Berita

Hadirkan Pertandingan Basket di Metaverse, NBA Perpanjang Kerja Sama dengan Meta

Baru-baru ini NBA sebagai organisasi olahraga basket asal Amerika Serikat dikabarkan telah memperpanjang kemitraannya dengan Meta dalam menyiarkan pertandingan melalui metaverse. Di mana, perusahaan mengumumkan ada sebanyak 52 pertandingan dari liga yang tersedia untuk bisa disaksikan menggunakan bantuan teknologi virtual reality, Xtadium, dan platform streaming pertandingan.

Selain itu, sebanyak lima pertandingan bakal disiarkan secara lebih imersif melalui Horizon Worlds sebagai aplikasi metaverse andalan Meta.

52 Pertandingan NBA yang Disiarkan Melalui Metaverse

Pada dasarnya, NBA sendiri telah mengunci penyetujuan untuk membawa pertandingannya disiarkan secara bebas di metaverse dengan pada Januari 23 lalu, perusahaan mengumumkan perpanjangan kemitraan dengan Meta.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa pertandingan basket ini nantinya akan disiarkan menggunakan Xtadium sebagai aplikasi metaverse untuk bisa menyiarkannya secara imersif dalam menghadirkan pengalaman menikmati pertandingan olahraga dan juga menggunakan headset Meta bernama Meta Quest 2.

Sedangkan untuk penyiaran melalui aplikasi metaverse yaitu Horizon Worlds, nantinya akan ada 52 pertandingan yang dihadirkan dan sebanyak 5 pertandingan bisa dinikmati secara imersif menggunakan teknologi monoskopik 180 derajat.

Hal ini berarti setiap pengguna bisa menikmati pertandingan seolah-olah mereka ada di bangku penonton dan bisa mengubah sudut pandang saat menonton pertandingan.

Dengan langkah ini, liga akan memfokuskan tujuan mereka pada fans-fans yang sudah ada untuk membuat pengalaman menonton lebih interaktif dan membawa penggemar baru yang sudah cukup familiar dengan teknologi olahraga terbaru ini.

Menurut Direktur Konten Media Metaverse, Sarah Malkin, kemampuan VR memungkinkan setiap pengguna membagikan pengalaman imersif mereka ke teman-teman dan penggemar dari seluruh dunia.

Adanya Merchandise Avatar dan Jenis Lainnya

Kerja sama NBA dan Meta juga menawarkan kesempatan bagi para penggemar untuk membeli pakaian berlisensi NBA melalui Avatar Store Meta. Sejumlah elemen ini akan tersedia di sejumlah aplikasi yang dibawahi Meta seperti Whatsapp, Instagram, hingga Facebook.

Di mana, Direktur Media Olahraga dan Kemitraan Liga Meta, Rob Shaw memperkuatnya dengan membawa teknologi baru ke para penggemar.

Menurutnya, teknologi VR yang imersif milik Meta membuat kesempatan baru bagi penggemar olahraga untuk terhubung dan berinteraksi dengan Tim NBA favorit mereka.

Para penggemar bisa mengekspresikan ketertarikan mereka dengan mengenakan perlengkapan dari tim favorit mereka melalui avatar sambil menikmati pertandingan NBA secara langsung.

Selain itu, NBA sangat antusias pada penggunaan teknologi baru ini untuk memperluas jangkauan aktivitasnya. Di mana, kerja sama dengan Dapper Labs selaku perusahaan yang meluncurkan NBA Top Shots pada tahun 2020 lalu, pasar video NFT yang menampilkan momen tersebut sebagai hal terpenting bagi sejarah liga basket.

Sebelumnya pada September 2020 lalu, liga sendiri telah bekerja sama dengan Sorare sebagai perusahaan game fantasy dengan tujuan membuat NFT pertandingan.

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber:

https://news.bitcoin.com/nba-extends-partnership-with-meta-to-bring-basketball-games-to-the-metaverse/

Artikel Terkait