Investor Pro

Peran Fully Diluted Market Cap dan Market Cap Dalam Crypto

fully diluted market cap

Sebelum membuat keputusan investasi termasuk kripto, penting untuk memahami nilai saat ini dan potensi keberhasilan aset kripto tersebut di masa depan. Nah. untuk membantu kamu dalam melakukan analisis tersebut kamu dapat menggunakan analisis fully diluted market cap dan market caps. Meskipun tampak serupa dan umum digunakan oleh beberapa investor crypto, namun mereka memiliki perbedaan dan aplikasi yang berbeda. Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Apa Sih Fully Diluted Market Cap?

Fully diluted market cap secara arti bahasa adalah kapitalisasi pasar yang sepenuhnya terdilusi. Nah apa artinya dalam dunia kripto? Fully diluted Market caps dalam kripto berarti nilai total aset kripto tertentu yang dihitung berdasarkan asumsi bahwa semua token (aset kripto) telah didistribusikan. 

Jadi fully diluted market cap dapat membantu investor menilai apakah harga aset kripto saat ini akan sustain sampai masa mendatang atau bahkan harga saat ini sudah berada di atas nilai idealnya.

Yang perlu menjadi catatan adalah bahwa fully diluted market caps tidak dapat menentukan harga masa datang secara tepat namun hanya memberi perkiraan kapitalisasi pasar aset kripto di masa depan.

Sebagai contoh, pasokan koin meningkat namun hal tersebut ternyata menyebabkan harga koin menurun jika pasokan yang meningkat tersebut tidak sebanding dengan permintaan. Kelebihan pasokan tersebut juga dapat menyebabkan inflasi. Dengan demikian kamu tidak boleh hanya mengandalkan fully diluted market caps saja saat membuat keputusan tentang investasi kripto di masa depan.

Apa Fungsi Fully Diluted Market Cap?

Fully diluted market cap sendiri memiliki fungsi sebagai penentu apakah suatu token atau koin yang beredar di pasar kripto masuk akal atau tidak. Fully diluted market caps akan cocok menjadi salah satu data pertimbangan investasi bagi investor crypto yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang. 

Namun, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan selain hasil fully diluted market caps untuk keputusan investasi kripto kamu. Hal hal tersebut adalah:

  1. Relevansi pasar di masa depan dari suatu aset kripto.
  2. Perkembangan aset kripto tersebut di masa depan.
  3. Aset kripto lain yang menjadi pesaing.
  4. Peningkatan pasokan token atau koin yang kemungkinan akan mempengaruhi nilai token atau aset tersebut. 

Bagaimana sih cara menghitung Fully Diluted Market Cap?

Untuk menghitung fully diluted market cap, kamu mengawalinya dengan mengumpulkan dua data. Yang pertama adalah data jumlah maksimum pasokan koin atau token dan yang kedua adalah nilai atau harga token/koin saat ini. Rumusnya adalah sebagai berikut. 

Pasokan Maksimum Token/Koin X Harga Token/Koin Saat Ini

Sebagai contoh, jika token A memiliki pasokan maksimum adalah 100 ribu token dengan harga per-tokennya adalah 10 USD maka untuk menentukan fully diluted market cap adalah 100.000 dikalikan dengan 10 USD menghasilkan adalah 1 juta dollar. Mudah bukan dalam menghitungnya?

Market Cap dalam Kripto

Selain fully diluted market caps, dikenal pula istilah market cap. Market cap mengacu pada nilai total mata uang kripto pada periode waktu tertentu yang bergantung pada harga saat ini dan sirkulasi koin pada waktu tertentu. Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan harga koin saat ini dengan jumlah koin yang beredar saat ini. 

Aset kripto dengan kapitalisasi pasar atau dengan market cap yang lebih besar cenderung menjadi investasi yang lebih stabil, daripada suatu aset dengan market cap yang lebih kecil.

Dengan kata lain, aset yang memiliki kapitalisasi pasar rendah akan mudah goyah dengan sentimen publik. Cara mudah untuk mengetahui nilai mata uang kripto adalah dengan melihat harga terkininya. Namun. hal tersebut bukanlah satu-satunya hal yang dapat digunakan investor untuk membuat keputusan dalam investasi kripto. 

Bagaimana Cara Menghitung Market Cap?

Nah, untuk menghitung market cap kamu dapat menggunakan rumus perhitungan sebagai berikut:

Jumlah koin yang beredar X harga per koin saat ini

Untuk lebih mudah dalam memahaminya mari kita bahas contohnya secara lebih detail. Sebagai contoh saat ini harga Ethereum adalah $1500 dengan token yang beredar sebanyak 100 juta token. Maka nilai dari market cap Ethereum  adalah

1000 x 100 juta= 10 milyar USD.

Jadi nilai market cap dari Ethereum berdasarkan contoh adalah 10 milyar USD. Mudah bukan dalam menghitungnya? Nilai market cap tersebut dapat kamu bandingkan dengan nilai market cap koin lain untuk membantu kamu dalam mengambil keputusan terkait investasi kripto. 

Perbedaan Fully Diluted Market Cap dengan Market Cap

Fully diluted market dan market cap sama-sama dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi kripto. Namun perlu diingat bahwa fully diluted market dan market cap merupakan dua hal yang berbeda.

Market cap sering digunakan untuk menentukan popularitas aset kripto saat ini. Dengan kapitalisasi pasar yang lebih tinggi aset kripto tertentu sering dianggap lebih populer karena banyak holder kripto yang memegang aset tersebut di harga saat ini. Sedangkan fully diluted market caps lebih mengacu pada nilai dari total aset kripto berdasarkan dari asumsi semua aset telah didistribusikan di pasar sehingga memberikan gambaran tentang penilaian aset kripto di masa depan. 

Berikut tadi gambaran terkait fully diluted market caps dan market caps dari mulai pengertian, cara menghitung dan perbedaan keduanya. Nah gambar berikut akan memberikan kamu bayangan lebih jelas lagi terkait fully diluted market cap dan market cap.

Kamu siap untuk memulai perjalanan investasi kripto? Jual beli aset kripto lebih mudah, aman dan terjamin dengan Ajaib Kripto, aplikasi aset kripto terdaftar dan berlisensi dari Bappebti. Yuk, download aplikasi Ajaib sekarang

Baca Artikel Lainnya di Ajaib Kripto!

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Artikel Terkait