Seputar Info

Crypto Debit Card Maksimalkan Fungsi Aset Kripto untuk Transaksi

Crypto Debit Card

Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan aset kripto hingga saat ini mengalami peningkatan yang signifikan. Mengingat, banyaknya kemunculan proyek aset kripto saja sehingga penggunaannya terus digalakkan oleh sejumlah negara. Apalagi penggunaan aset kripto sebagai metode pembayaran mulai diberlakukan di beberapa negara. Oleh karena itu, kemunculan crypto debit card sebagai salah satu bentuk pengembangan lanjutan tidak terhindarkan.

Mengingat, hadirnya ATM Bitcoin di sejumlah negara membuat kemunculan crypto debit card yang terdapat aset kripto di dalamnya bisa menggunakannya untuk bertransaksi. Walaupun begitu, kamu tetap harus memahami crypto debit card sehingga tahu cara menggunakannya maupun mempertimbangkan kekurangan yang patut diwaspadai? Untuk lebih memahaminya, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Crypto Debit Card

Crypto debit card sendiri adalah kartu debit dengan fungsi layaknya debit pada umumnya yaitu untuk bertransaksi. Untuk sisi bentuk dan ukuran bisa dikatakan tidak jauh berbeda, namun jika kartu debit pada umumnya mewakili mata uang fiat, maka crypto debit card berisi aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, dan jenis aset kripto lainnya.

Kehadiran crypto debit card memang bukan hal yang baru karena sejumlah merchant sudah menerima transaksi menggunakan metode pembayaran aset kripto. Mulai dari Visa dan Mastercard menjadi pihak yang sudah lebih dulu menghadirkan crypto debit card di sejumlah lokasi menerima pembayaran menggunakan crypto debit card. 

Cara kerja kartu ini sendiri mirip dengan kartu debit yaitu pengguna harus mengisi kartu menggunakan aset kripto sesuai keinginan. Pengisian saldo dilakukan menggunakan aplikasi maupun situs resmi. Setelah itu, pengguna dapat bertransaksi di sejumlah merchant yang menyediakan metode pembayaran ini. Bahkan, beberapa layanan crypto card menawarkan biaya transaksi yang rendah dengan batasan jumlah tertentu. 

Baca Juga: Kenalan dengan Crypto Card, Kartu Debit yang Berisi Aset Kripto]

Cara Memilih Kartu Debit Crypto

Untuk membuat aktivitas transaksi menggunakan aset kripto secara maksimal, ada baiknya untuk memilih kartu debit crypto secara tepat. Di mana, hal ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, di antaranya sebagai berikut:

  • Dukungan ke banyak jenis aset kripto yang biasanya crypto card mendukung sebanyak 20 jenis aset kripto. Misalnya saja kartu debit Crypto.com yang mampu mendukung 90 jenis aset kripto berbeda.
  • Waktu konversi yang dibutuhkan dalam mengalihkan kripto ke mata uang fiat karena pergerakan harga kripto yang sangat cepat sehingga bisa saja nilainya mengalami penurunan.
  • Persyaratan untuk staking sehingga bisa mendapatkan bunga maupun imbalan menarik. Mengingat, staking sendiri membutuhkan waktu atau periode tertentu untuk bisa menghasilkan keuntungan.
  • Ketersediaan di beberapa tempat karena crypto card memiliki batasan secara lokasi geografis.
  • Reward yang didapat sebagai keuntungan dengan menyimpan aset kripto
  • Biaya dikenakan untuk jenis transaksi yang dilakukan seperti transfer ke luar negeri maupun biaya likuidasi.
  • Sistem keamanan yang baik sehingga bisa menghindari tindak kejahatan seperti pencurian maupun penipuan aset kripto.

Contoh dan Cara Mendapatkan Crypto Debit Card

Untuk bisa mendapatkan crypto debit card, tentunya kamu dapat menghubungi sejumlah perusahaan penerbit crypto debit. Di mana, mereka biasanya menghadirkan aplikasi maupun situs web untuk memudahkan proses mendapatkannya. Apalagi aplikasi maupun situs tersebut bisa mencegah dan membantu aktivitas crypto card seperti pemblokiran kartu, mengubah pin secara jarak jauh sehingga tidak terdeteksi scammers dan masih banyak lagi.

Berikut ini ada sejumlah perusahaan yang menyediakan crypto debit card untuk dimiliki. Adapun perusahaan yang dimaksud, di antaranya:

Bitpay

Perusahaan yang menawarkan crypto card salah satunya adalah Bitpay dengan kartu diterima di berbagai belahan dunia. Padahal, ketersediaan kartu baru hanya di Amerika Serikat. Untuk proses verifikasi yang dibutuhkan pada kartu debit ini yaitu identitas diri, alamat jalan, hingga nomor Jaminan Sosial.

Kartu ini dimuat dalam dompet klien secara terpisah dan dibayar dimuka. Untuk biaya sendiri sebesar 3 persen ditempatkan untuk semua konversi mata uang. Sementara untuk penarikan cukup bervariasi dari bank ke bank pada biaya

Cryptopay

Lanjut ke Crypto pay yang juga menawarkan kartu virtual dan fisik dengan tersedia di seluruh dunia. Di mana, biaya yang dibebankan juga sedikit dengan biaya transaksi maupun biaya pemeliharaan. Hanya saja fitur penjualannya masih sangat kurang dalam hal verifikasi pribadi. Untuk crypto debit card ini memberikan charge penarikan sebesar 2,5 USD dan 3 persen pada transaksi internasional.

Wirex

Menjadi salah perusahaan dengan basis pelanggan besar, Wirex menawarkan crypto debit card yang diterima oleh SBI Group selaku institusi keuangan ternama di Jepang. Di mana, perusahaan ini memiliki hampir satu juta pelanggan dengan tersebar di sebagian besar negara. Bisa dikatakan bahwa Wirex menjadi pelopor crypto debit card yang menawarkan beberapa aset kripto pilihan.

Biaya reguler yang ditawarkan cukup rendah dibandingkan kartu lainnya dengan kisaran 3 persen untuk transaksi internasional, 2,50 USD untuk penarikan, dan 17 USD untuk membeli kartu fisik.

Shift

Untuk crypto card berikutnya adalah Shift yang tersedia di beberapa negara bagian Amerika Serikat saja. Di mana, kartu ini memposisikan diri sebagai kartu debit Bitcoin pertama di Amerika Serikat. Biaya yang ditawarkan juga cukup wajar sebesar 10 USD untuk cetak kartu dan tidak ada biaya berkelanjutan. Lalu, untuk biaya transaksi internasional standar sebesar 3 persen dengan biaya penarikan ATM hanya 2,5 USD.

Xapo

Contoh crypto debit card terakhir adalah Xapo yang banyak beredar di beberapa negara dengan reputasi solid di antara para penggemar crypto. Walaupun ditawarkan dengan biaya kartu 20 USD, namun peminatnya cukup banyak. Selain itu, selama pengguna menggunakan kartu pada transaksi di bawah 2.500 USD pada batas penarikan, maka biaya yang dikenakan relatif kecil.

Meningkatnya penggunaan aset kripto didukung oleh sejumlah pengembangan fitur di dalamnya, salah satunya adalah crypto card untuk memudahkan transaksi menggunakan aset kripto. Dengan begitu, aset kripto juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Selain itu, kemudahan memiliki aset kripto juga didukung oleh platform yang membuat proses pembelian dan penjualan yang berjalan lancar. 

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Ajaib Kripto. Di mana, platform ini bisa membantu siapapun yang ingin memiliki aset kripto secara aman dan mudah sebagai instrumen investasi maupun transaksi. Setiap pengguna dapat melakukan analisa bagi jenis aset kripto dengan potensi baik di masa mendatang sehingga dapat menghasilkan keuntungan di masa depan. Apalagi Ajaib Kripto menghadirkan informasi berupa berita dan artikel terkini seputar aset kripto yang menjadi acuan untuk memantau pergerakan dunia kripto. Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto di smartphone kamu untuk memulai investasi di aset kripto, sekarang.

Artikel Terkait