Investor Pro

Vesting Crypto Adalah Proses Pelepasan Crypto ke dalam Blockchain

Vesting Crypto Adalah

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak istilah-istilah yang digunakan dalam dunia crypto. Di mana, istilah yang digunakan sendiri untuk menggambarkan suatu kondisi. Salah satu istilah yang dimaksud adalah vesting. Jika mengacu pada finansial tradisional, maka vesting sebagai media untuk menyampaikan hak hukum mengenai pembayaran, aset, hingga manfaat saat ini maupun di masa depan. Sementara itu, vesti crypto adalah cara yang menggambarkan proses dari sebuah token dilepas ke sirkulasi blockchain.

Bagi kamu yang baru mulai masuk ke dalam dunia crypto, istilah vesting crypto adalah istilah yang mungkin belum pernah didengar sebelumnya. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan vesting crypto dan manfaatnya saat digunakan pada aset kripto? Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa memahami penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Vesting Crypto

Pada dasarnya, secara etimologis vesting diartikan sebagai istilah hukum untuk memberi hak atas pembayaran, aset, hingga manfaat sekarang dan di masa depan seperti yang disebutkan sebelumnya. Di mana, konsep ini sebenarnya bukan menjadi hal baru karena cukup banyak diterapkan pada pasar konvensional dengan perusahaan menjadi pelaku utamanya. 

Dalam ruang lingkup bisnis, perusahaan bakal mempraktikkan konsep vesting menggunakan cara dengan memasukkan sebagian dari kepemilikan bisnis melalui ekuitas, opsi saham, maupun kontribusi khusus dari pemberi kerja lainnya. Tujuan utamanya adalah mendorong karyawan dalam memberikan kinerja terbaik yang dimiliki. 

Sementara itu, vesting dalam dunia crypto maupun finansial yang terdesentralisasi, dalam periode pra-penjualan alias initial coin offering, persentase ketersediaan token pada proyek umumnya bakal disimpan melalui dompet terpisah pada jangka waktu tertentu. Selain itu, vesting crypto adalah proses berupa memegang, mengunci, hingga melepaskan token dengan jangka waktu tertentu. 

Untuk fungsi vesting crypto adalah memastikan jika tim inti dari pelaksana proyek memiliki komitmen secara jangka panjang atas proyek yang dijalankan. Hal ini dilakukan dengan menjaga tim inti tetap untuk terlibat ke dalam pelaksanaan suatu proyek. Lalu, imbalan yang diberikan bisa berupa token untuk masing-masing anggota yang dikunci pada waktu tertentu terlebih dahulu.

Manfaat Vesting Crypto Bagi Investor

Dengan diadakannya vesting crypto, tentunya akan memberikan manfaat bagi penggunanya yaitu investor. Di mana, sejumlah manfaat dari vesting crypto adalah sebagai berikut:

Menjaga Stabilitas Harga

Mengingat, vesting crypto membuat para investornya harus menunggu aset kripto mereka selama jangka waktu tertentu sebelum bisa menjualnya, maka hal ini akan memberi keuntungan ke investor karena secara tidak langsung aset terlindungi dari fluktuasi harga di awal. Biasanya pergerakannya cukup drastis sehingga tidak akan terpengaruh oleh adanya FUD.

Adanya Masa Evaluasi Proyek

Vesting crypto yang membutuhkan proses bagi pemilik proyek dalam mengembangkan proyek ini menjadi kelebihan bagi investor. Hal ini karena bisa jadi peluang untuk investor melakukan evaluasi dari kemajuan proyek sebagai pertimbangan ke depannya, apakah akan tetap mempertahankan aset kripto atau menukarnya dengan aset kripto lain.

Mencegah Terjadinya Pump and Pumpers

Dengan adanya vesting crypto, maka tindakan pump and pumpers yaitu kondisi saat adanya orang dalam maupun investor institusional yang membeli proyek dengan harga murah, lalu menjualnya dengan harga lebih tinggi, bisa dicegah. Di mana, pihak-pihak terkait ini dipaksa untuk tidak melakukan tindakan tersebut sehingga tidak akan ada risiko manipulasi pasar.

Manfaat Vesting Crypto untuk Pemilik Proyek Crypto

Selain investor yang diuntungkan dengan adanya vesting crypto, pemilik proyek selaku yang menjalankan proses ini juga sangat diuntungkan. Berikut sejumlah keuntungan vesting crypto bagi para investor, di antaranya:

Menjaga Nilai Aset Kripto

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab penurunan harga set kripto biasanya karena adanya tindakan pump and pumpers yang juga merugikan pemilik proyek. Dengan adanya vesting crypto, maka pemilik proyek bisa mencegah hal tersebut dengan menerapkan cara ini agar token yang baru dirilis tidak akan langsung memenuhi pasar, melainkan bergerak secara bertahap.

Selain itu, pemilik proyek juga bisa meningkatkan nilai intrinsik dari sebuah token karena adanya pengembangan maupun inovasi yang baru.

Mencegah Aktivitas Spekulatif

Vesting crypto adalah cara yang tepat untuk menghindari adanya aktivitas spekulatif khususnya pada komunitas terdesentralisasi yaitu memperdagangkan aset yang fisiknya belum ada. Hal ini karena pendiri proyek memiliki kendali penuh atas distribusi token. Pencegahan atas aktivitas spekulatif ini sangat menentukan tingkat keberhasilan di suatu proses peluncuran aset kripto ke publik.

Pengembangan yang Optimal

Selain itu, vesting crypto untuk pemilik proyek mampu memberikan tambahan waktu yang cukup dalam proses pengembangan teknologi maupun produk melalui proses pengujian, penyempurnaan, hingga perilisan yang memadai tanpa adanya mengkhawatirkan akan kemungkinan gangguan terhadap likuiditas.

Sebagai tambahan, vesting crypto adalah langkah yang bisa menghadirkan semangat loyalitas maupun komitmen bagi anggota tim menjalankan proyek. Di mana, hal tersebut hadir melalui bentuk tim utama yang solid dengan terus terus meningkatkan performa maupun inovasi dalam menumbuhkan nilai intrinsik secara jangka panjang dari aset kripto tersebut.

Dengan memahami vesting crypto adalah salah satu cara dalam dunia crypto, maka kamu bisa memilih aset kripto yang mempertingkan cara ini. Di mana, vesting crypto mampu memberikan keuntungan tidak hanya bagi investor saja, namun juga pada pemilik proyek crypto. Tidak heran, jika banyak aset kripto baru yang menggunakan cara ini demi mendapatkan dana dari para investor untuk mengembangkan proyek mereka.

Munculnya proyek-proyek crypto baru tentu tidak terlepas dari kemudahan setiap orang dalam mendapatkan aset kripto yang mereka inginkan. Hal ini karena banyaknya platform yang memberikan layanan untuk mendapatkan aset kripto dengan tujuan investasi dan menghasilkan keuntungan. Salah satu platform yang dimaksud adalah aplikasi Ajaib Kripto.

Di mana, Ajaib Kripto hadir untuk membantu siapapun yang ingin memiliki aset kripto secara aman dan mudah. Apalagi aplikasi ini menghadirkan informasi secara lengkap dan terkini melalui berita maupun artikel mengenai crypto. Dengan begitu, kamu bisa melakukan analisa pada sejumlah aset kripto yang memiliki potensi bagus di masa mendatang sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Oleh karena itu, yuk, download aplikasi Ajaib Kripto di smartphone kamu untuk mulai investasi di aset kripto sekarang.

Artikel Terkait