Seputar Info

Money Changer: Pengertian, Konsep, dan Tips Menukarkan Mata Uang

money-changer-adalah

Bagi yang akan atau sering bepergian ke luar negeri, istilah money changer pasti bukan hal yang asing lagi. Money changer adalah tempat penyedia jasa penukaran atau perdagangan mata uang asing yang disesuaikan dengan kurs yang berlaku saat itu.

WNI yang pergi ke negara asing maupun sebaliknya, perlu menukarkan uangnya terlebih dahulu setelah sampai di negara tujuan. Biasanya, money changer terdapat di bandara, terminal, atau pusat perbelanjaan. Hal ini tentunya untuk mempermudah transaksi di negara tujuan.

Jika masih belum memahami cara kerja atau fungsi dari money changer, berikut ini adalah informasi lengkapnya!

1. Pengertian Money Changer

Money changer adalah jasa penting bagi seseorang yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Karena di tempat ini, kita bisa membeli valuta atau mata uang asing yang berlaku di negara tersebut.

Perlu dicatat, nilai mata uang rupiah berbeda-beda dengan mata uang asing yang akan ditukarkan. Misalnya, satu dolar Amerika hampir setara dengan Rp14 ribu rupiah. Jumlah ini tentu akan berbeda di negara lain, seperti Euro, Yen, Won, dll.

Karena adanya perbedaan harga seperti ini, maka penting untuk perlu menyiapkan uang rupiah lebih banyak sesuai dengan kebutuhan.

2. Konsep Money Changer

Jika diterjemahkan secara harfiah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, money changer berarti “penukar uang.” Arti ini sejalan dengan jasa yang ditawarkan money changer. Namun bukan cuma sekedar menukar, tapi juga ada aktivitas jual beli.

Umumnya, sebuah money changer akan memiliki daftar harga tukar (kurs) dari berbagai mata uang asing seperti dolar, euro, yen dan lainnya terhadap rupiah. Nah, kurs jual dan kurs beli itu berbeda.

Maka ketika ada seseorang yang ingin menukarkan uang dolar ke rupiah, maka money changer akan membeli dengan harga lebih rendah daripada harga jual kurs tersebut. Nantinya, kita akan mendapatkan selisih dari transaksi tersebut, dan itulah keuntungan yang didapat oleh money changer.

Selain itu, jika uang dolar kertas yang ditukar tidak dalam keadaan baik seperti lecek, kotor, nilai tukarnya bisa lebih rendah lagi sehingga keuntungan bisa lebih besar.

3. Cara Menukar Uang di Money Changer

Menukar atau membeli mata uang asing di money changer sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  • Siapkan uang yang akan ditukarkan atau sejumlah uang untuk membeli mata uang asing.
  • Pastikan sudah mengetahui kurs mata uang yang hendak ditukar/dibeli.
  • Datangi teller dan isi formulir isian dalam secarik kertas yang disediakan, disertai menentukan jumlah uang yang mau ditukar/dibeli.
  • Teller akan memberikan jumlah harga mata uang yang ditukar/dibeli.
  • Jika setuju dan sesuai dengan harga yang ditawarkan, bayar atau tukar sesuai dengan nilai yang sudah disetujui.
  • Tunggu antrean untuk dipanggil kembali sementara teller akan menghitung uang yang ditukarkan/dibeli.
  • Teller akan memanggil konsumen sesuai dengan nomor urutan untuk mengambil hasil penukaran/pembelian mata uang asing.
  • Teller akan memberikan uang yang ditukar/dibeli beserta dengan nota atau kuitansi pembelian.
  • Hitung kembali di depan teller agar tidak ada kekurangan.
  • Simpan nota pembelian jika sewaktu-waktu ada uang yang cacat atau tidak diterima saat di negara tujuan sebagai bukti komplain atau pengembalian di money changer yang sama.

4. Tips Memilih Money Changer yang Kredibel

Sebelum menukarkan uang ke money changer, perhatikan hal-hal berikut ini agar terhindar dari penipuan maupun kerugian.

  • Pilih money changer yang sudah memiliki izin resmi dari OJK.
  • Money changer legal mendapatkan izin resmi juga dari Bank Indonesia sebagai Pedagang Valuta Asing berizin.
  • Ketahui kurs paling rendah agar selisih tidak terlalu besar.
  • Pastikan money changer memiliki situs yang menginformasikan kurs mata uang secara online.
  • Beberapa money changer memiliki sistem pembayaran transfer atau menggunakan kartu debit. Namun, ada juga money changer yang hanya menerima uang tunai saja.
  • Ukur jarak tempuh ke money changer. Meskipun punya nilai kurs paling rendah, tetapi harus menempuh jarak yang jauh lebih baik cari money changer terdekat dengan kurs relatif sama. 
  • Untuk kebutuhan bisnis sebaiknya mencari money changer selain di bandara atau terminal.
  • Untuk kebutuhan perjalanan dalam kondisi mendesak, Anda bisa menukarkan di bandara atau terminal baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Gunakan kalkulator online untuk mengecek kurs mata uang asing secara real time.
  • Pastikan menggunakan pengawalan dari kepolisian jika ingin menukarkan uang dengan jumlah yang sangat banyak demi keamanan.
  • Money changer berbeda dengan forex, maka pastikan menukarkan uang di tempat yang benar dan tepat.

5. Tips Agar Mendapat Nilai Tukar Terbaik

Karena kurs naik turun dan juga setiap money changer menerapkan fee yang berbeda-beda, berikut ini adalah tips agar mendapat nilai tukar terbaik yang bisa dicoba.

1. Tentukan Jumlah Uang yang Akan Ditukar

Penting sekali untuk menghitung kebutuhan selama berada di negara tujuan wisata sehingga bisa memperkirakan berapa jumlah uang yang akan dibawa. Ini juga mempermudah proses perhitungan hasil dari penukaran di money changer.

2. Cek Nilai Mata Uang

Sebelum menukarkan uang, ada baiknya untuk melakukan cek nilai mata uang yang akan ditukarkan. Caranya, lihat update kurs mata uang asing melalui internet atau bertanya kepada agen terdekat. Ini akan mempermudah dalam membandingkan nilai tukar yang akan didapatkan.

3. Pilih yang Berizin

Money changer berizin adalah opsi terbaik untuk menukar rupiah ke mata uang asing negara yang dituju. Selain meminimalkan risiko penipuan dan mendapatkan uang palsu atau rusak, money changer resmi umumnya menawarkan nilai tukar tertinggi.

Pilihan lainnya adalah dengan menukarkan uang di bandara atau bank. Namun, biasanya nilai tukar di tempat ini jauh lebih rendah.

4. Pilih Waktu Penukaran

Saat kurs stabil adalah momen yang tepat untuk melakukan penukaran uang. Selain itu, bisa juga melakukan penukaran di awal pekan, terutama di pagi hari untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

Jangan lupa untuk terus memantau pergerakan nilai tukar (kurs) antara rupiah dengan mata uang negara tujuan. Jika sewaktu-waktu rupiah menguat, dianjurkan untuk langsung menukarkannya untuk mendapatkan harga mata uang asing lebih murah.

5. Awas Adanya Kecurangan

Penting sekali sebagai konsumen untuk tetap waspada terhadap tindak kejahatan dan kecurangan yang mungkin terjadi, terutama ketika hendak menukarkan uang di money changer.

Ada yang menawarkan rate murah, misalnya. Kemungkinan ada banyak risiko, mulai dari adanya uang palsu atau uang rusak. Jangan juga menukarkan uang ke orang asing atau individu yang latar belakangnya sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli BitcoinEthereumBinance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait