Seputar Info

Teks Eksplanasi Adalah: Pengertian, Struktur, dan Ciri-cirinya

teks-eksplanasi-adalah

Teks eksplanasi adalah sebuah jenis tulisan yang berfungsi menjelaskan penyebab dan proses terjadinya sebuah peristiwa. Peristiwa ini dapat berupa fenomena alam, sosial, budaya, dan lain sebagainya.

Kamu bisa dapat menemukan teks eksplanasi di mana saja. Misalnya, pada buku teks, hingga artikel yang ada di internet. Dengan membaca teks eksplanasi, seseorang dapat lebih memahami proses terjadinya sebuah peristiwa.

Artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi. Ayo, simak lebih lanjut!

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sebuah tulisan yang berisikan kronologi atau sebab-akibat dari sebuah peristiwa. Jenis teks ini umumnya menjelaskan proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ suatu peristiwa dapat terjadi.

Melalui teks eksplanasi, pembaca diharapkan dapat mengumpulkan informasi-informasi penting yang sudah dijelaskan di dalam teks. Tentunya, ini berarti bahwa penulisan teks eksplanasi membutuhkan riset yang mendalam agar informasi yang disampaikan benar dan terpercaya.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Ahli

1.      Knapp dan Watkins

Teks eksplanasi merupakan teks yang menggambarkan dua orientasi. Orientasi pertama adalah menekankan tentang bagaimana dan mengapa sebuah fenomena dapat terjadi. Orientasi kedua menekankan apa yang dapat terjadi dalam teks eksplanasi.

2.      Tomi Rianto

Teks eksplanasi diartikan sebagai format tekstual yang berguna untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi.

3.      Pardiyono

Menurut Pardiyono, teks eksplanasi adalah upaya untuk menjelaskan proses munculnya fenomena alam dan sosial.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

1.    Memiliki struktur yang jelas

Ciri teks eksplanasi yang pertama adalah memiliki struktur yang jelas, yaitu dimulai dari pernyataan umum, urutan hubungan sebab akibat, dan kemudian interpretasi atau ketentuan dari penulis.

2.    Informasi mengandung fakta

Selanjutnya, teks eksplanasi berisi tentang fakta yang referensinya selalu mengacu pada data. Teks ini memuat pembahasan ilmiah menurut ilmu pengetahuan yang berlaku. Oleh sebab itu, jenis teks ini tidak dapat dibuat secara imajinatif.

3.    Bersifat informatif

Isi dari teks eksplanasi adalah bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait sebuah fenomena atau peristiwa. Informasi yang disajikan juga harus disesuaikan dengan perkembangan jaman, maupun kebutuhan masyarakat.

Selain itu, teks ini juga didukung dengan teori dan penelitian ilmiah yang kemudian membuka lebih banyak perspektif.

4.    Tidak berusaha memengaruhi pembaca

Ciri teks eksplanasi berikutnya adalah tidak berusaha memengaruhi pembaca. Penjelasan yang dikandung dalam teks ini berisi penjelasan mengenai proses sebab akibat suatu peristiwa.

5.    Memberikan penanda urutan

Penanda urutan menekankan urutan. Misalnya, penggunaan urutan pertama, kedua, ketiga, dan selanjutnya.

Struktur Teks Eksplanasi

1.    Pernyataan umum

Bagian pernyataan umum berisi tentang informasi singkat terkait topik apa yang sedang dibahas. Misalnya, pernyataan umum tentang sebuah topik, dan kemudian dijelaskan proses keberadaannya, proses terjadinya, proses terbentuknya, dan lain sebagainya.

Pada bagian ini, penulis juga menjelaskan pembukaan yang sifatnya ringkas, menarik, dan jelas, serta mampu menarik pembaca untuk membaca lebih lanjut.

2.    Penjelasan

Bagian ini adalah bagian yang menjelaskan atau menguraikan peristiwa yang terjadi. Bagian penjelasan sangat efektif digunakan untuk menjawab pertanyaan ‘bagaimana’ yang jawabannya berupa pernyataan.

Karena teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan sebuah proses, maka perlu dijelaskan secara berurutan mulai dari yang pertama hingga yang terakhir.

3.    Interpretasi

Struktur teks eksplanasi yang terakhir adalah interpretasi, yang berisi pendapat singkat dari sang penulis, serta kesimpulan ataupun pernyataan terkait topik atau peristiwa yang telah dijelaskan sebelumnya.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait