Berita

Blockchain Algorand Digunakan dalam Layanan Perbankan dan Asuransi di Italia

Italia

Pada Selasa kemarin, pergerakan ALGO sebagai protokol blockchain Algorand meningkat 3 persen. Hal ini menjadi sentimen positif atas dipilihnya teknologi layer 1 ini sebagai blockchain untuk mendukung penerapan jaminan asuransi dan bank di Italia. 

Di mana, Algorand bergabung dengan Bank of Italy dan IVASS pada acara yang diselenggarakan oleh Research Center for Technologies Innovations and Finance atau CETIF di Milan untuk mendemonstrasikan kemungkinan bank dan asuransi menerapkan protokol blockchain. 

Platform terbaru yang akan direncanakan rilis dengan teknologi Algorand blockchain ini akan menjadi yang pertama digunakan oleh anggota Uni Eropa untuk bank dan jaminan asuransi. Mengacu pada Federico Rajola, profesor di CETIF, alasan untuk memilih Algorand karena tingkat keamanan dan inovasi yang tanpa izin alias menggunakan sistem ledger. 

Pergerakan yang dilakukan Uni Eropa ini menjadi inisiatif sebagai rencana pemulihan dengan Uni Eropa yang mengalokasikan sebanyak 200 miliar euro ke Italia. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan pemulihan ekonomi setelah krisis di masa pandemi Covid-19. Italia sendiri memperoleh alokasi terbanyak untuk negara dan digunakan untuk dana pinjaman maupun hibah. 

Berdasarkan press release, program bank dan jaminan asuransi ini bisa meleverage teknologi ledger digital sebagai bagian dari Italy’s National Recovery and Resilience Plan.

Platform Algorand Direncanakan Rilis di Awal 2023

Pada dasarnya, platform digital Algoran ini diharapkan bisa rilis awal 2023 sebagai teknologi blockchain pertama dari anggota Uni Eropa yang diterapkan untuk bank dan jaminan asuransi. Selain itu, jaminan bank ini nantinya bisa membantu lembaga pinjaman yang bertanggung jawab meng-cover kerugian ketika peminjam gagal membayar. Begitu juga dengan jaminan asuransi khususnya bagi perusahaan asuransi.

Hal ini dilakukan sebagai alternatif untuk menyediakan keamanan dari obligasi maupun deposit. Selain itu, menurut pihak Algorand, blockchain adalah teknologi yang ideal untuk digital surety karena banyaknya kelebihan di dalamnya. Mulai dari cepat, efisien, biaya rendah, dan data transaksi yang terukur serta kemampuan menghindari penipuan.

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber:

Algorand to support bank and insurance guarantees platform in Italy

Algorand Rises After Italy Selects Blockchain Protocol for Digital Guarantees Platform

Artikel Terkait