Berita

Asosiasi Sepak Bola Argentina Masuk Metaverse

Asosiasi Sepakbola Argentina Masuk Metaverse

Final Piala Dunia 2022 yang telah usai pada tanggal 18 Desember 2022, Argentina berhasil mengalahkan Prancis lewat adu penalti dengan skor 4-2. Kebanggaan atas kemenangan tim yang dikenal dengan nama La Albiceleste tersebut menghiasi hampir setiap jalan di Argentina dan berbagai negara lain yang merayakannya. Tidak ingin melewatkan momentum, Argentine Football Association (AFA) atau Asosiasi Sepak Bola Argentina juga melakukan langkah strategis dengan menggandeng salah satu pengembang metaverse, yakni Upland.

AFA baru saja menandatangani perjanjian lisensi resmi untuk membawa Divisi Pertama Argentina (Argentine Liga Profesional De Fútbol; disingkat LPF) ke metaverse Upland.

Dengan kerja sama yang sangat strategis ini, baik AFA maupun LPF bisa secara langsung terlibat dengan penggemar lewat metaverse. Mereka bisa langsung berkontribusi pada komunitas digital sembari memanfaatkan luasnya cakupan komunitas sepak bola global.

“Pemanfaatan teknologi ini sudah sangat ditunggu sejak lama oleh Argentine Liga Profesional De Fútbol. Dengan adanya kerja sama strategis ini, memungkinkan asosiasi untuk mendapatkan sumber pendapatan baru untuk semua klub lewat kemitraan dengan produk digital metaverse,” tutur Presiden AFA, Claudio Fabian Tapia.

“Sumber pendapatan akan dihasilkan dari penjualan barang secara virtual. Di metaverse Upland, terdapat koleksi digital dari klub, pemain, tiket pertandingan, highlight pertandingan, momen bersejarah, hingga momen eksklusif platform bisa dimonetisasi lewat metaverse,” tuturnya.

Ekspansi yang dilakukan oleh AFA menambah list sejumlah kerja sama yang sudah dilakukan. Sebelumnya, FIFA juga sudah menjalin kerja sama strategis dengan Upland.

Co-founder dan Co-CEO Upland, Dirk Lueth, menuturkan bahwa kerja sama dengan AFA merupakan implementasi nyata dari makna Web3, yang mana komunitas dan kewirausahaan dapat diberdayakan untuk menyumbangkan ide juga kreasi lewat cara baru.

Sumber: Menang Piala Dunia, Asosiasi Sepak Bola Argentina Masuk Metaverse, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait