Investor Pemula

Waspadai Modus Pig Butchering Scam di Dunia Crypto

Waspadai Modus Pig Butchering Scam di Dunia Crypto

Mungkin banyak orang belum tahu apa itu modus penipuan pig butchering crypto, hal ini tentunya sangat disayangkan walaupun pasar kripto menjadi perbincangan hangat di seluruh penjuru dunia saat ini, mereka belum tahu sisi lain dari pasar crypto.

Kebanyakan orang saat ini melihat bahwa pasar crypto memberikan keuntungan besar dan mudah. Oleh karena itu, banyak sekali investor baru yang mulai bermunculan, di mana mereka mengharapkan untuk mendapatkan keuntungan instant.

Namun, sayangnya banyak orang masih belum mengerti bahwa risikonya pun lebih besar dibandingkan bentuk investasi pada umumnya, selain dari tingkat volatilitas yang tinggi, pasar crypto juga lebih rentan terhadap berbagai tindak kejahatan, seperti crypto scam satu ini dinamai dengan pig butchering.

Nah, kali ini tim Ajaib Kripto mencoba untuk merangkum apa itu pig butchering scam serta bagaimana cara menghindarinya.

Apa Itu Crypto Pig Butchering Scam?

Pig butchering scam adalah suatu modus penipuan baru di dunia crypto, di mana menggambarkan pelaku penipuan sebagai “peternak” yang sedang menggemukkan hewan ternaknya “babi” atau para korban.

Para pelaku butchering scam biasanya akan merayu para korbannya terlebih dahulu dengan memberikan iming-iming keuntungan melimpah saat mereka berinvestasi di sebuah platform investasi crypto palsu dan sudah dipersiapkan terlebih dahulu sebelumnya.

Selanjutnya, apabila korban sudah yakin dan berhasil menanam modal seperti rayuan dari pelaku sebelumnya, korbannya tersebut akan langsung “dipotong atau disembelih”, di mana pelaku akan mengambil semua aset yang telah diinvestasikannya oleh para korbannya.

Istilah pig butchering scam adalah gambaran dari proses penipuan hampir sama dengan para peternak sama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Menurut beberapa otoritas resmi, seperti FBI, modus crypto scam yang satu ini merupakan model penipuan baru dan sulit dideteksi karena dilakukan dengan menggunakan teknik rekayasa sosial.

Cara Kerja Pig Butchering Scam

Modus pig butchering menggunakan psikologis yang sudah dimanipulasi oleh para korbannya dan terbilang modus crypto scam baru karena belum lama digunakan oleh para pelaku di dunia crypto.

Para penipu biasanya membangun terlebih dahulu hubungan dan kepercayaan dengan para korbannya. Caranya pun sangat beragam, pelaku biasanya akan melakukan kontak via media sosial serta membangun relasi persahabatan yang terkesan bisa dipercaya, paling umum ditemukan biasanya lewat telegram ataupun twitter.

Modus crypto scam ini biasanya terorganisir dan sistematis sehingga sangatlah sulit untuk dideteksi, terlebih bagi para investor yang baru masuk di dunia crypto. Berikut ini cara kerja pig butchering scam.

1. Membuat dan Menggunakan Identitas Palsu

Para pelaku butchering scam biasanya akan memulai aksinya dengan membuat dan menggunakan identitas online palsu. Cara yang digunakan dengan menggunakan foto orang lain dengan kehidupan glamor atau juga dalam beberapa kasus mereka juga menggunakan identitas sendiri.

2. Menghubungi Korban

Setelah mereka mempersiapkan profil online palsu yang digunakan untuk modus pig butchering scam, pelaku selanjutnya akan mulai menghubungi korban melalui jejaring sosial. Penipu juga terkadang menggunakan metode berpura-pura bahwa nomor yang dihubungi salah.

3. Membangun Kepercayaan

Selanjutnya setelah korban merespon, pelaku crypto scam ini akan memulai percakapan dengan calon korban dan mencoba untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Para penipu juga sering menggunakan topik beragam, seperti kerluarga dan pekerjaan

Modus penipuan pig butchering scam adalah metode scam dengan rekayasa sosial, di mana para pelaku perlu mengumpulkan informasi tentang kehidupan korban sebelumnya untuk digunakan memanipulasi target. Penipu akan memanipulasi psikologi korbannya dengan membawa alur percakapan ke tahap sampai target percaya kepada pelaku.

4. Merayu Korban

Langkah selanjutnya, pelaku butchering scam akan mencoba membawa obrolan ke tahap investasi atau penipuan, penipu akan coba mendiskusikan kondisi pasar kripto ataupun investasi lainnya.

Setelah mereka mendapatkan informasi yang diperlukan, pelaku lalu akan mencoba menggiring dan meyakinkan target untuk membuka berinvestasi pada suatu platform atau aset kripto yang sama dengan penipu. Platform ini biasanya sudah disiapkan terlebih dahulu sebelumnya.

5. Memutuskan Hubungan Dengan Korban

Setelah korban berhasil dirayu dan menginvestasikan sejumlah dana, penipu akan terus merayu korban tersebut sampai mereka mencapai batas dan menjadi tidak mau berinvestasi lebih banyak dana.

Setelah itu, biasanya pelaku butchering scam akan memutus hubungan serta  komunikasi dengan korban. Ini membuat para korban tidak dapat meminta uang yang sudah diinvestasikannya kembali. Selain itu juga ada skenario lainnya, bahwa terjadi kerugian yang besar.

Contoh Pig Butchering Scam

Mari kita anggap kalian akan menjadi target dari crypto scam satu ini, Kalian secara mendadak akan mendapatkan pesan dari email atau mungkin sosial media. Pelaku biasanya akan berperan sebagai orang lain dengan menggunakan profil palsu (Biasanya sering ditemui adalah lelaki berjas dengan hidup glamor atau perempuan cantik).

Mereka akan mencoba menyapa kalian terlebih dahulu dan membawa obrolan ke titik tertentu sampai dengan merayu, contohnya. Kalian dihubungi oleh akun sosial media bernama John, dari profilnya dia terlihat sangat glamor dan terpercaya.

Apabila kalian meresponnya, John akan mencari informasi tentang diri kalian dan setelah itu dia akan bercerita pengalaman yang sama atau memberikan rekomendasi suatu investasi. Akhirnya kalian terjebak ke modus pig butchering scam yang sudah mereka atur sebelumnya, setelah kalian menginvestasikan dana kalian, selanjutnya dia akan terus mencoba memeras sampai kalian mencapai batas.

Ketika kalian sudah mencapai batas dan tidak mau berinvestasi lagi, John akan memutus hubungan kalian atau membuat alibi bahwa investasi tersebut mengalami kerugian. Dia akan hilang tanpa jejak dengan uang yang kalian investasikan sebelumnya.

Cara Menghindari Modus Pig Butchering

Cara menghindari modus pig butchering scam sebenarnya sangatlah mudah, pastikan kalian tidak sembarangan berinteraksi dengan seseorang, terlebih melalui sosial media. Selain itu juga terdapat 4 cara jitu supaya tidak terjebak dalam crypto scam satu ini, cara tersebut yaitu;

  • Jangan sembarang merespon suatu pesan dari seseorang, terlebih ketika mereka menggunakan foto yang terlihat palsu
  • Gunakan google search image untuk melihat apakah foto profil tersebut menggunakan identitas orang lain atau hanya pelaku scam yang berpura-pura.
  • Lakukan riset simple dengan mencari histori dari investasi crypto yang ditawarkan
  • Bertanya pada forum investasi, contoh crypto pada forum bitcointalk atau altcointalk

Kesimpulan

Modus crypto scam satu ini masih terbilang masih baru di dunia crypto, selain itu pig butchering scam juga menggunakan rekayasa sosial dan terkadang sulit untuk dideteksi karena memainkan psikologis seseorang.

Terlebih di dunia crypto yang terbilang masih baru dan pada dasarnya bersifat terdesentralisasi, sehingga tidak ada otoritas resmi yang mengaturnya. Pada dasarnya, cara menghindari pig butchering scam paling efektif adalah selalu berhati-hati ketika berinteraksi dengan seseorang.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta coin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti. Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait