Berita

Polygon Uji Coba Teknologi Zero-Knowledge Roll-Up

Polygon Uji Coba Teknologi Zero-Knowledge Roll-Up

Polygon sedang dalam tahap pengujian terakhir untuk Zero-Knowledge Roll-Up di jaringan testnet, untuk mengevaluasi kinerja zkEVM-nya sebelum akhirnya diintegrasikan ke dalam jaringan utama (Mainnet).

Protokol skala layer-2 Ethereum yaitu Polygon atau yang dikenal dengan MATIC saat ini sedang melakukan pengujian kinerja terhadap teknologi Zero-Knowledge Roll-Up (zk-Rollups) sebelum diintegrasikan sepenuhnya ke dalam jaringan utamanya (Mainnet).

Pengembangan teknologi yang disebut Polygon zkEVM (Ethereum Virtual Machine) telah berlangsung selama lebih dari tiga tahun oleh tim Polygon Hermez. Tim sudah mengkonfirmasi bahwa Zero-Knowledge proofs dapat dilakukan di Ethereum dengan menghasilkan lebih dari 12,000 zk-Proofs dalam versi utama testnet zkEVM.

David Schwartz, project lead Polygon zkEVM dan PolygonID memaparkan perkembangan fitur tersebut dalam korespondensi dengan Cointelegraph. Platform layer-2 yang tengah berkembang dan meningkatkan fungsinya dalam memainkan peran penting dalam mendorong skalabilitas Ethereum.

Seperti yang dijelaskan oleh David Schwartz, Zero-Knowledge Roll-Up meningkatkan kecepatan pada platform layer-2 dapat mencapai finalitas sambil memastikan validasi transaksi yang aman dengan teknologi Zero-Knowledge. Dalam istilah blockchain, finalitas adalah titik di mana sebuah blok transaksi dianggap telah secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi ditambahkan ke blockchain.

“Akhirnya, kami memiliki zkEVMs, seperti Polygon zkEVM yang menawarkan semua, ditambah kesetaraan dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) dengan metode canggih zk-STARKs dan zk-SNARKs.” Menurut Schwartz, zkEVM termasuk kode sumber lengkap pertama yang tersedia zkProver setara EVM, yang lulus semua tes vector Ethereum dengan lebih dari 99%. 

Lanjutnya, penyelesaian bukti validitas untuk transaksi pengguna konvensional sebagai upaya paling menantang dan menguntungkan sejak timnya mulai mengembangkan zkEVM aslinya.

Dua tahun yang lalu, tim Polygon memproyeksikan bahwa pengembangan zk-Rollups dengan kompatibilitas EVM ini akan menawarkan berbagai manfaat bagi pengguna ketika menambah lebih banyak throughput dan biaya yang lebih rendah.

Sumber: Polygon tests zero-knowledge rollups, mainnet integration inbound, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait