Berita

Teknologi Blockchain Polygon Digunakan oleh India

Departemen kepolisian kota Firozabad, India, telah mengumumkan rencana untuk menggunakan blockchain Polygon (MATIC) untuk mencatat pengaduan sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat proses penyelesaian pengaduan masyarakat.

Lebih spesifiknya, sistem tersebut akan menggunakan blockchain modular OxPolygon, yang diyakini memiliki manfaat seperti sistem anti-kerusakan yang tidak akan menggangu pengaduan yang dicatat. Hal ini dijabarkan oleh polisi kota Firozabad dalam sebuah pernyataan pada tanggal 10 Oktober lalu.

Dalam sistem tersebut, begitu pengaduan dicatat, blockchain akan menghasilkan kode unik untuk kasus tersebut. Kemudian, kantor polisi terdekat area pengaduan akan memiliki QR code spesial yang akan mengarahkan laporan ke formulir pengaduan.

Semua pengaduan akan tercatat dalam blockchain

Di waktu yang bersamaan, setelah pengaduan diajukan, Laporan Informasi Pertama (FIR) akan disiapkan untuk mengantisipasi apabila polisi memutuskan bahwa investigasi resmi perlu dilakukan. Namun, perlu diketahui bahwa meski pengaduan yang diajukan akan tercatat dalam blockchain, Laporan Informasi Pertama belum pasti akan didapatkan.

Sistem pengaduan ini dibuat oleh Ankur Rakhi Sinha, pendiri AirChains, sebuah platform software development Web3, bersamaan dengan smart cell distrik kepolisian.

Dibuat intuk melawan korupsi

Salah satu pendiri Polygon, Sandeep Nailwal, mengungkapkan bahwa sistem baru ini berpotensi untuk membasmi kasus korupsi. Ia juga mengatakan bahwa sistem ini akan sangat berguna dalam menangani kasus pemerkosaan.

Perlu diketahui, hingga saat ini, Polygon telah banyak digunakan dalam administrasi di berbagai area di India. Contohnya, pemerintah Maharastra mengumumkan penggunaan blockchain Polygon untuk menerbitkan sertifikat kasta yang dapat diverifikasi.


Sumber: L., Paul. 2022. Indian city deploys Polygon blockchain to manage public complaints. finbold.com. 15 Oktober 2022.

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Artikel Terkait