Berita

Sektor Gaming Sumbangkan 45% dari Jumlah Aktivitas Blockchain di Kuartal Pertama 2023

sektor gaming dominasi blockchain

Mengacu pada laporan DappRadar dan Blockchain Game Alliance, sektor gaming mendominasi aktivitas blockchain dengan peningkatan dari 42,87 persen di kuartal keempat 2022 menjadi 45,60 persen di kuartal pertama 2023. Hal ini mengambil pangsa pasar di sektor decentralized finance atau DeFi, NFT, dan aktivitas sosial lainnya.

Walaupun sebenarnya secara jumlah daily unique active wallets atau dUAW-nya mengalami penurunan 8,58 persen dari kuartal sebelumnya. Terlepas dari penurunan ini, ada beberapa blockchain yang bisa dilihat tengah aktif di sektor gaming.

Mulai dari Polygon yang sebelumnya sebagai blockchain decentralized finance, melakukan pengembangan dan memimpin aktivitas gaming di posisi ketiga leaderboard.

Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan pasar baru yang lebih terkenal di antara para blockchain gamers. Dengan begitu, hasil ini menjadi sesuatu yang positif bagi Polygon karena usaha pengembangannya untuk bisa bertahan sebagai platform blockchain gaming mulai membuahkan hasil yang cukup manis.

Sektor Gaming Didominasi oleh Siapa?

Sampai saat ini, setidaknya ada sejumlah pemimpin sektor gaming dengan persentase kenaikan cukup tinggi. Mulai dari Alien Worlds yang mendominasi 66 persen aktivitas WAX.io dengan rata-rata dUAW sebesar 223,945. Sementara itu, Splinterlands mengklaim 99 persen dari aktivitas Hiveblocks dengan rata-rata dUAW 127,242. 

Kedua permainan ini menjadi yang paling populer untuk kuartal pertama di 2023 dan menjadi bukti atas kesuksesan mereka yang berkembang di sektor blockchain gaming.

Selain itu, laporan tersebut juga menyorot jumlah investasi yang meningkat mencapai 739 juta USD bagi blockchain gaming dan proyek metaverse pada kuartal pertama 2023 atau 12,95 persen lebih besar dibandingkan kuartal sebelumnya.

Hal ini mengindikasikan bahwa para investor masih terus tertarik pada potensi blockchain gaming sehingga rela menanamkan modalnya untuk proyek menjanjikan. Walaupun begitu, ada beberapa penurunan pada aktivitas game on chain di kuartal pertama 2023, sektor game tetap berada di posisi signifikan di seluruh aktivitas industri dApp.

Dengan begitu, blockchain gaming sudah menunjukkan tanda pertumbuhan, terlepas dari tantangan selama masa pandemi dan lanskap ekonomi lebih luas sebagai pertanda industri ini di masa depan.

Hasil dari kuartal pertama tahun 2023 ini menunjukkan bahwa blockchain gaming menunjukkan tren positif dengan potensi menjadi kekuatan bagi industri game yang lebih luas lagi.

Ditambah dengan banyaknya keterlibatan investor dan developer yang mendukung pengembangan dan inovasi lebih baik di masa mendatang.

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan trading crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber: https://crypto.news/gaming-accounted-for-45-of-q1-2023-blockchain-activity/

Artikel Terkait