Investor Pemula

Mengenal Fan Token, Cara Baru Dukung Klub Olahraga

Perkembangan teknologi berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Tak terkecuali olahraga. Kini, penggemar olahraga memiliki cara baru untuk mendukung tim atau klub kesayangan mereka. Melalui fan token, penggemar olahraga akan memiliki pengalaman yang sebelumnya mungkin tak terbayangkan. 

Pengertian Fan Token

Fan token dibangun di atas teknologi blockchain. Kepemilikan fan token diautentikasi oleh jaringan blockchain, seperti halnya dengan mata uang kripto tradisional. Fan token menggunakan blockchain untuk otentikasi, kepemilikan, transaksi, dan pemungutan suara (poling).

Namun, fan token tidak secara khusus merupakan mata uang kripto. Fan tokens bukanlah mata uang yang dapat Anda gunakan untuk membeli barang. Tapi, Anda dapat menukar fan tokens dengan pemegang fan token lainnya di bursa kripto tertentu.

Sejarah dan Asal Mula Fan Token

Pada tahun 2018, sebuah ide lahir. Sebuah gagasan bahwa teknologi blockchain dapat digunakan untuk memberi penggemar di seluruh dunia cara baru untuk terlibat dengan tim olahraga favorit mereka dan klub olahraga memonetisasi basis penggemar global mereka.

Fan tokens pertama yang dikenal adalah token Chiliz. Hingga sekarang, token ini juga paling terkenal. Chiliz diciptakan oleh startup berbasis di Malta Socios.

Socios menjadi pelopor penggabungan industri sepak bola dan kripto saat ini. Socios.com diluncurkan pada akhir Desember 2019. Juventus adalah klub pertama yang memproduksi fan token, yakni $JUV.

Cara Kerja Fan Token

Setelah pengguna mendapatkan akses ke sejumlah token, mereka dapat memiliki akses ke beberapa penawaran dan urusan yang berkaitan dengan klub favorit mereka, seperti desain merchandise klub, bus wisata, lokasi pertandingan atau konser, pemesanan tiket, dan banyak lagi.

Fasilitas ini memungkinkan penggemar untuk merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam klub. Keuntungan dan penawaran menambah tingkat kebanggaan dan prestise ekstra di antara mereka, yang kemungkinan akan meningkatkan pertumbuhan merek atau klub.

Tidak seperti NFT, fan tokens bersifat ‘sepadan’ atau dapat dipertukarkan, yang berarti seperti uang kertas, token ini dapat ditukar dengan barang mewah yang disediakan oleh klub.

Selain itu, fan tokens berperan penting dalam mempererat hubungan antara satu klub dengan klub lainnya. Jika, karena alasan apapun, penggemar ingin menyerahkan fan tokens, mereka bebas untuk memperdagangkannya di pasar di aplikasi Socios.

Fungsi Fan Token

Fan token bukan sekadar item yang bisa dipamerkan oleh penggemar. Fungsi fan tokens lebih besar dan bervariasi, seperti:

1. Rasa kepemilikan

Fan token menawarkan rasa ‘kepemilikan’ kepada penggemar. Melalui fan tokens, penggemar bisa berpartisipasi dalam keputusan yang tak bisa dianggap remeh. Dalam poling, misalnya, ‘suara’ penggemar berguna untuk membantu tim membuat keputusan tertentu yang terkait dengan para penggemar.

2. Level pendukung VIP

Fan tokens bisa menambah prestise pemiliknya. Semakin banyak token yang dipegang oleh seorang penggemar, maka semakin banyak keuntungan yang bisa diterima, seperti fasilitas penggemar VIP, hadiah, merchandise hingga berbagai acara resmi klub yang eksklusif.

Tak hanya bagi penggemar, fan tokens juga memiliki fungsi bagi klub antara lain:

3. Meningkatkan loyalitas

Penggemar setia adalah penggemar yang akan mendukung klub pujaannya di kala sedang berprestasi ataupun terpuruk.

Namun, tak mudah untuk membuat penggemar loyal kepada klub kesayangannya. Pengecualian adalah bila penggemar tersebut berada di wilayah tempat tinggal penggemar tersebut. 

Namun, loyalitas ini bisa ditingkatkan melalui beragam strategi. Fan token adalah salah satunya. Dengan berbagai manfaat yang bisa diterima penggemar, mereka akan merasa lebih engaged dengan klub kesayangannya.

4. Membangun basis penggemar

Klub sepakbola maupun cabang olahraga lain bisa memanfaatkan fan tokens sebagai bagian dari strategi keterlibatan penggemar mereka. Bila strategi ini berhasil, pertumbuhan penggemar klub secara kuantitas akan terwujud. Loyalitas tak lagi berdasarkan aspek primordialisme, melainkan sudah bersifat global. 

5. Tambahan pendapatan

Olahraga kini bukan sekadar aktivitas atau kegiatan. Sejak beberapa dekade lalu, olahraga adalah sebuah industri. Klub olahraga senantiasa mencari cara baru untuk menghasilkan uang.

Fan tokens mampu menghubungkan klub ke basis penggemar mereka, mengamankan aliran pendapatan tambahan, aman, transparan, dan sepenuhnya terhubung ke pengalaman penggemar.

Baca juga: Chiliz Siap Bersinar Menjelang Piala Dunia 2022

Contoh Fan Token

Sudah banyak klub olahraga yang menyediakan dan menawarkan fan tokens. Di bawah ini adalah beberapa contohnya dari cabang sepakbola.

1. $ACM

$ACM adalah nama fan tokens klub sepakbola asal Italia, yakni AC Milan. Pemilik fan tokens ini dapat terlibat dalam pengambilan keputusan yang umumnya minor terkait klub tersebut.

2. $INTER

Sementara itu, fan tokens $INTER adalah milik klub sepakbola Inter Milan yang juga berasal dari Italia.

Beberapa keistimewaan yang bisa didapatkan dari pemegang fan tokens ini ialah ikut terlibat dalam pengambilan keputusan tim, mengakses fitur-fitur VIP hingga mendapatkan produk official dari klub tersebut.

3. $BAR

Beralih ke Spanyol ada $BAR yang merujuk pada klub sepakbola FC Barcelona. Sejumlah kelebihan yang bisa dirasakan pemegang fan tokens $BAR adalah akses VIP ke pertandingan home kompetisi lokal maupun regional.

Seperti kripto lainnya, nilai fan tokens juga mudah berubah. Harganya bisa naik dan turun sesuai dengan penawaran dan permintaan. Penggemar sepakbola yang membeli token ini juga menyebutkan bahwa harganya dipengaruhi oleh pergerakan dan aktivitas tim.

Oleh karena itu, harga fan tokens yang berfluktuasi bergantung pada emosi dan keterlibatan pendukung. Artinya, masih banyak penggemar sepakbola menilai fan tokens sebagai simbol status dan indikator loyalitas, bukan sebagai investasi jangka panjang. Meski begitu, fan tokens berpotensi melibatkan aliran uang yang besar jumlahnya. 

Artikel Terkait