Berita

Cardano Meluncurkan Toolkit Untuk Sidechain

Cardano Meluncurkan Toolkit Untuk Sidechain

Toolkit ini akan memungkinkan pembuat Sidechain untuk memilih mekanisme mereka sendiri dan fitur aplikasi lainnya, sekaligus melanjutkan sistem keamanan pada rantai utama.

Tim yang berada di belakang ekosistem Cardano akan merilis sebuah toolkit pada bulan ini yang akan memungkinkan para developers untuk mengimplementasikan Sidechain yang dibangun secara mandiri yang bertujuan untuk meningkatkan ekosistem tersebut.

Berita ini diumumkan pada tanggal 12 Januari oleh Input Output Global (IOG), sebuah perusahaan engineering blockchain yang didirikan oleh Charles Hoskinson dan dulunya dikenal sebagai Input Output Hong Kong (IOHK). Pengumuman tersebut termasuk dokumentasi teknis resmi untuk toolkit Sidechain.

Developers IOG sudah memanfaatkan toolkit untuk membangun sebuah Sidechain yang sudah bersifat public testnet yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) sebagai “Bukti Konsep”. Setelah audit selesai, siapa saja dapat mengimplementasikan aplikasi terdesentralisasi, membuat Smart Contracts, dan memindahkan token antar rantai pengujian yang berbeda.

Toolkit ini juga akan memungkinkan pembuat Sidechain untuk memilih mekanisme konsensus mereka sendiri di samping fitur-fitur aplikasi khusus lainnya.

Sidechain adalah sebuah blockchain independen yang bekerja sama dengan blockchain induknya, yang lebih sering dikenal sebagai Mainnet. Sidechain sering ditest untuk menambah skalabilitas pada Mainnet yang mengedepankan sistem terdesentralisasi dan keamanan.

IOG berharap pengembangan Sidechain akan “Membuka jalan untuk adopsi massal” pada ekosistem Cardano di masa depan yang akan datang.

Komunitas Cardano Sangat Antusias

Berita ini membuat para penggemar Cardano sangat antusias, dengan salah satu anggota komunitas menargetkan bahwa Cardano mengalami kenaikan harga yang sama seperti Ethereum pada 2020-2021 ketika banyak Sidechain layer-2 dan token utilitas diluncurkan.

Implementasi toolkit sebagai “Langkah besar” yang akan “Mengembangkan penggunaan Sidechain untuk Cardano” dalam beberapa bulan ke depan.

Sumber: Cardano ecosystem set to expand with custom-built sidechains, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait