Berita

New Cosmos White Paper: Menggunakan Token ATOM & Perbaiki Visi

Jaringan blockchain yang berfokus pada interoperabilitas Cosmos telah merilis white paper baru yang mengusulkan Cosmos Hub yang dirubah yang bertujuan untuk memperkuat interoperabilitas dan keamanan, bersama dengan perubahan utama pada token Cosmos (ATOM).

White paper baru Cosmos ini dirilis pada hari Senin, dalam konferensi Cosmosverse di Medellin, Kolombia. Upgrade yang disebutkan dalam white paper ini pada dasarnya masih berstatus ‘usulan’, namun perubahan pada on-chain diperkirakan akan dilakukan tanggal 3 Oktober.

Cosmos adalah ekosistem blockchain yang dirancang untuk menskala dan beroperasi satu sama lain. Cosmos Hub adalah blockchain pertama yang dibangun di Cosmos, yang awalnya berfungsi sebagai perantara antara blockchain lain yang saling berhubungan. 

ATOM digunakan untuk bertransaksi dalam ekosistem Cosmos, yang juga dapat digunakan untuk tujuan tata kelola dan staking. Di bawah perubahan yang diusulkan, Cosmos akan menjadi ekosistem yang lebih dapat dioperasikan, terdesentralisasi, dan aman.

Salah satu perubahan yang diuraikan adalah penemuan kembali Cosmos Hub sebagai web “Interchain”, yang akan memungkinkan blockchain Cosmos lainnya untuk meminjam kumpulan validator Hub untuk mengamankan jaringannya daripada harus menemukan sendiri.

White paper tersebut juga mengusulkan model penerbitan baru untuk ATOM, dengan tujuan untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik antara pertumbuhan ekosistem dan adopsi antar rantai “sambil tetap menjaga keamanan yang diberikan oleh rezim asli,” menurut buku putih.

Kebijakan moneter baru akan melihat dua fase: “transisi” dan “kondisi mapan.”

Fase transisi akan melihat 10.000.000 ATOM dikeluarkan pada bulan pertama, yang kemudian akan menurun pada tingkat yang menurun hingga mencapai fase steady state 36 bulan kemudian. Ini akan memungkinkan pemegang ATOM untuk melepaskan ATOM semudah mereka mempertaruhkannya, yang akan segera diaktifkan oleh “modul liquid staking” Cosmos.

“Pengalaman pengguna dan peningkatan efisiensi modal yang ditawarkan oleh liquid stalking sangat substansial” sehingga diperlukan “integrasi ekonomi penuh” ke dalam ekosistem baru yang berorientasi antar rantai Cosmos, menurut buku putih tersebut.

Sumber: New Cosmos white paper repurposes ATOM token and refines vision, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait