Berita

SWIFT Lanjutkan Tahap Pengujian CBDC Setelah Hasilnya Positif

SWIFT

Mengacu pada survey terbaru yang dilakukan oleh OMFIF Digital Monetary Institute, ada sebanyak 24 persen bank pusat akan memperkenalkan CBDC atau Central Bank Digital Currency dalam beberapa tahun mendatang.

Berdasarkan sebuah pernyataan pada 9 Maret kemarin, platform perpesanan bank, SWIFT atau Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications menyatakan jika lembaga keuangan menyaksikan bukti yang positif mengenai hasil uji coba CBDC.

Di mana, sebelumnya uji coba dilakukan dengan menghubungkan jenis CBDC yang berbeda. Selama 12 minggu periode pengujian, SWIFT berhasil menstimulasi hampir 5000 transaksi antara dua jaringan blockchain berbeda dan sistem pembayaran mata uang fiat yang sudah ada. Sebanyak lebih dari 18 lembaga keuangan di seluruh dunia berpartisipasi pada pengujian tersebut.

Hal ini meliputi Banque de France, BNP Paribas, Deutsche Bundesbank, the Royal Bank of Canada, Société Générale, Monetary Authority of Singapore, HSBC, NatWest, dan masih banyak lagi. SWIFT juga mengungkapkan bahwa secara keseluruhan hasil dari pengujian The Sandbox dengan eksperimen solusi dari interlinking milik SWIFT mampu memenuhi kebutuhan para bank sentral maupun komersial dalam menginteroperabilitaskan penggunaan CBDC sehingga memastikan cross border payment bisa sukses.

Selain itu, SWIFT juga menyatakan bahwa terdapat tingkat keselarasan yang cukup kuat antara para peserta dalam mengetahui bagaimana fungsi CBDC di masa mendatang. Apalagi SWIFT berencana untuk bisa menjalankan fase dari CBDC The Sandbox dan mengembangkan interlinking solution CBDC melalui versi betanya untuk pembayaran menggunakan atomisitas yang sudah ditingkatkan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa OMFIF Digital Monetary Institute mengharapkan 24 persen bank sentral untuk mengembangkan solusi CBDC dengan lebih dari 110 bank sentral di seluruh dunia tengah mulai mencari tahu penggunaan dari CBDC.

Menurut Lewis Sun selaku global head of domestic and emerging payments at HSBC menyatakan bahwa interoperabilitas adalah kunci dalam melihat potensi penggunaan CBDC.

Di mana, CBDC mampu membantu sistem pembayaran antar platform alias cross border payment secara real time. Walaupun begitu, risiko fragmentasi pada teknologi dan standar yang semakin luas juga sedang diuji coba oleh.

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan trading crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber:

https://cointelegraph.com/news/swift-moves-to-next-phase-of-cbdc-testing-after-positive-results

Artikel Terkait