Seputar Info

Mengenal NerveNetwork (NVT), Jaringan Inovatif yang Membantu Kebutuhan Medis

Mengenal NerveNetwork, Jaringan Inovatif yang Membantu Kebutuhan Medis

Banyak project crypto atau blockchain yang menawarkan solusi atau inovasi di bidang teknologi. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang NerveNetwork atau NVT? Project ini mengembangkan sebuah teknologi yang berpotensi menguntungkan dunia medis. Bagaimana mereka melakukan hal itu? Mari kita bahas satu persatu mulai dari mengenal apa itu NerveNetwork.

Apa Itu NerveNetwork (NVT)

NerveNetwork (NVT) merupakan sebuah jaringan layanan aset digital yang terdesentralisasi. Nerve memberikan dukungan untuk berbagai aplikasi dan layanan di masa mendatang.

NerveNetwork (NVT) juga merupakan sebuah platform yang memungkinkan para penggunanya berbagi informasi medis antara pasien dan dokter. Hal ini memudahkan pengguna karena diagnosis menjadi lebih cepat dan akurat. Tentunya hal tersebut akan mengarah ke hasil medis yang lebih baik. 

Pengguna dapat menggunakan platform NerveNetwork dengan cara berlangganan. Hal ini tentu menguntungkan bagi pengguna atau pasien yang ingin mengakses informasi medis yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. NerveNetwork juga memiliki tokennya sendiri yang dinamakan NVT.

NerveNetwork menggunakan algoritma konsensus Proof-of-Credit (PoC) yang di implementasi dari NULS. PoC disebut memiliki mekanisme yang aman dan memiliki keunggulan PoS dan DPoS. Oleh karena itu, mekanisme konsensus ini bisa mencapai keseimbangan dalam efisiensi dan desentralisasi.

Nerve menyebut algoritma konsensusnya sebagai POCBFT yang diklaim merupakan algoritma konsensus yang efisien dan stabil. Di dalam POCBFT, ada mekanisme PBFT yang berfungsi untuk mengonfirmasi blok dan mengurangi interval waktu blok ke tingkat dua.

Tiga lapisan jaringan Nerve:

  1. Bank Virtual

Bank virtual bertanggung jawab atas pemeliharaan atau maintenance aset, termasuk mengelola dan membuat banyak akun atau smart contract, membuat atau memberitahukan transaksi aset, dan lain-lain. Bank virtual ditentukan berdasarkan node konsensus. 15 node konsensus yang memiliki jumlah deposit terbesar akan terpilih secara default.

  1. Node Konsensus

Node konsensus berfungsi memelihara blockchain. Node konsensus dapat dibuat dengan deposit, tidak boleh kurang dari 200 ribu NVT dan jumlah maksimalnya tidak dibatasi. 35 node konsensus dengan jumlah deposit terbanyak akan ditetapkan atau dipilih untuk mempertahankan seluruh jaringan Nerve.

  1. Common Node

Selain node yang disebutkan diatas tadi, ada node lain yang bertugas untuk mengumpulkan transaksi, verifikasi blok, transaksi, menyediakan layanan untuk aplikasi, dan lain-lain.

Pendiri NerveNetwork (NVT)

NerveNetwork atau NVT didirikan oleh Mario Blacutt atau yang dikenal sebagai Berzerck. Ia memiliki pengalaman selama 20 tahun dalam pengembangan sistem dan manajemen tim. Berzeck juga memiliki pengalaman menggunakan metode modular dan layanan mikro. Dirinya juga memiliki peran penting dalam pengembangan yang menjadi dasar dari NULS 2.0.

Sumber: suisseblockchain.io

Nerve juga didirikan oleh komunitas teknis inti yang dinamakan NTC (NULS Technical Community. Para anggota NTC memiliki pengalaman yang baik tentang produk NULS dan arsitekturnya. Berzeck juga merupakan salah satu anggota NTC.

Project Nerve mendapatkan dukungan inkubasi dan pengembangan oleh NTC. Hal ini yang kemudian membangun jaringan blockchain untuk ekosistem Nerve dan NULS.

Roadmap NerverNetwork

NerveNetwork memiliki roadmap yang dimulai pada tahun 2019, diantaranya adalah:

  • Fase 1 (Oktober 2019 – Maret 2020)

NerveNetwork berfokus pada teknologi produknya untuk mewujudkan interaksi lintas blockchain BTC, ETH, dan ERC-20. Nerve juga merilis aplikasi keuangan on-chain pertama mereka yaitu NerveDEX. Aplikasi ini membantu transaksi yang lebih baik antara token yang digabungkan dengan protokol pembiayaan dan penerbitan untuk proyek POCM pada ekosistem NULS.

  • Fase 2 (April 2020 – Desember 2020)

Di fase kedua ini, Nerve masih akan fokus pada teknologinya. Mewujudkan interaksi antar blockchain dari aset digital seperti BCH tanpa fungsi smart contract. NerveDEX juga menyediakan sirkulasi dan perdagangan secara gratis untuk aset digital.

  • Fase 3 (2021 – 2023)

Pada fase ketiga, Tim Nerve tetap berfokus pada teknologi dan ingin menjadikan mereka 10 besar dari berbagai jenis aset digital. Mereka juga meningkatkan akses ke fungsi OTC dan berbagai aset stabil seperti DAI, PAX, dan lain-lain.

Harga Koin NVT

Pada pertengahan tahun 2020 sekitar bulan Juli, Token NerveNetwork atau NVT mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Harga tertinggi sepanjang masa (All time high)-nya mencapai $0,3683 USD atau setara 5.534 Rupiah. Namun, sejak mencapai harga tertingginya, harga NVT perlahan turun hingga tahun 2023.

Pada 31 Januari 2023, harga NVT berada pada level $0,01314 USD atau sekitar 197 Rupiah dengan kapitalisasi pasar NVT adalah sebesar $3.636.790 USD atau lebih dari 54 Miliar Rupiah.. Hal ini juga dikarenakan market crypto sedang mengalami akumulasi, sehingga harga rata-rata aset kripto turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Apakah Layak Berinvestasi di NerveNetwork?

Semua instrumen investasi tentu memiliki risiko, baik itu kecil maupun besar. Apakah layak untuk berinvestasi di NerveNetwork (NVT)? Jawabannya akan tergantung pada kamu. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan alasan untuk berinvestasi di Nerve, yaitu:

  1. NerveNetwork akan menjadi investasi yang dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.
  2. NerveNetwork memiliki rekam jejak yang cukup baik, mereka telah mengumpulkan setidaknya lebih dari $100 juta USD sampai saat ini.
  3. Platform yang dimiliki Nerve sangat berpotensi dimanfaatkan oleh beberapa bisnis untuk meningkatkan pengalaman para pengguna mereka dan mengembangkan pasar mereka.

Hal lain yang dapat dipertimbangkan adalah NerveNetwork (NVT) juga bekerja sama dengan beberapa organisasi di bidang disabilitas seperti National Federation of the Blind (NFB), The American Foundation for the Blind (AFB), dan sebagainya. Project Nerve tentunya memiliki peran dalam meningkatkan kualitas hidup para penyandang disabilitas.

Jika kamu ingin berinvestasi pada sebuah project crypto, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Pertimbangan tersebut bisa datang dari berbagai sisi, mulai dari visi misi, tim yang baik, dan bagaimana pasar mereka kedepannya. Pastikan kamu sudah melakukan riset dengan baik ya!

Artikel Terkait