Berita

Elon Musk Ciptakan TruthGPT, Teknologi AI yang Diklaim Lebih Canggih

Elon Musk Ciptakan TruthGPT

Melalui suatu wawancara bersama Fox News, Elon Musk mengatakan bahwa dirinya sedang mengerjakan TruthGPT alias alternatif ChatGPT yang diklaim sebagai maximum truth seeking artificial intelligence. Hal ini berarti TruthGPT menjadi layanan AI yang mampu mencari fakta lebih maksimal dan akurat dibandingkan ChatGPT.

Menurut Elon, hal ini dilakukan sebagai alternatif pendekatan bagi kreasi AI yang dibutuhkan untuk menghindari kerusakan manusia. Melalui TruthGPT, ia mencoba untuk menciptakan teknologi yang tetap bisa memahami alam dan semesta. Mengingat, teknologi AI yang mengerti tentang konsep semesta bisa menjadi langkah tepat untuk diterapkan sehingga aman untuk kehidupan manusia.

Apalagi manusia menjadi salah satu bagian dari alam semesta. Selain itu, Elon Musk juga memberikan contoh perbandingan bahwa AI seharusnya tidak memiliki keinginan menghancurkan manusia layaknya manusia yang berusaha melindungi Simpanse, dan cukup ironis karena memberikan treatment Nearlink bagi mereka.

Pada dasarnya, bisa saja manusia memutuskan untuk memburu dan menghabisi semua Simpanse, namun justru sebaliknya dan berusaha melindungi habitat mereka secara aman, menurut Elon Musk. Sementara itu, Musk juga menggambarkan TruthGPT sebagai langkah koreksi bagi OpenAI sebagai non profit AI software yang ia bantu.

Musk juga menunjukkan bahwa insentif keuntungan dari OpenAI sendiri berpotensi mengganggu etika model AI yang diciptakannya, lalu memposisikan TruthGPT sebagai pilihan yang lebih transparan atau terbuka. Hal ini sendiri bukan menjadi yang pertama bagi Musk untuk memikirkan pembuatan TruthGPT.

Berdasarkan cuitannya pada Februari lalu, menurutnya dunia membutuhkan TruthGPT sambil memberikan perhatian dari risiko AI model seperti yang dibuat oleh OpenAI.

Bahkan Musk dan beberapa peneliti AI lainnya menandatangani surat terbuka pada Maret lalu untuk membuat para perusahaan menunda eksperimen besar AI tersebut karena pembuatnya tidak bisa memahami, memprediksi, maupun mengendalikannya. Walaupun pada kenyataannya TruthGPT yang diciptakan oleh Musk masih belum jelas hasilnya, namun jika teknologi ini hadir akan menjawab keyakinan Musk akan risiko AI.

Mengingat pada wawancara sebelumnya, ia juga menghadirkan model AI yang menunjukkan keseriusannya termasuk mendirikan perusahaan AI baru bernama X.AI pada Maret lalu.

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber:

https://www.theverge.com/2023/4/17/23687440/elon-musk-truthgpt-ai-chatgpt

Artikel Terkait