Uncategorized

Awal Juni 2023, Hong Kong Mulai Perdagangan Aset Kripto untuk Investor Ritel

Investor Retail Hong Kong

Komisi Sekuritas dan Future Hong Kong atau SFC telah menyelesaikan aturan yang memungkinkan trading aset kripto retail dari awal Juni mendatang, melalui pengumuman Selasa kemarin. Hal ini sebagai langkah yang sangat dinanti dalam upaya membuat kota menjadi pusat dari aset virtual. 

Sebagaimana pernyataan yang dirilis Februari lalu, aturan ini memungkinkan bursa berlisensi untuk menjual aset kripto ke investor retail dengan kapitalisasi pasar besar dan likuiditas yang tinggi termasuk Etherum dan Bitcoin

Platform-platform bisa mulai untuk mengajukan lisensi ini pada 1 Juni mendatang, walaupun bagi mereka yang tidak berencana melakukannya untuk memproses penutupan bisnis secara teratur, sesuai pernyataan SFC.

Sementara itu, pihak regulator menyatakan melalui briefing sebelumnya bahwa aturan ini belum berlaku pada investor retail kripto, melainkan perusahaan berlisensi untuk mulai menerima trader retail di pertengahan tahun ini. 

Dengan begitu, mulai dari bulan depan akan menjadi tindak kriminal untuk menerima iklan dari bursa yang tidak berlisensi, bahkan yang dipromosikan oleh influencer sekalipun.

Menurut SFC, seseorang yang secara sadar atau tidak berusaha mengajak orang lain untuk menggunakan aset virtual tersebut berarti melanggar hukum.

Selain itu, kerangka aturan baru ini datang di tengah usaha kota yang ingin menjadi pusat Web3 global, terlepas dari pemerintahan lain yang menolak aset virtual. Ketika berencana membuka akses retail bagi aset digital volatilitas, pejabat kota berjanji dalam beberapa bulan mendatang, pembatas yang menjadi pelindung akan diberlakukan sehingga bisa menghindari keruntuhan industri tahun lalu seperti kejadian FTX. 

Selain itu, platform aset virtual berlisensi Hong Kong ini diharapkan memiliki persyaratan yang meliputi keamanan, pemisahan aset klien, menghindari konflik kepentingan, dan masih banyak lagi. Bursa sendiri diharapkan bisa memiliki penilaian menyeluruh bagi pemahaman investor akan risiko aset virtual. 

Sementara itu, platform bursa berlisensi juga mendirikan komite yang mengakui dan mengulas token dengan bertanggung jawab dalam mengatur token yang ditawarkan. Setidaknya, token yang tersedia bagi investor retail harus diakui oleh indeks yang bisa diinvestasikan dari penyedia independen termasuk berpengalaman dalam finansial tradisional.

Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Sumber:

https://www.scmp.com/tech/policy/article/3221580/hong-kong-retail-investors-start-trading-major-cryptocurrency-tokens-june-1-new-virtual-assets

Artikel Terkait