Investor Pemula

Mengenal Apa Itu Chiliz (CHZ), Penggemar Olahraga Wajib Tahu!

Mengenal Apa Itu Chiliz (CHZ), Penggemar Olahraga Wajib Tahu!

Banyak cara yang digunakan oleh para pengembang project crypto mulai dari menarik investor sampai menawarkan segala kemudahan transaksi ketika menggunakan platform mereka. Berbeda dengan sebagian besar project crypto, Chiliz menawarkan kemudahan bagi para penggemar olahraga untuk dapat terintegrasi dan berinteraksi dengan tim kesayangan mereka melalui platform mereka, token CHZ, dan fan token. Lalu, apa yang unik dari Chiliz (CHZ) ini?

Apa Itu Chiliz (CHZ)

Chiliz merupakan sebuah project crypto yang diciptakan untuk para penggemar olahraga. Chiliz menciptakan hal baru dalam bagaimana cara supporter atau penggemar olahraga berinteraksi dengan klub kesayangan mereka. Chiliz memiliki token yang diberi nama CHZ yang dibangun di jaringan ERC-20 milik Ethereum.

Chiliz memiliki sebuah aplikasi bernama Socios.com, aplikasi ini memungkinkan para penggemar olahraga untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam suatu tim atau klub olahraga. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa membeli fan token dari berbagai macam klub olahraga seperti FC Barcelona, PSG, Juventus, dan berbagai klub dari cabang olahraga lainnya.

Chiliz bekerja sama dengan klub-klub tersebut dan klub tersebut berhak menentukan hak apa saja yang diberikan untuk para penggemar yang memiliki token mereka. Saat ini, Chiliz sudah bekerja sama dengan lebih dari 100 partner.

Tim Pengembang Chiliz

Chiliz didirikan pada tahun 2018 oleh Alexandre Dreyfus. Project Chiliz memiliki tim yang kuat dibelakangnya yang berasal dari 29 negara yang berbeda. Kantor pengembangan Chiliz terletak di Lyon, Prancis dan kantor operasionalnya berada di Spanyol, Turki, Brazil, Korea Selatan, dan Swedia.

Token CHZ dicetak sebanyak 8,8 miliar token dan didistribusikan pada Oktober 2018. Binance merupakan salah satu investor pertama chiliz dan menginvestasikan dana sebesar $66 juta USD. Kemudian, beberapa platform seperti Binance dan BitMax melakukan listing token CHZ. Barulah pada Desember 2019, platform Socios.com diluncurkan.

Saat ini, ada 73 fan token yang terdaftar di platform Socios.com dan kemungkinan akan terus bertambah kedepannya. Hal ini membuktikan bahwa Chiliz mempu menarik berbagai tim olahraga besar dan menawarkan berbagai hal yang menarik pagi para penggemar.

Cara Kerja Chiliz

Chiliz dibangun diatas jaringan ERC-20 milik Ethereum, sehinggi belum memiliki blockchain sendiri. Semua token fan dari Chiliz dan CHZ dapat berinteraksi dengan platform yang mendukung token ERC-20.

Walaupun tidak memiliki blockchain sendiri, Chiliz memiliki permissioned side chain diatas jaringan Ethereum yang beroperasi dengan konsensus Proof of Authority (PoA) yang bernama Chiliz Chain 1.0. Mirip dengan cara kerja Proof of Stake, PoA memproses transaksi menggunakan validator. Tetapi komputer yang dapat memproses transaksi sudah ditentukan sebelumnya, sehingga validator yang diperbolehkan hanya yang mendapat authority dari jaringan.

Bisa dibilang Chiliz lebih tersentralisasi dibandingkan blockchain lainnya. Namun hal itu sepadan karena dengan begitu, platform Chilis dapat memproses transaksi dengan cepat dan murah. Chiliz juga berencana untuk membuat blockchain-nya sendiri yang diberi nama Chiliz Chain 2.0 yang sudah memasuki tahap mainnet pada Q4 tahun 2022.

Validator dari jaringan side chain tersebut saat ini didominasi oleh Chilis, namun kedepannya akan memungkinkan pihak luar untuk terlibat agar jaringannya menjadi lebih aman. Jaringan Ethereum digunakan untuk memproses semua transaksi token CHZ, sedangkan side chain Chiliz mengatur percetakan dan semua transaksi fan token di platform mereka.

Aplikasi Socios dan Ekosistem Fan Token

Chiliz memiliki sebuah platform bernama Socios.com yang diciptakan khusus untuk penggemar olahraga yang ingin berinteraksi dan mendukung klub favorit mereka melalui fan token. Fan token merupakan aset kripto yang berfungsi sebagai akses untuk ikut serta dalam berbagai keputusan yang dibuat klub olahraga favorit para penggemar.

Socios.com hadir sebagai marketplace dimana kamu dapat membeli fan token. Ada banyak sekali token yang dapat kamu beli disini, mulai dari klub internasional sampai klub lokal dari beberapa cabang olahraga. Suplai dari setiap fan token ini juga sudah ditentukan oleh organisasi masing-masing.

Keunggulan Chiliz

Chiliz ditujukan untuk mendukung dan memberi ruang bagi para penggemar olahraga baik yang aktif maupun pasif dan memberi mereka kesempatan untuk memiliki jutaan fan token. Berikut ini merupakan keunggulan yang dimiliki Chiliz.

  • Setiap pengguna yang memperdagangkan CHZ untuk fan token, akan mendapatkan hak suara untuk setiap pengambilan keputusan untuk tim favorit pilihan mereka.
  • Apabila suatu tim baru ditampilkan di Socios.com, maka fan token akan ditawarkan untuk dibeli berdasarkan siapa yang membelinya terlebih dahulu.
  • Pemilik fan token juga memiliki akses ke marketplace. Di marketplace, pengguna bisa membeli atau menjual fan token yang mereka miliki.
  • Token CHZ merupakan bahan bakar utama Socios.com. Platform ini berpihak pada konsumen dan semua pengguna diperbolehkan menggunakan fan token mereka untuk berpartisipasi, melakukan survei, dan mendapat imbalan untuk terlibat secara aktif.

Pengaruh Piala Dunia 2022 Terhadap Chiliz

Token Chiliz (CHZ) semakin dilirik menjelang event sepakbola terbesar yang diadakan empat tahun sekali yaitu Piala Dunia 2022 atau FIFA World Cup yang diadakan di Qatar. Menurut data CoinMarketCap, CHZ menunjukkan tren bullish selama beberapa pekan sebelum piala dunia dimulai dan sempat menyentuh harga tertingginya dalam beberapa bulan terakhir yaitu USD $0.2962 pada 8 November 2022.

Beberapa prediksi memperkirakan bahwa harga CHZ akan mengalami peningkatan ketika piala dunia berlangsung. Namun saat piala dunia berlangsung, harga CHZ justru mengalami penurunan. Pada 24 November, harga CHZ turun ke angka $0.1772 per kepingnya. Piala dunia dijadwalkan selesai pada 18 Desember 2022.

Chiliz dengan platform Socios.com dan token CHZ-nya memiliki berbagai daya tarik bagi para penggemar olahraga di seluruh dunia. Akankah Chiliz sukses mencapai tujuan mereka dan mendapatkan sentimen positif terutama pada setiap ajang olahraga seperti Piala Dunia 2022? Meskipun begitu, Chiliz akan tetap memiliki keunikan yang jarang dimiliki project crypto lainnya.

Artikel Terkait