Berita

Inggris Siapkan Regulasi Aset Kripto dengan Pengembang Dompet CBDC

Inggris Siapkan Regulasi Aset Kripto dengan Pengembang Dompet CBDC

Berita runtuhnya FTX secara hebat seolah menjadi perhatian bagi banyak pihak termasuk Inggris melalui Bank of England. Menurut pihak BoE, kebutuhan akan Pound Digital semakin besar sehingga dengan membuka diri bagi setiap penawaran pengembang untuk merancang wallet CBDC atau Central Bank Digital Currency menggunakan proof of concept bisa menjadi peluang.

Di mana, Bank of England mengumumkan batas waktu bagi para pengembang yang tertarik untuk bekerja sama hingga 16 Desember 2022 dengan mengajukan pertanyaan mengenai kebutuhan akan proyek yang dimaksud dan juga pembuatan aplikasi yang dilangsungkan sampai 23 Desember 2022.

Untuk melancarkan rencana dari proyek ini, BoE menyiapkan dana mencapai 200.000 poundsterling.

Pihak BoE sendiri menyampaikan bahwa mereka membutuhkan sampel dompet digital CBDC menggunakan bantuan teknologi PoC atau proof of concept. Pengembang yang terpilih nantinya bakal mendapatkan kontrak hingga 5 bulan dalam proses pembuatan dan uji coba aplikasi yang dibuat.

Hal ini dilakukan sebagai strategi dalam mengeksplorasi aliran pengguna melalui sistem end-to-end dengan tujuan pihak penerbit dapat mempertajam persyaratan maupun fungsi dari CBDC.

Proyek yang diselenggarakan oleh Bank of England ini juga menjadi salah satu bentuk dukungan bagi Project Rosalind Bank for International Settlements atau BIS Innovation Hub untuk menguji integrasi front end CBDC menggunakan Rosalind API.

Hal tersebut diharapkan bisa memecahkan masalah proses pendaftaran setiap pengguna. Selain itu, hasil dari penerapan proyek ini pada sistem pembayaran dapat menyelesaikan permasalahan mengenai uang keluar sampai penyelesaian pembayaran peer-to-peer.

Menteri Keuangan Memberi Dukungan Bagi Pengembangan Pound Digital

Tentunya proyek ini tidak akan berjalan lancar tanpa adanya dukungan dari pemerintah. Di mana, Menteri Keuangan Inggris, Jeremy Hunt, memberikan dukungan penuh pada penerapan Pound Digital dengan mempercepat proses konsultasi, melalui pidatonya.

Dengan begitu, proses pengeksplorasian pada penggunaan Pound Digital bisa dilakukan secara berdaulat. Ditambah materi konsultasi bakal meliputi desain potensial dari Pound Digital.

Selain itu, pemerintah setempat tampaknya bakal terus mengembangkan segmen bisnis virtual di masa mendatang. Mengingat, Inggris sendiri mengupayakan untuk membuat wilayahnya menjadi destinasi dalam pengembangan bisnis aset kripto.

Menurut Jeremy Hunt, pemerintah Inggris tengah membuat aturan untuk dapat membangun ekosistem secara aman dengan tujuan pemanfaatan stablecoin menjadi alat pembayaran.

CBDC Diharapkan Bisa Menjadi Alat yang Esensial

Dengan melihat fakta bahwa uang tunai memiliki tingkat kepercayaan yang sedang menurun, CBDC diharapkan mampu menjadi aset esensial yang dapat meningkatkan kepercayaan diri publik untuk bertransaksi keuangan ketika memindahkannya secara digital.

Mengingat, BoE memiliki tanggung jawab untuk memastikan keberlangsungan sistem finansial Inggris melalui masa ekonomi yang menantang seperti saat ini.

Selain itu, CBDC diyakini menjadi salah satu alternatif pembayaran yang aman untuk menguatkan sistem finansial Inggris. Mengingat, banyaknya disrupsi pada bank konvensional maupun sistem pembayaran lainnya yang biasa digunakan.

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber:

Percepat Adopsi Pound Digital, Inggris Cari Pengembang Dompet CBDC

Bank of England invites CBDC proof-of-concept proposals

Artikel Terkait