Berita

El Salvador Berhasil Ciptakan Kantor Nasional Bitcoin

bendera El Salvador

Menjadi salah satu negara yang menerapkan Bitcoin pada aktivitas transaksi, Pemerintah El Salvador menciptakan Kantor Nasional Bitcoin. Di mana, pembangunan kantor ini ditujukan untuk mengelola semua proyek yang berhubungan dengan aset kripto.

Selain itu, lembaga ini nantinya akan bekerja sebagai unit administrasi khusus secara fungsional dan teknikal berdasarkan otonomi presiden.

Entitas ini diciptakan melalui dekrit no.49 yang dipublikasikan oleh surat kabar negara pada 17 November dengan sudah ditandatangani oleh Presiden EL Salvador dan Kementerian Pariwisata yang bertanggung jawab akan Mentri Ekonomi.

Sementara itu, Lembaga Nasional Bitcoin ini memiliki tujuan dalam desain, mendiagnosa, merenakan, membuat program, mengkoordinasi, meneruskan, memastikan, menganalisa, hingga mengevaluasi proyek yang berkaitan dengan Bitcoin.

Hal ini dilakukan untuk pengembangan ekonomi negara. Apalagi hal ini juga memungkinkan negara untuk berkolaborasi dengan negara lain ketika dibutuhkan yang berhubungan Bitcoin.

Selain itu, lembaga resmi Bitcoin atau ONBTC ini juga harus mendukung internasinal Bitcoin, blockchain, hingga perusahaan maupun investor crypto yang ingin berinvestasi dan mengunjungi El Salvador.

Lembaga nasional Bitcoin ini juga telah mengatur dan menganalisa sejumlah orang yang ingin bertemu President El Salvador dengan tujuan untuk mengimplementasikan Bitcoin maupun blockchain di El Salvador.

Tugas lain dari lembaga resmi Bitcoin ini adalah mengkoordinasi sejumlah aksi berhubungan dengan formula aturan secara relevan pada Bitcoin maupun blockchain yang ditentukan Presiden secara jangka pendek, menengah, hingga panjang dan menyesuaikannya ke program ekonomi dan pendidikan.

Dengan begitu, semua institusi public diharapkan bisa berkolaborasi dengan lembaga nasional Bitcoin ini untuk memenuhi fungsi maupun tujuan di awal.

Salah satu contoh yang dimaksud adalah Kementerian Luar Negeri yang berkolaborasi dalam beberapa hal secara internasional ketika secara otonomi daerah akan memperpanjang regulasi izin mereka.

Sementara itu, direktur dari lembaga resmi Bitcoin ini akan bertemu dengan presiden El Savador  dan mencari sejumlah anggota dengan persyaratan tertentu untuk memenuhi fungsi dari institusi tersebut nantinya.

Di samping itu, El Salvador sendiri berhasil membuat pengadaan Bitcoin secara resmi yang menjadi negara pertama dengan melakukan hal tersebut.

Bahkan, Presiden El Salvador, Bukele, mengumumkan bahwa pusat nasional Amerika akan memulai membeli 1 Bitcoin setiap harinya.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Ajaib Kripto!

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber:

https://u.today/el-salvadors-first-national-bitcoin-office-opens

https://www.linkedin.com/pulse/el-salvador-creates-national-bitcoin-office-torres-legal/

Artikel Terkait