Berita

Korea Selatan Menyiapkan US$173 Juta Untuk Pengembangan Metaverse Pada 2023

Korea Selatan Menyiapkan US$173 Juta Untuk Pengembangan Metaverse Pada 2023

Terlepas pasar kripto tengah mengalami tren bearish yang telah mengikis jumlah investor dalam industri ini, ruang inovasi Web3 terlihat masih berjalan dengan baik dan potensinya terus meningkat di tengah siklus winter. Tercermin pada keputusan Korea Selatan untuk menginvestasikan seluruhnya pada Metaverse di tahun 2023.

Kementerian Sains dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) Korea Selatan mendeklarasikan bahwa mereka akan berinvestasi lebih dari 223 miliar won untuk mengembangkan industri Metaverse. Investasi senilai US$173 juta akan digunakan untuk mendirikan laboratorium Metaverse, akademi serta edukasi, sekolah pascasarjana, dan sebagainya. Seperti dikutip dari laporan terbaru oleh media lokal Korea Selatan.

Kementerian Sains Korea Selatan dan ICT berencana mengembangkan industri Metaverse dengan mempromosikan dan mendukung proyek-proyek yang berorientasi pada pelanggan. Termasuk di dalamnya dalam dukungan pengembangan platform, penumbuhan bakat, support perusahaan, dan pengembangan teknologi. Tujuannya adalah untuk memasuki pasar Metaverse yang berkembang pesat dengan inovasi yang ada.

Lebih detail, dengan total dana investasi 223 miliar won tersebut, sejumlah 68 miliar won akan dialokasikan untuk platform Metaverse yang akan berbeda dari yang sudah ada. Sebagian dari dana ini juga akan digunakan untuk mendirikan sistem manajemen keamanan bencana kecerdasan buatan dan Metaverse di wilayah Chungcheong Selatan, Korea Selatan.

Dalam upaya untuk menumbuhkan ide-ide developer Metaverse, kreator, dan bakat lainnya di industri Metaverse, Kementerian akan menginvestasikan 3,5 miliar won untuk mendirikan Sekolah Pascasarjana Konvergensi Metaverse di 5 lokasi. Selain itu, sejumlah 2,8 miliar won akan diinvestasikan untuk membangun 12 laboratorium Metaverse untuk mahasiswa magister dan doktoral.

Selanjutnya, 24,7 miliar won akan ditempatkan untuk berinvestasi pada fasilitas khusus Metaverse, termasuk fasilitas basis terintegrasi untuk mendukung bisnis di wilayah Pangyo, Kompleks Korea VR dan AR di Sangam, pusat produksi regional XR, pusat layanan konten hologram di Iksan, dan pusat dukungan pengembangan perangkat XR.

Sumber: South Korea Commits $173 Million To Metaverse Development In 2023, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait