Berita

Brasil Secara Resmi Mengesahkan RUU Regulasi Crypto

Brazil resmikan RUU crypto

Melalui penandatanganan RUU dari regulasi aset kripto yang dilakukan Jair Bolsonaro selaku Presiden Brasil, maka aktivitas trading maupun penggunaan Bitcoin di negara tersebut bersifat legal. Proses pengesahan ini disahkan oleh kongres tanpa adanya modifikasi tertentu.

Di mana, sebelumnya diberitakan bahwa peraturan baru ini memungkinkan Bitcoin dikenal sebagai representasi dari aset digital yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran maupun aset investasi negara-negara di Amerika Selatan.

RUU tersebut berisi ketentuan yang memungkinkan penggunaan Bitcoin secara legal, namun tidak dapat digunakan untu tender resmi di negara tersebut seperti yang ada di El Savador.

Walaupun begitu, peraturan dari UU ini nantinya mencakup penggunaan beragam aset kripto untuk pembayaran resmi di Brasil. Hal ini termasuk menghadirkan lisensi bagi penyedia layanan virtual dan memberikan sanksi bagi tindak penipuan menggunakan aset digital.

Untuk peraturan baru yang ditetapkan ini akan berlaku hingga 180 hari setelah penandatanganan dilakukan.

Pihak Pengawas yang Ditunjuk Masih Dianggap Kurang Kompeten

Selain itu, pengumuman yang dilakukan oleh Presiden Bolsonaro sendiri tidak menunjuk secara langsung agen federal mana yang akan mengawasi pembayaran kripto. Namun menyangkut keamanan, tampaknya pengawasan akan diberikan ke Brazil’s Securities and Exchange Commission.

Ketentuan dari UU ini sendiri memungkinkan pertanggungjawaban jika terjadi kasus seperti hancurnya FTX sehingga membutuhkan pihak-pihak yang memenuhi persyaratan.

Di samping itu, Bank Sentral Brazil sendiri diharapkan yang menjadi pihak untuk mengawasi penggunaan aset kripto sebagai pembayaran terutama Bitcoin. Hanya saja Bank Sentral Brazil dianggap kurang cocok untuk dipilih sebagai pengawas. Apalagi pihak bank tengah mengerjakan aset kriptonya sendiri yaitu Real Digital yang direncanakan rilis pada 2024 mendatang.

Di mana, Roberto Campos Neto selaku presiden bank pesimis dan tidak begitu antusias pada penerapan aset kripto sebagai alternatif mata uang fiat karena memiliki tingkat volatilitas yang tinggi. Walaupun begitu, ada berbagai alasan mengapa Bank Sentral Brasil kemungkinan dipilih sebagai pengawas aktivitas pembayaran aset kripto.

Tentunya pihak bank harus menunjukkan usaha lebih dalam mempromosikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di brasil.

Hal ini menjadi bagian dari pengembangan aset kripto sebagai alternatif mata uang fiat di Brasil untuk digunakan pada sejumlah transaksi.

Oleh karena itu, aktif atau tidaknya Bank Sentral Brazil dalam mendukung penggunaan Bitcoin maupun aset kripto lainnya akan tetap mengembangkan penggunaan yang lebih luas di Brazil.

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber: Brazilian president signs crypto bill into law, Brazil legalizes crypto as payment option, dan BRAZILIAN PRESIDENT SIGNS BILL REGULATING USE OF BITCOIN AS PAYMENT dengan pengubahan seperlunya.

Artikel Terkait