Berita

PayPal Menyimpan $604 Juta dalam Bentuk Aset Kripto pada Akhir Tahun 2022

PayPal Menyimpan $604 Juta dalam Bentuk Aset Kripto pada Akhir Tahun 2022

Perusahaan pembayaran global PayPal memegang sebagian besar kewajiban finansial mereka dalam bentuk mata uang kripto seperti Bitcoin (BTC) pada harga $21,611 yang ditawarkan kepada pelanggan mereka. 

Laporan tahunan PayPal yang diajukan ke Komisi Efek dan Pasar Modal Amerika Serikat pada 10 Februari menunjukkan bahwa pada tanggal 31 Desember, PayPal memegang total $604 juta dalam berbagai mata uang kripto, termasuk Bitcoin, Ether (ETH) dengan harga $1,481, Litecoin (LTC) dengan harga $91.00, dan Bitcoin Cash (BCH) dengan harga $122.

Bitcoin memegang bagian terbesar dari aset kripto PayPal, menyumbang $291 juta dalam penyusunan aset perusahaan, sementara $250 juta dipegang dalam ETH. Sisanya, sejumlah $63 juta, meliputi Litecoin dan Bitcoin Cash. 

Kepemilikan kripto PayPal menyumbang 67% dari total kewajiban keuangan perusahaan, mencapai $902 juta pada tanggal 31 Desember. Total aset keuangan PayPal mencapai lebih dari $25 miliar.

Perusahaan pembayaran global ini memperkenalkan layanannya untuk memegang dan menjual Bitcoin di Amerika Serikat pada November 2020. Walaupun sudah memperkenalkan mata uang kripto lebih dari dua tahun yang lalu, PayPal belum pernah menyertakan penyusunan kepemilikan kripto seperti ini dalam laporan keuangan tahunan sebelumnya.

PayPal menyimpan mata uang kripto pelanggan melalui penitipan pihak ketiga dan menekankan bahwa mereka membutuhkan secara kontraktual agar penitip memisahkan aset pelanggan dan tidak mencampurkannya dengan aset milik sendiri atau aset lain. 

Namun, perusahaan pembayaran global ini juga mengakui bahwa mereka tidak dapat memastikan bahwa kewajiban kontraktual tersebut efektif mencegah aset tersebut diterima sebagai bagian dari harta warisan penitip dalam kasus kebangkrutan atau hukum kepailitan lainnya.

Menurut Wakil Presiden Richard Nash, PayPal berusaha sebaik mungkin untuk membawa segala integrasi blockchain dan kripto ke layanannya, termasuk mata uang digital bank sentral. 

Sumber: PayPal held $604M in Bitcoin and other crypto at the end of 2022, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait