Investor Pemula

Apa Itu Psikologi Trading Kripto yang Bantu Melatih Emosi dan Mental?

psikologi-trading

Menjaga emosi dan mental dalam trading kripto merupakan hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pergerakan pasar yang naik dan turun secara cepat, membuat perasaan trader sebagai seorang manusia tentu campur aduk. Hal ini yang dikenal dengan istilah psikologi trading untuk berbagai instrumen termasuk aset kripto.

Biasanya psikologi trading kripto identik dengan perasaan dua hal yaitu takut atau fear dan rakus atau greedy. Ketika harga mengalami pergerakan naik, biasanya perasaan greedy akan muncul yang memaksa trader untuk tetap bertahan di posisinya karena mengharapkan untung lebih, padahal harga sudah mencapai batas. Begitu juga dengan harga yang diprediksi naik, justru mengalami penurunan.

Cara menghindari kerugian yang dilakukan, biasanya trader langsung menutup posisi dengan menjualnya. Padahal, pelemahan harga akan diikuti dengan kenaikan. Untuk memahami psikologi trading kripto yang bermanfaat dalam melatih kesiapan kamu sebagai trader dengan melatih emosi dan mental, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Psikologi Trading?

Pada dasarnya, psikologi trading berkaitan dengan bagaimana cara kamu mengelola kondisi emosi dan mental untuk bisa menentukan keberhasilan maupun kegagalan dari proses trading aset kripto. Psikologi trading juga mewakili sejumlah aspek penting seorang trader meliputi karakter dan perilaku yang bisa memberikan pengaruh pada tindakan maupun keputusan trading.

Hal ini berarti psikologi trading sama pentingnya dengan elemen seperti pengetahuan, pengalaman, serta keterampilan yang memengaruhi aktivitas trading. Selain itu, psikologi trading juga mengenal dua aspek penting berkaitan dengan disiplin dan risiko untuk membuat trading plan yang dibuat sebelumnya bisa sesuai ekspektasi.

Bukan tanpa tujuan psikologi trading wajib dipahami karena ada sejumlah fungsi yang ditawarkan ketika trader mampu mengelola hal-hal terkait. Adapun sejumlah fungsi psikologi trading dalam aset kripto, di antaranya:

  • Membuat trader bisa berpikir realistis saat trading dilakukan.
  • Membantu proses manajemen dana dan risiko secara tepat.
  • Meningkatkan kesempatan untung dan meminimalisir risiko rugi sesuai rencana dan pikiran logis.
  • Membuat kepercayaan diri meningkat sehingga tidak mudah merasa fear of missing out alias FOMO.
  • Bisa bersikap teliti dan terukur saat mengambil keputusan.

Tips Melatih Psikologi Trading

Setelah memahami apa itu psikologi trading dan fungsi penerapannya, kamu bisa mulai melatihnya sebelum memulai aktivitas trading. Ada sejumlah hal penting yang harus diperhatikan saat melatih psikologi trading, di antaranya sebagai berikut:

1. Rutin Melakukan Riset dan Review

Melatih psikologi trading bisa dimulai dengan sering melakukan riset secara mendalam untuk aset yang ingin digunakan. Dalam hal ini adalah kripto, berarti kamu harus mulai memantau aset kripto yang ingin jadikan media trading dari sisi fundamental dan teknikalnya.

Selain itu, selalu update dengan berita terkait dunia kripto, mempelajari teknik analisis grafik, memahami whitepaper secara teliti, dan lain-lain.

Jangan lupa juga untuk memantau perkembangan kripto terkini maupun ekonomi global yang bisa memengaruhi pergerakan harga di pasar kripto.

2. Disiplin dan Konsisten Atas Trading Plan yang Dibuat

Setiap trader tentu sudah merancang trading plan sebelum ia memulai trading sebagai rencana maupun aturan yang diterapkan. Hanya saja, masih banyak trader yang tidak disiplin dan konsisten menggunakan trading plan yang sudah mereka buat sebelumnya. Padahal, trading plan menjadi bagian dari psikologi trading karena kamu akan mengacu pada hal tersebut saat aktivitas trading dimulai.

Trading plan akan membuat trader tahu kapan harus membuka posisi dan menutup posisi sehingga bisa mengelola untung dan rugi sesuai dengan target. Oleh karena itu, penting untuk disiplin dan konsisten dengan trading plan yang sudah dibuat sebelumnya. Jangan pernah melanggar aturan yang sudah kamu buat sebelumnya.

3. Menghindari Sifat Serakah

Tidak bisa dipungkiri bahwa keuntungan besar menjadi tujuan dari trading yang dilakukan. Namun hal ini berlaku jika keuntungan sesuai dengan trading plan. Rasa ingin terus membuka posisi karena pergerakan harga yang terus meningkat padahal sudah mencapai target dari trading plan yang dibuat sering kali dirasakan oleh trader.

Oleh karena itu, hindari sifat serakah atau greedy saat trading. Menginginkan sesuatu lebih tanpa mempertimbangan hal logis maupun perhitungan cermat meliputi modal, kondisi market, hingga risiko mengantarkan kamu pada sifat serakah yang merugikan. Acuan terpenting bisa kamu balikkan lagi ke trading plan yang dibuat.

4. Jangan Balas Dendam

Bagi trader yang serakah dengan mempertahankan posisinya untuk bisa menghasilkan profit lebih, namun justru harga berbalik menurun yang menyebabkan loss akan menyebabkan perasaan ingin balas dendam. Trading yang berikutnya dilakukan dengan perasaan balas dendam, biasanya tidak akan logis yang justru mengantarkan trader pada kerugian lebih besar lagi.

Hal ini karena trader akan selalu berpikir mencapai titik impas dengan waktu sesingkat-singkatnya sehingga tidak memedulikan risiko lagi. Oleh karena itu, hindari perasaan ingin balas dendam untuk bisa menghasilkan keuntungan dalam trading di aset kripto.

Istilah yang Berhubungan dengan Psikologi dalam Trading Kripto

Dalam psikologi trading, ada sejumlah istilah yang menggambarkan kondisi psikologi seorang trader saat trading dimulai. Adapun sejumlah istilah yang dimaksud seperti berikut:

  • FOMO atau fear of missing out yang berarti ketakutan atas kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari aset kripto populer.
  • FUD atau fear, uncertainty, and doubt sebagai strategi yang dilakukan suatu pihak dalam menyebarkan informasi negatif mengenai sebuah aset kripto.
  • Fear and greed index sebagai indeks sentimen pasar kripto yang menjadi kondisi negatif dan positif.
  • Buy the dip merupakan strategi dan dorongan membeli aset kripto ketika adanya penurunan secara dalam.
  • HODL yang menjadi plesetan dari hold, mengacu pada strategi menahan diri untuk tidak menjual aset yang dimiliki walaupun harganya sedang mengalami penurunan.
  • WAGMI atau we all gonna make it yang digunakan dalam menenangkan investor lain ketika kondisi pasar sedang dan akan turun.

Oleh karena itu, penting memahami psikologi trading yang mempengaruhi seorang trader dalam mengambil keputusan. Tidak bisa dipungkiri bahwa emosi dan mental seorang trader memegang peran besar sehingga butuh dikelola dengan baik menggunakan psikologi trading. Selain memerhatikan psikologi trading, jangan lupa untuk mempertimbangkan platform yang mendukung aktivitas tersebut.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait