalam protokol dengan memberikan komponen ketersediaan data off-chain.

ZkSync Era mampu memproses hingga 20 ribu transaksi per detik dan mengurangi biaya hingga 100 kali lipat bagi para pengguna zkPorter.

Ekosistem zkSync terus berkembang lewat kolaborasi banyak proyek seperti Curve, Yearn.finance, Argent, OKX Wallet, 1Inch Network, Onto Wallet, dan ZigZag. Proyek-proyek ini aktif dalam bidang DeFi, wallet, bridge, dan NFT.

Dengan zkSync era, Matter Labs berusaha meningkatkan keamanan dan mempermudah pengguna baru dalam mengakses dunia kripto.

Dukungan account abstraction dan kemampuan zkSync untuk memproses transaksi dengan cepat dan biaya rendah menjadikannya sebagai solusi yang menarik dalam ekosistem blockchain.

Perbedaaan zkSync Era vs Polygon zkEVM

ZkSync Era bukanlah tanpa kompetitor. Dalam blockchain yang sama terdapat platform lain yang juga menantang dan juga menggunakan teknologi zero-knowledge proof, yaitu Polygon zkEVM.

Perbedaannya sebagai berikut:

1. ZkSync Era

  • Kompatibilitas EVM: zkSync versi terbaru ini kompatibel dengan EVM, dan menggunakan LLVM compiler untuk mengompilasi kode dari berbagai bahasa pemrograman EVM seperti Solidity, Vyper, dan Yul.
  • Proofing architecture: zkSync era dapat menghasilkan bukti secara lebih cepat dengan mengoptimalkan VM khusus mereka.
  • Ketersediaan data: zkSync versi terbaru menggunakan model Volition dengan kompresi data dan integrasi tanpa batas dengan zkPorter.
  • Total Value Locked (TVL): zkSync era telah mencapai TVL sebesar USD119,39 juta sejak diluncurkan.
  • Tidak ada token yang digunakan saat ini.

2. Polygon zkEVM

  • Setara dengan EVM: Polygon zkEVM setara dengan EVM, dan tidak menggunakan compiler. Bahasa pemrograman Solidity dapat digunakan tanpa perlu menulis ulang kode yang ada.
  • Proofing architecture: Polygon zkEVM menggunakan mekanisme konsensus proof-of-efficiency untuk menghasilkan bukti validitas.
  • Ketersediaan data: Polygon zkEVM menggunakan model hybrid (Validium atau Volition), di mana beberapa data disimpan secara on-chain atau off-chain.
  • Total Value Locked (TVL): TVL Polygon zkEVM hanya mencapai USD1,5 juta.
  • Token yang digunakan adalah MATIC.

Baik zkSync era dan Polygon zkEVM dapat dijadikan solusi dalam menghadapi tantangan skalabilitas jaringan Ethereum.

ZkSync era menawarkan kompatibilitas EVM dan biaya transaksi yang rendah, sementara Polygon zkEVM meningkatkan throughput jaringan dan keamanan dengan menggunakan zero knowledge proofs.

Hadirnya dua solusi ini menandakan pesatnya perkembangan dalam dunia kripto. Oleh karena itu, penting bagi para pengguna untuk mempertimbangkan aplikasi kripto yang dapat memanfaatkan keunggulan teknologi tersebut.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait