Berita

Bing Versi Baru Dirilis oleh Microsoft untuk Saingi Layanan Chatbot AI Milik Google

Microsoft rilis bing versi baru

Baru-baru ini, Google mengumumkan perilisan layanan chatbot berbasis AI bernama Bard sebagai langkah mengikuti persaingan chatbot AI yang tengah banyak diminati akhir-akhir ini. Di mana, Bard yang membantu proses pencarian informasi di Google menjadi lebih mudah. Tapi produk ini harus kembali bersiap karena Microsoft merilis layanan chatbot AI-nya untuk bisa diakses di Bing.

Bing versi baru sebagai mesin pencarian besutan Microsoft sendiri berhasil diintegrasikan teknologi artificial intelligence atau AI buatan OpenAI. Di mana, teknologi yang digunakan pada Bing versi baru ini sama halnya dengan yang dipakai pada ChatGPT.

Mengacu lama resmi Microsoft, perusahaan menyampaikan bahwa Bing dan Edge dengan ditenagai teknologi AI terbaru sudah diluncurkan.

Tujuan dari pembaruan pada Bing ini dilakukan demi memudahkan setiap pengguna untuk mencari berbagai informasi melalui internet. Selain itu, pihaknya juga menyatakan bahwa Bing versi baru sudah dilengkapi layanan chatbot AI yang memiliki dua konfigurasi.

Konfigurasi pertama yaitu chatbot Bing di sebelah kanan pada laman hasil pencarian yang berfungsi sebagai asisten dalam membantu pengguna menelusuri informasi secara lebih lanjut mengenai apa yang ingin dicari. 

Sementara untuk konfigurasi kedua berupa tampilan chatbot Bing menyerupai ChatGPT yang bersih tanpa dilengkapi laman hasil pencarian berfungsi untuk pengguna dapat memasukkan beragam pertanyaan demi mencari informasi yang dibutuhkan, sama halnya saat menggunakan ChatGPT. 

Teknologi ChatGPT yang Digunakan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Microsoft sendiri mengklaim layanan chatbot AI pada Bing versi baru menggunakan teknologi GPT 3.5 atau model yang sama digunakan ChatGPT.

Penggunaan teknologi ini terbilang wajar karena Microsoft selaku salah satu perusahaan yang memberikan pendanaan selama beberapa tahun belakangan dan juga menjadi mitra sampai beberapa tahun mendatang. 

Hanya saja, Microsoft menyatakan jika model AI yang diterapkan oleh Bing memang lebih canggih karena bisa memberikan jawaban maupun informasi terkini secara detail. Setiap pengguna dapat melihat respons yang diberikan Bing saat melampirkan beberapa pertanyaan.

Pada laman web resminya, pengguna dapat mengklik tombol Join the waitlist sehingga bisa mendaftarkan diri mereka dalam mendapatkan informasi terbaru.  

Percobaan yang Terbatas

Pada dasarnya, penggunaan Bing versi baru ini masih tersedia secara terbatas alias baru ada versi desktop dan belum ada di semua pengguna.

Microsoft sendiri belum menginformasikan kapan Bing versi baru ini dapat digunakan secara luas maupun ketersediaannya di perangkat mobile. Hanya saja, Microsoft menjanjikan Bing versi baru ini dapat digunakan lebih banyak orang di dalam waktu dekat. 

Selain itu, Microsoft juga merilis dua fitur AI baru melalui browser internet Edge bernama Chat dan Compose. Di mana, Chat memungkinkan setiap pengguna memakai teknologi AI dalam melihat inti dari teks yang mereka baca.

Sementara Compose membantu pengguna membuat teks mengacu topik yang sedang telusuri di internet. Kedua fitur Chat dan Compose ini akan tersedia pada menu Edge Sidebar yang diakses di deretan menu vertikal pada bagian sebelah kanan tampilan Microsoft Edge. 

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/08/08000087/microsoft-umumkan-bing-versi-baru-dengan-chatbot-ai-mirip-chatgpt?page=all#page4

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/07/08310007/inikah-tampilan-chatgpt-di-microsoft-bing?page=all#page2

Artikel Terkait