Berita

OCBC Metaverse Tawarkan Pengalaman Perbankan Virtual

OCBC Metaverse

Bank asal Singapura, Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC), telah meluncurkan pengalaman ONCBC Metaverse nya sendiri bernama OCBCx65Chulia. Hal ini merupakan langkah pertama bagi bank lokal untuk menggunakan metaverse sebagai sarana untuk menarik konsumen muda potensial. Platform ini dibangun dari Decentraland, sebuah platform 3D virtual world berbasis browser. Ini adalah iterasi ke-43 produk tersebut sejak ide muncul dari sprint inovasi internal pada tahun 2021 sebagai bagian dari upaya digitalisasi dan transformasi bank.

OCBCx65Chulia dibangun oleh tim teknologi internal di OCBC, bersama dengan perusahaan Web3 Memotics, yang mengkhususkan diri dalam menciptakan ruang dinamis dan sosial melalui desain arsitektur digital. Diberi nama sesuai lokasi kantor pusat bank, platform ini gratis untuk masyarakat umum, termasuk non-nasabah OCBC yang ingin belajar tentang produk dan layanan terbaru bank.

OCBCx65Chulia menempati sembilan bidang tanah virtual di Decentraland, yang menyerupai sebuah taman dengan instalasi bulat berwarna merah besar sebagai model pusat berdasarkan logo merah OCBC. Para pengguna memulai perjalanan dengan membuat avatar yang melayang di ruang tanpa gravitasi, pilihan desain yang menurut Kueh dari Memotics dapat “mengubah perspektif tentang apa yang bisa dilakukan sebuah bangunan di dunia nyata”.

Atraksi utama terjadi di dalam bola, yang terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama adalah taman warisan yang menampilkan sejarah, inovasi, orang dan upaya keberlanjutan OCBC. Bagian kedua adalah ruang perbankan virtual yang memungkinkan pengguna menanyakan produk bank, seperti kartu kredit, dan meningkatkan literasi keuangan. Namun, pengguna tidak dapat melakukan transaksi aktual di OCBCx65Chulia itu sendiri. Mereka akan diarahkan ke tautan eksternal yang membawa mereka ke situs web bank, di mana layanan perbankan sudah ada.

Menurut Koh, pengalaman metaverse adalah upaya bank untuk memiliki kehadiran di dunia maya dan untuk menarik pelanggan muda. Koh percaya bahwa metaverse akan membantu mengenalkan OCBC kepada generasi muda, yang diidentifikasi sebagai memiliki potensi besar untuk menjadi nasabah bank yang baik. OCBC tidak bermaksud untuk menghasilkan uang dari ventura metaverse ini. Sebaliknya, ini adalah saluran yang ingin mereka eksperimen dan pelajari. “Tujuan utama adalah proses eksperimen, pembelajaran, dan kemitraan,” tambah Koh.

Sumber: Sasar Generasi Muda, OCBC Masuk Metaverse via Decentraland, OCBC stepping into the metaverse for next-gen customers, dan OCBC steps into metaverse, first Singapore bank to offer virtual banking experience, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait