Investor Pemula

Bagaimana Market Value dalam Cryptocurrency?

Bagaimana Market Value dalam Cryptocurrency?

Pada instrumen investasi saham maupun obligasi, menggunakan market value sebagai salah satu metrik untuk menentukan penilaian instrumen ini merupakan hal yang sering dilakukan. 

Penilaian dengan menggunakan market value dapat membantu dalam menghitung apakah suatu saham dinilai wajar, dinilai terlalu tinggi, maupun dinilai terlalu rendah.

Nah, bagaimana market value dalam cryptocurrency? Yuk, simak pembahasannya berikut ini. 

Pengertian Market Value

Nilai pasar atau market value merupakan nilai dari suatu aset yang saat ini berlaku menurut pasar. 

Pada instrumen investasi seperti saham, nilai pasar suatu perusahaan dihitung dengan mengalikan harga saham saat ini dengan jumlah saham beredar yang diperdagangkan di pasar.

Nah, salah satu ciri dari nilai pasar ini adalah pergerakannya yang dinamis. Jika kamu ingin melihat nilai pasar pada aset berjangka maupun ekuitas yang sangat likuid, dapat ditentukan dengan mudah, lho. 

Nah, berbeda halnya dengan aset yang tidak likuid. Cukup menantang untuk menentukan nilai pasarnya. 

Hal ini diakibatkan karena kompleksitas underlying asset yang dimiliki dan tidak adanya jaringan dari pembeli dan juga penjual yang konstan sehingga dibutuhkan waktu dan juga proses yang panjang agar dapat menentukan nilai pasarnya secara tepat.

Mengapa Kita Harus Memahami Market Value?

Sebagai calon investor yang ingin investasinya menghasilkan, memahami nilai pasar adalah hal yang sangat penting, lho. 

Pada suatu perusahaan, memahami tentang market value merupakan hal yang sangat penting karena menjadi kunci investasi agar tidak merugi.

Salah satu alasan utama mengapa nilai pasar atau nilai pasar penting adalah karena nilai pasar menyediakan metode konkret yang menghilangkan ambiguitas atau ketidakpastian untuk menentukan nilai suatu aset. 

Kenyataan yang terjadi di pasar, pelanggan maupun penjual seringkali memiliki persepsi yang berbeda tentang nilai suatu produk atau aset.

Belajar tentang market value akan membuat kita paham lho mengenai nilai dari sebuah aset dan juga dapat menghindari kemungkinan untuk menginvestasikan uang kita di perusahaan yang tidak potensial. 

Perbedaan Book Value dan Market Value

Seperti yang telah dibahas di atas, sangat penting bagi seorang investor untuk memahami nilai pasar

Namun selain nilai pasar, terdapat hal lain yang penting juga untuk dipahami yakni book value. 

Nah, nilai aset yang tercatat di dalam neraca perusahaan yang disebut dengan book value. Istilah lain dari book value adalah carrying value atau net asset value.

Book value juga diartikan sebagai biaya awal yang dibayarkan untuk perolehan aset, kemudian disesuaikan dengan penurunan nilai atau penyusutan yang didistribusikan pada aset.

Perlu diingat fungsi dari book value dan nilai pasar adalah saat mengambil keputusan investasi. Kedua metrik ini akan membantu kamu untuk dapat mengukur apakah aset yang ingin kamu investasikan tersebut dinilai realistis, terlalu rendah atau dinilai terlalu tinggi.

Berikut ini adalah perbedaan dari book value dan nilai pasar, yakni:

  • Book value menggambarkan nilai sebenarnya dari sisi aset perusahaan, sedangkan nilai pasar menginformasikan investor tentang nilai proyeksi perusahaan atau  aset perusahaan.
  • Book value akan mencerminkan nilai ekuitas perusahaan, sedangkan nilai pasar menunjukkan harga maksimum dimana saham perusahaan dapat diperdagangkan di pasar keuangan.
  • Book value menunjukkan biaya akuisisi aset yang sebenarnya, sedangkan nilai pasar mencerminkan tren pasar.
  • Book value maupun market value aset juga berbeda dalam frekuensi fluktuasinya.

Jika kita melihat book value dengan market value, nilai buku lebih stabil dan mengalami perubahan secara berkala, contohnya ketika perusahaan melaporkan pendapatannya. Disisi lain, nilai pasar cukup sering berubah karena aset diperdagangkan sepanjang hari perdagangan.

  • Book value  dan market value juga berbeda secara signifikan penggunaannya jika perusahaan berencana menjual suatu aset. 

Book value hanya menunjukkan nilai akuntansi aset sementara nilai pasar secara akurat mencerminkan popularitas aset saat ini yang berada di pasar.

Rumus Market Value

Agar dapat mengetahui nilai pasar suatu aset dengan mudah maka rumus yang sering digunakan adalah:

Market Value = Harga Pasar Saat Ini (per lembar Saham) x Jumlah Saham Beredar

Namun demikian, dalam menilai suatu aset seperti saham, menggunakan market value juga memiliki kerugian lho, karena nilai pasar merupakan metrik yang dapat berubah dari satu saat ke saat berikutnya jika ada volatilitas pasar yang mempengaruhi harga.

Selain itu, nilai pasar juga mungkin bukan ukuran terbaik yang untuk digunakan saat membandingkan perusahaan dalam industri yang sama maupun industri yang berbeda.

Market Value dalam Cryptocurrency

Nah, demikian pengertian market value, perbedaan market value dan book value dalam investasi, hingga rumus yang digunakan untuk mencari nilai pasar

Selanjutnya adalah, bagaimana yah penggunaan nilai pasar dalam kripto?

Untuk kita ketahui, kripto yang merupakan aset yang sedang populer ini tidak mengenal atau tidak memiliki nilai pasar maupun book value, lho. 

Meskipun tidak menggunakan kedua metrik ini untuk menilai aset kripto, terdapat metrik lain yang digunakan dan dikenal dengan market capitalization, atau populer dengan istilah market cap yang berarti kapitalisasi pasar.

Kapitalisasi pasar dalam aset kripto ini mengalami perkembangan yang pesat dan mengalami kenaikan berkali-kali lipat jika dibandingkan ketika pertama kali aset ini diluncurkan. 

Faktor inilah yang menjadi salah satu penyebab aset kripto banyak diminati sebagai aset investasi, lho. 

Setelah membaca pembahasan diatas, apakah kamu juga berminat untuk berinvestasi di kripto? Nah, saat ini telah hadir aplikasi Ajaib kripto yang memudahkan kamu untuk berinvestasi di kripto. 

Kamu tidak perlu bingung karena fitur yang terdapat dalam aplikasi ini sangat informatif untuk mewujudkan impian investasimu. Tunggu apalagi?

Artikel Terkait