Seputar Info

Contoh Surat Lamaran Kerja, Begini Petunjuk Menulisnya

contoh-surat-lamaran-kerja

Surat lamaran kerja adalah salah satu syarat untuk melamar kerja. Kamu yang sedang mencari pekerjaan, perlu mengetahui bagaimana tulisan surat lamaran kerja yang bagus. Maka dari itu di sini akan diberikan contoh surat lamaran kerja yang dapat kamu ikuti.

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, kamu harus tahu aturan yang biasanya lumrah ada. Kamu pun jadi bisa menulis surat lamaran kerja sesuai dengan kaidah. Di sini akan diberikan beserta contohnya juga.

Komponen yang Perlu Ada di Surat Lamaran Kerja

Semua orang bisa menulis, tapi perlu usaha lagi untuk menulis dengan baik sesuai dengan kaidah yang berlaku. Ini juga berkaitan dengan surat lamaran kerja. Di bawah ini adalah komponen-komponen yang jangan sampai terlewatkan di surat lamaran kerja yang akan kamu kirimkan ke perusahaan impian.

1.     Kepada siapa surat lamaran kerja ditujukan

Surat lamaran kerja yang kamu tulis harus jelas ditujukan kepada siapa. Sebut nama perusahaannya secara lengkap dan jangan sampai salah tulis. Kalau sampai salah tulis kamu bisa dianggap tidak profesional, pihak HRD akan melewatkan aplikasi lamaran yang kamu miliki.

Kamu bisa mengecek nama perusahaan tersebut di situs web resminya. Atau dengan bantuan mesin pencarian Google juga bisa.

2.     Tanggal surat

Tanggal surat juga jangan sampai ketinggalan untuk ditulis karena sudah menjadi ciri utama jenis surat apa pun.

Untuk lamaran kerja, tanggal ini penting karena HRD akan menyortir aplikasi lamaran kerja sesuai dengan tanggalnya. Apalagi calon pelamar kerja yang menghubungi mereka itu banyak. Jangan sampai kamu melupakan tanggal.

3.     Alamat perusahaan

Alamat perusahaan juga penting untuk dituliskan dalam surat lamaran kerja. Dengan menulis alamat ini membuktikan bahwa kamu melakukan usaha untuk mengenal perusahaan lebih jauh.

Jangan sampai salah menulis alamat. Kamu hanya perlu mengisi alamat perusahaan dengan alamat yang baru. Kamu akan menemukan alamat perusahaan itu di Google. Nanti akan dicontohkan bagaimana menulis alamat kantor yang dituju yang benar.

4.     Salam pembuka dalam surat

Salam pembuka adalah bagian yang jangan sampai terlewatkan surat lamaran kerja. Salam ini penting untuk ditulis karena menunjukkan kamu bersikap sopan pada pihak perusahaan yang menjadi tempat impianmu untuk bekerja.

Nanti di bawah akan dijelaskan penggunaan bahasa salam pembuka untuk contoh surat lamaran kerja yang benar.

5.     Perkenalan diri di bagian awal surat

Setelah menyapa perusahaan yang dituju dengan benar, kamu juga harus memperkenalkan diri. Cukup sebutkan saja nama lengkapmu.

Jangan sampai salah menulis nama kamu sendiri karena itu artinya kamu sedang tidak fokus dalam menulis surat lamaran kerja itu.

6.     Tujuan kamu mengirimkan surat

Selesai menyebutkan nama, kamu perlu menuliskan tujuan mengapa kamu mengirimkan surat tersebut. Yang paling umum adalah kamu ingin melamar di posisi kerja yang sedang dibuka.

7.     Tuliskan mengapa kamu cocok mengisi posisi yang kamu lamar

Kamu juga perlu menambahkan alasan mengapa kamu cocok mengisi posisi yang sedang kosong itu. Di sini kamu diharuskan menyebutkan pengalaman kerja secara singkat. Paling bagus jika pengalaman kerja kamu sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Bisa Diikuti

Surat lamaran kerja perlu kamu tulis, walaupun perusahaan tidak mewajibkannya. Sekarang melamar kerja bisa dilakukan lewat email. Kamu jangan sampai mengosongkan isi email. Pihak HRD biasanya akan melewatkan email lamaran kerja yang tidak jelas maksudnya.

Supaya kamu tahu surat lamaran kerja yang benar itu seperti apa, ini dia contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu ikuti.

Bogor, 12 Oktober 2022

Kepada:

HRD PT Ajaib Sekuritas Asia

Neo Soho @ Podomoro City

Jalan Letjen S. Parman No. 5

Tanjung Duren, Grogol Petamburan

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

            Perkenalkan, saya Anita Dina, dan bisa dipanggil Dina. Sesuai dengan lowongan pekerjaan dari perusahaan Anda yang saya ketahui dari situs web Ajaib Crypto, dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung dalam perusahaan Anda untuk menjadi SEO Content Editor.

            Saya punya pengalaman menulis artikel SEO sejak tahun 2014 di beberapa situs web Indonesia yang umum seperti portal berita, blog milik perusahaan travel, dan sebagainya. Dengan pengalaman menulis selama 6 tahun lebih, saya merasa cocok mengisi posisi ini. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan CV dan contoh tulisan saya yang sudah tayang di situs web tertentu dan masih bisa diakses sampai sekarang.

            Besar harapan saya diberi kesempatan untuk mengikuti proses seleksi agar dapat menunjukkan dan menjelaskan lebih mendalam mengenai profil dan skill yang saya miliki. Anda bisa menghubungi saya via email di anita.din@didin.co.id dan nomor WA di 086xxx.

            Demikian surat lamaran ini saya lampirkan, atas perhatian yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Anita Dina 

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Tadi sudah ditunjukkan contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu ikut. Sekarang adalah tips yang perlu kamu pertimbangkan dalam menulis surat lamaran kerja.

Kamu jangan terburu-buru dalam menulis surat lamaran kerja. Perhatikan dengan baik apakah ada salah penulisan. Typo atau salah ketik pun perlu kamu temukan dan diperbaiki dengan tulisan yang benar.

Surat lamaran kerja juga tidak perlu panjang. Kamu hanya perlu menjelaskan dirimu secara singkat.

Itu dia contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu tulis. Sebenarnya mudah menulis surat lamaran kerja selama kamu mengikuti kaidahnya. Yuk, tulis surat lamaran kerja dengan benar agar kesempatan kamu memperoleh pekerjaan di perusahaan impian terwujud.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait