Seputar Info

Mengenal Ciri-Ciri Makanan Oriental: Kaya Akan Rasa dan Budaya

makanan-oriental

Secara sekilas, mungkin ciri-ciri makanan oriental adalah hal yang sulit untuk dibedakan dengan jenis makanan lain. Pasalnya, banyak makanan yang hampir serupa, serta makanan yang sudah mengalami akulturasi.

Terlepas dari apa saja ciri-ciri makanan oriental, makanan adalah sumber kenikmatan, nutrisi, dan juga sarana untuk mendekatkan manusia melalui berbagi.

Karena keberagaman budaya dari tiap negara dan daerah, maka kemudian tiap jenis makanan dikelompokkan dalam masakan yang sama memiliki kemiripan. Tetapi, rasa yang berbeda juga bisa ditemukan karena jenis masakannya sama tetapi bahan yang digunakan bergantung pada ketersediaan di wilayah tertentu.

Untuk lebih lanjutnya, berikut ini adalah artikel seputar ciri-ciri makanan oriental yang akan dibahas secara lengkap.

Apa Itu Makanan Oriental?

Sebelum mengenali apa saja ciri-cirinya, tentu tidak tepat rasanya jika tidak memahami apa yang dimaksud dengan makanan oriental?

Mengutip Orient Asian, negara-negara yang sering disebut “Orient Countries” di antaranya adalah Jepang, China, Thailand, Malaysia, Laos, Korea, Vietnam, Kamboja dan lain-lain.

“Orient” sendiri berarti timur dalam bahasa Latin dan digunakan secara kolektif untuk negara-negara Asia Timur.

Masakan oriental secara umum mencakup praktik memasak dan bahan-bahan di wilayah dan negara tersebut.

Ciri-ciri makanan oriental umumnya berupa mi, nasi, ikan, unggas, sayuran & buah-buahan segar, kacang-kacangan kering seperti aprikot dan plum, serta rempah-rempah. Makanan fermentasi seperti kimchi dan produk acar serta saus juga umum digunakan pada jenis makanan ini.

Adapun teknik memasak makanan oriental, melansir Times of India, meliputi menggoreng, merebus, dan menggoreng cepat (quick frying) menggunakan wok.

Ciri-Ciri Makanan Oriental

Makanan oriental, juga disebut masakan Asia, mencakup berbagai tradisi kuliner dan hidangan dari berbagai wilayah di Asia. Mulai dari pasar jalanan yang ramai di Bangkok hingga kedai teh yang tenang di Kyoto, makanan Oriental adalah perayaan beragam rasa, tekstur, dan teknik memasak beragam jenis kuliner.

Melansir Post and Pans, ciri-ciri makanan oriental sering kali menawarkan berbagai pilihan hidangan nabati yang cocok untuk vegetarian dan vegan. Pilihan-pilihan ini dapat memberikan makanan yang kaya nutrisi dan memuaskan tanpa mengurangi rasa atau rasa.

Walau demikian, masih banyak masakan oriental yang menggunakan bahan baku protein hewani, seperti ayam, sapi, bebek, dan terkadang babi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah ciri-ciri makanan oriental:

1. Harmoni Rasa

Ciri-ciri makanan oriental terkenal karena mencapai keseimbangan dan harmoni rasa. Masakan ini sering kali memadukan lima rasa dasar: manis, asin, asam, pahit, dan umami dalam kombinasi yang proporsional.

Keseimbangan yang teliti ini mengangkat setiap hidangan, menciptakan simfoni rasa yang menari-nari di langit-langit mulut. Maka tak heran jika makanan oriental menjadi favorit di berbagai belahan dunia.

2. Bahan Segar dan Musiman

Musim memainkan peran penting dalam masakan oriental. Pasalnya, koki masakan oriental penggunaan bahan-bahan segar yang bersumber secara lokal dan selaras dengan musim.

Praktik ini tidak hanya memastikan cita rasa yang optimal tetapi juga mencerminkan hubungan mendalam dengan alam dan siklus perubahan musim.

Maka tak heran jika ciri-ciri makanan oriental yang mudah kamu temui adalah jenis masakan yang disajikan akan tergantung musim.

3. Keanekaragaman Tekstur

Ciri-ciri berikutnya adalah tiap jenisnya menampilkan permainan tekstur yang berseni. Dari kerenyahan tempura hingga kelembutan dim sum, masakan oriental menawarkan pengalaman indra yang beragam.

Gabungan tekstur yang renyah, kenyal, dan empuk dalam satu hidangan atau satu hidangan lengkap menjadi ciri khas tradisi kuliner ini.

4. Presentasi yang Artsy

Masakan oriental sangat menekankan pada penyajian visual hidangan. Setiap piring adalah kanvas, dan penataan bahan-bahannya merupakan salah satu bentuk seni kuliner.

Tak heran jika ciri-ciri makanan oriental biasanya disajikan dengan warna-warna cerah, hiasan rumit, dan perhatian cermat terhadap detail.

Selain lezat, presentasinya juga meningkatkan pengalaman ketika menikmati makanan, menjadikannya bukan sekadar santapan tetapi juga pesta visual.

5. Cita Rasa Umami

Umami, sering disebut sebagai rasa kelima, adalah rasa gurih dan memuaskan yang menjadi inti dan ciri-ciri makanan oriental.

Bahan-bahan seperti rumput laut, kecap, miso, dan produk fermentasi berkontribusi pada munculnya rasa umami. Alhasil, rasa dalam hidangan akan meningkat secara keseluruhan.

6. Fleksibilitas dalam Teknik Memasak

Ciri-ciri makanan oriental yang terkadang tidak bisa dilihat dan dirasakan adalah teknik memasaknya.

Koki oriental menggunakan beragam teknik memasak, mulai dari menggoreng dan mengukus hingga merebus dan menggoreng.

Fleksibilitas dalam metode memasak ini memungkinkan penyiapan beragam hidangan, masing-masing menonjolkan kualitas unik dari bahan-bahan yang digunakan.

7. Filosofi Kuliner

Di luar cita rasa dan tekniknya, masakan oriental mewujudkan filosofi kuliner yang mendalam yang kemudian menjadikannya salah satu ciri-ciri makanan oriental.

Banyak tradisi kuliner Timur, seperti Kaiseki Jepang atau Yin Yang Tiongkok, berakar pada prinsip keseimbangan, perhatian, dan pendekatan holistik terhadap makanan.

Filosofi ini melampaui dari sekedar apa yang disajikan, tetapi juga membentuk pengalaman menikmati hidangan secara keseluruhan.

8. Makan Bersama

Ciri-ciri makanan oriental berikutnya adalah porsinya sering kali dirancang untuk makan bersama, dengan tujuan menumbuhkan rasa kebersamaan dan berbagi.

Penyajian gaya keluarga dan penggunaan hidangan komunal adalah praktik umum yang mendorong pengunjung untuk terhubung melalui pengalaman kuliner bersama.

Dalam budaya Indonesia, tradisi ini sering dikenal dengan istilah “liwetan” atau “ngaliwet” di mana masakan akan dihidangkan secara memanjang, sehingga orang-orang harus duduk bersebelahan dan berhadapan. Alhasil, tidak hanya makan, tetapi mereka juga berinteraksi.

Contoh Makanan Oriental

makanan-oriental-2

Setelah mengenali ciri-cirinya, berikutnya mari cari tahu beberapa jenis contoh makanan oriental yang sangat terkenal bahkan sudah mendunia.

Mengutip FHA Food and Beverages, ini dia daftarnya:

1. Bebek Peking – Tiongkok

bebek-peking

Bebek Peking adalah ikon yang dihormati dalam masakan Tiongkok dan ditampilkan secara menonjol dalam daftar makanan oriental. Asal-usul hidangan ini berasal dari Kekaisaran Tiongkok dan membawa sejarah serta makna budaya yang kaya.

Bebek diolah dengan cara tradisional, dibumbui dan dikeringkan di udara sebelum dipanggang hingga kulitnya renyah, sedangkan dagingnya tetap empuk.

Rasanya yang gurih dan umami, serta disajikan dalam keadaan hangat, membuat siapa saja pasti langsung jatuh cinta dengan hidangan ini. Maka tak heran bila hampir di seluruh dunia, bebek peking menjadi makanan Tiongkok yang paling mudah ditemui.

2. Sushi – Jepang

sushi

Sushi, yang merupakan landasan makanan Asia terkemuka, telah berkembang menjadi sensasi kuliner global dengan tetap mempertahankan akar budaya Jepang.

Hidangan ini telah bertransformasi menjadi berbagai bentuk, seperti nigiri dan maki roll, menampilkan keseimbangan rasa dan tekstur yang cermat.

Popularitas Sushi secara global melampaui batas, hingga menjadi salah satu hidangan oriental paling populer di seluruh dunia. Daya tariknya yang luas telah menyebabkan adaptasi di berbagai negara, dengan bermunculannya bahan dan gaya unik.

Selain itu, sushi memainkan peran penting dalam industri makanan laut. Tidak hanya karena permintaan bahan baku yang tinggi, tetapi juga sushi hanya menggunakan bahan segar dan berkualitas.

3. Kimchi – Korea

kimchi

Selain sebagai lauk, kimchi meningkatkan rasa dan tekstur masakan Korea.

Proses fermentasi, di mana sayuran seperti kubis dan lobak dibumbui dengan cabai, bawang putih, dan jahe, berkontribusi terhadap keunikan rasa dan umur panjangnya.

Selain signifikansi kulinernya, kimchi juga menawarkan manfaat kesehatan karena kaya akan probiotik dan nutrisi penting. Sebagai salah satu jenis makanan oriental, kimchi telah mendapat pengakuan di luar Korea dan mendapat tempat di meja makan di seluruh dunia.

Perjalanannya dari lauk tradisional Korea hingga menjadi fenomena kuliner global mencerminkan daya tarik budaya makanan oriental yang beragam dan dampaknya terhadap lanskap gastronomi internasional.

4. Nasi Goreng – Indonesia

nasi-goreng

Nasi goreng merupakan masakan khas Indonesia yang mendunia karena rasanya yang lezat. Hidangan nasi goreng yang menonjol dalam daftar makanan oriental ini mencerminkan esensi masakan Asia Tenggara.

Diolah dengan menumis nasi dengan bahan-bahan seperti kecap manis, bawang merah, dan bawang putih, dan sering kali disertai dengan protein seperti udang atau ayam, dan di atasnya diberi telur goreng, nasi goreng adalah kenikmatan yang penuh cita rasa.

Kaya akan berbagai jenis nutrisi dan sangat memuaskan, hidangan ini merupakan bukti kekayaan kuliner yang ditemukan di dunia nama makanan oriental.

5. Tom Yam – Thailand

tom-yam

Tom yam terkenal sebagai salah satu makanan oriental terbaik yang berasal dari Thailand. Sup yang kaya rasa ini sangat memanjakan lidah, dengan perpaduan harmonis dari bahan-bahan utamanya seperti serai, daun jeruk, dan cabai.

Persiapannya melibatkan merebus elemen-elemen ini hingga sempurna, mencapai keseimbangan manis, asam, dan pedas yang menjadi ciri khas tom yam.

Di luar perbatasan Thailand, sup ini telah menjadi bintang di antara makanan populer oriental yang memikat selera di seluruh dunia. Kualitas aromatik dan menyegarkannya menjadikan tom yam pilihan tepat bagi mereka yang mencari pengalaman kuliner Thailand yang otentik dan lezat.

6. Pho – Vietnam

pho

Pho adalah makanan oriental yang berasal dari Vietnam dan memiliki makna budaya yang mendalam.

Sup mi beraroma ini adalah makanan pokok Vietnam yang terkenal dengan kaldu aromatiknya, bihun, dan berbagai topping daging (daging sapi atau ayam). Persiapannya melibatkan proses yang cermat dalam merebus tulang, rempah-rempah, dan rempah-rempah untuk menciptakan rasa yang khas.

Dalam tren terkini di industri makanan dan minuman oriental, pho telah mendapatkan popularitas global, menjadi hidangan favorit di luar Vietnam. Baik di jalanan Hanoi yang ramai maupun di kota-kota internasional, pho melambangkan keunggulan kuliner Vietnam.

Itu dia informasi seputar ciri-ciri makanan oriental yang tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nilai budaya, dan apresiasi mendalam terhadap nuansa rasa dan tekstur.

Baik menikmati aroma umami sushi, menikmati pedasnya lada Sichuan, atau menikmati kesederhanaan semangkuk pho Vietnam, masakan oriental mengundang siapapun yang menikmatinya untuk menjelajahi dan mengapresiasi dunia cita rasa yang tersaji.

Baca Berita Menarik Lainnya di Ajaib Kripto!

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya.

Selain itu, Ajaib Kripto kini punya fitur Earn, menawarkan return terbaik di Indonesia dengan periode fleksibel. Ajaib Earn adalah fitur di mana Investor dapat menyimpan Aset Kripto yang dimilikinya dan mendapatkan reward atau imbalan dari Aset Kripto tersebut. Nikmati kelebihan dari fitur ini!

Artikel Terkait