Berita

Penerbit USDC, Circle Akan Rilis Protokol Cross-Chain (CCTP)

Penerbit USDC, Circle Akan Rilis Protokol Cross-Chain (CCTP)

Jeremy Allaire, salah satu pendiri dan CEO dari Circle, baru-baru ini mengumumkan bahwa peluncuran Cross-Chain Transfer Protocol (CCTP) akan segera dilakukan. 

CCTP merupakan infrastruktur yang diperlukan untuk menciptakan aplikasi yang lebih terukur, efisien, aman, dan ramah pengguna yang dibangun di atas USDC. 

Protokol ini saat ini tersedia di testnet Goerli dan Fuji pada jaringan Ethereum (ETH) dan Avalanche. 

Dokumentasi CCTP menunjukkan bahwa CCTP akan diluncurkan di blockchain Ethereum dan Avalanche pada kuartal I-2023, dan diharapkan tersedia di jaringan Solana dan jaringan lainnya di masa depan.

CCTP memungkinkan pengguna untuk memindahkan nilai dalam USDC di seluruh jaringan yang didukung. 

Saat memindahkan token dari satu jaringan ke jaringan lain, USDC akan “dibakar” pada platform sumber dan dicetak secara bersamaan di jaringan tujuan. 

Ini menghilangkan kebutuhan untuk “Lock-and-Mint” yang biasanya memecah likuiditas. Selain itu, Circle menyatakan bahwa developers dapat menyematkan CCTP di aplikasi mereka.

USDC adalah stablecoin yang dikeluarkan dan dikelola oleh Center, konsorsium yang didirikan oleh Circle, Coinbase, dan Cryptocurrency Exchange. 

Tujuan utama dari USDC adalah untuk menciptakan jaringan di mana pengguna dapat memiliki kepercayaan penuh kepada penerbit. Setiap USDC dapat ditukarkan dengan USD dan Circle melakukan audit rutin untuk memastikan ini.

Selama beberapa tahun terakhir, USDC telah tumbuh dalam dominasi dan luasnya. Pada awal 2023, stablecoin ini tersedia di Ethereum, Algorand, Tron, Stellar, Solana, dan empat blockchain kelas atas lainnya. 

Ini memungkinkan para pengguna, terutama di DeFi, untuk memindahkan nilai dengan murah dan tanpa kepercayaan antar protokol. Circle berharap untuk mengintegrasikan USDC dengan lebih banyak jaringan lainnya di masa depan.

Sumber: Circle co-founder says a cross-chain protocol for USDC is getting closer to launch, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait