Investor Pemula

Hasilkan Keuntungan melalui Day Trading Crypto secara Tepat

day-trading

Trading menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan siapa pun untuk menghasilkan keuntungan dalam memanfaatkan aset kripto. Di mana, ada sejumlah strategi yang bisa diterapkan dalam trading, salah satunya dengan menerapkan day trading crypto. Strategi ini sangat cocok bagi trader yang ingin berinvestasi di aset kripto secara jangka pendek untuk bisa menghasilkan keuntungan dengan cepat.

Sesuai dengan namanya, day trading crypto memungkinkan setiap trader untuk melakukan aktivitas perdagangan dengan tempo waktu yang cepat alias hitungan harian. Walaupun terkesan cepat, ada sejumlah analisa, faktor, dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum kamu bisa menghasilkan keuntungan.

Lalu, bagaimana cara day trading crypto secara tepat dalam menghasilkan keuntungan? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Day Trading Crypto?

Pada dasarnya, day trading merupakan metode trading secara jangka pendek yang membuat trader hanya memiliki sebuah aset dalam hitungan menit sampai jam saja. Di mana, trader akan menjual aset sebelum ada di penghujung hari dengan tujuan mendapatkan keuntungan kecil secara cepat. Sederhananya, kamu membeli aset dengan harga rendah dan menjualnya dengan harga tinggi.

Sementara day trading crypto berarti memperdagangkan aset kripto dengan cara atau metode yang sama. Ada banyak cara yang digunakan crypto trader dalam menerapkan day trading, namun metode dasarnya adalah dengan mengacu pada analisis grafik dan spekulasi. Spekulasi ini dilakukan saat crypto trader yakin dengan harga suatu aset kripto bisa naik maupun turun karena beberapa hal.

Sedangkan untuk metode day trading menggunakan analisis grafik membuat setiap trader diharuskan mempelajari setiap pergerakan harga aset kripto, lalu memutuskan arah dari pergerakan harga selanjutnya. Hal ini mengacu pada pergerakan yang menjadi kebiasaan suatu aset kripto di masa lalu dengan ketentuan setiap detik, menit, maupun jam.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Day Trading

Analisis menjadi hal utama ketika kamu memutuskan untuk trading termasuk saat day trading crypto. Di mana, analisis ini mengacu pada beberapa hal untuk bisa memprediksi pergerakan harga aset kripto ke depannya. Adapun sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum memulai day trading crypto, di antaranya sebagai berikut:

Tingkat Volatilitas

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai day trading crypto adalah mengetahui tingkat volatilitas yang dimiliki suatu aset kripto. Di mana, volatilitas pergerakan naik dan turunnya harga aset kripto secara cepat. Hal ini menjadi acuan untuk bisa sukses dalam trading crypto maupun justru mengalami kekalahan besar.

Apalagi aset kripto dikenal memiliki tingkat volatilitas tinggi sehingga tidak aneh ketika suatu aset kripto yang naik maupun jatuh dengan persentase 10 sampai 50 persen dalam waktu sehati saja.

Menerima Kerugian

Dalam hal trading crypto, setiap crypto trader harus siap dengan risiko kerugian yang menghantui. Mengingat, pergerakan harga aset kripto tidak akan selalu berjalan sesuai dengan rencana sehingga siapkan mental untuk menerima kerugian. Trader profesional kelas dunia sekalipun pasti mengalami kerugian karena tidak akan ada bisa memprediksi harga secara tepat.

Di mana, hal yang hanya bisa dilakukan adalah meminimalisir kerugian yang terjadi. Selain itu, hindari pola pikir untuk menutup kerugian dengan cara chase losses sehingga membuat kamu mempertaruhkan risiko yang lebih tinggi.

Menentukan Target Keuntungan

Tujuan dari trading harian di crypto adalah bisa menghasilkan keuntungan. Sebisa mungkin untuk menentukan target sesuai dengan kemampuan yang dimiliki khususnya bagi trader pemula. Apalagi day trading sifatnya cepat sehingga penting menentukan target keuntungan seperti kurang dari 1 persen untuk permulaan.

Biasanya trader berpengalaman tidak akan menetapkan risiko melebihi 1% dari total bankroll atau dana untuk trading. Hal ini berarti saat kamu memiliki dana USD1.000 untuk diinvestasikan, maka risikonya tidak akan melebihi USD10 di setiap trading. Hal ini demi menghindari kerugian yang mengantarkanmu pada kebangkrutan.

Menghentikan Kerugian

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat trading aset kripto adalah penentuan stop loss yang menghentikan kerugian lebih besar. Di mana, stop loss berfungsi sebagai batas terendah untuk keluar saat harga menurun atau tidak sesuai rencana crypto trader secara otomatis. Contoh mudahnya saat trader membeli Ethereum USD700 dan memasang stop loss 10 persen.

Hal ini berarti saat harga Ethereum turun ke USD630, sistem secara otomatis langsung menjual investasi kamu sehingga bisa membantu menghindari penurunan harga secara mendadak.

Strategi Day Trading Crypto

Untuk memulai trading harian, ada sejumlah strategi yang bisa dipilih oleh crypto trader. Di mana, sejumlah cara berikut ini yang membuat kamu bisa menjadi seorang day trader andal, di antaranya:

  • Scalping dengan fokus di perubahan harga kecil suatu aset kripto sehingga mengharuskan trader menjual aset kripto mereka secepat mungkin.
  • Range trading yang mengharuskan trader menentukan kisaran harga di struktur pasar sehingga mengharuskan crypto trader untuk memahami grafik candlestick maupun indikator momentum secara baik.
  • High frequency trading dengan cara menerapkan strategi perdagangan menggunakan algoritma dan memanfaatkan bot perdagangan dalam mengawasi pasar maupun membeli atau menjual aset kripto.

Untuk memulai day trading crypto, maka trader bisa melakukan penentuan jadwal secara tepat. Hal ini menyangkut momentum yang tepat untuk menemukan posisi trading hingga bisa menghasilkan keuntungan. Selain itu, disarankan bagi crypto trader untuk memulai day trading dengan menggunakan modal kecil.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian yang siap menanti. Mengingat, trader profesional sekalipun bisa mengalami kegagalan saat day trading dilakukan. Dengan memahami apa yang dimaksud day trading crypto beserta cara menerapkannya secara tepat, tentunya bisa membantu kamu yang baru memulai trading di aset kripto.

Teknik trading ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang menjadi pertimbangan sebelum memilihnya. Hal ini karena keputusan trading berada di tangan cryptotrader sehingga harus dipikirkan secara matang.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait