Investor Pro

Menggagas Masa Depan Kecerdasan Buatan lewat Bittensor

bittensor

Tren kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memang sedang tren saat ini. Hal ini didukung oleh kehadiran ChatGPT di kalangan masyarakat. Namun, sebenarnya kecerdasan buatan telah lama hadir, bahkan telah merambah ke dunia kripto, salah satu contohnya adalah Bittensor.

Lalu, bagaimana konsep kecerdasan buatan yang digagas Bittensor? Yuk, baca ulasan berikut ini!

Cara Kerja AI Bittensor

Bittensor merupakan jaringan penambangan yang mirip dengan Bitcoin, namun dengan fokus pada penyediaan akses ke model pembelajaran mesin secara efisien dan tahan sensor.

Bittensor diciptakan oleh Jacob Robert Steeves pada tahun 2021. Bittensor merupakan protokol sumber terbuka yang memungkinkan pembelajaran mesin terdesentralisasi berbasis blockchain.

Tujuan utamanya adalah menciptakan jaringan pembelajaran mesin terdesentralisasi yang terbuka dan transparan.

Melalui pendekatan terdesentralisasi dan incentivised, Bittensor berupaya untuk memperluas potensi teknologi pembelajaran mesin secara global.

Bittensor bekerja dengan menggunakan mekanisme berbasis token yang didukung oleh blockchain untuk mendorong partisipasi dan memberikan insentif kepada para penambang (miners) dan validator.

Para penambang menyediakan, melatih, atau memperoleh sistem pembelajaran mesin ke dalam jaringan untuk memenuhi masalah verifikasi yang diajukan oleh validator.

Mekanisme berbasis token ini mendorong para penambang untuk meningkatkan nilai output pengetahuan mereka dalam hal kecepatan, kecerdasan, dan keberagaman.

Nilai yang dihasilkan oleh jaringan ini didistribusikan langsung kepada individu yang memproduksi nilai tersebut, tanpa perantara.

Partisipasi dalam Bittensor terbuka bagi siapa saja, dan tidak ada pihak yang memiliki kendali penuh atas apa yang dipelajari, siapa yang mendapatkan keuntungan, atau siapa yang dapat mengaksesnya.

Model-model AI dapat diberikan akses eksternal, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil informasi dari jaringan dan menyesuaikan aktivitasnya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Model AI dapat diintegrasikan ke dalam jaringan Bittensor, di mana mereka dapat berpartisipasi dalam pemecahan masalah verifikasi yang ditentukan oleh validator.

Model-model AI ini dapat digunakan untuk berbagai tugas, seperti menghasilkan teks, audio, dan gambar, atau mengekstraksi representasi numerik dari berbagai jenis input.

Pengguna akan mendapatkan insentif dalam token utilitas Bittensor, Tokenized Attention Oracles (TAO) kepada validator yang mengusulkan proyek yang menarik bagi mereka.

TAO juga memungkinkan pengguna untuk mengekstrak informasi dari jaringan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan demikian, kerja sama antara AI dan Bittensor membuka peluang untuk mengoptimalkan pengembangan dan distribusi teknologi AI secara terdesentralisasi.

Protokol Bittensor memberikan landasan yang kuat bagi para pengembang dan pengguna AI untuk berinteraksi dalam konteks yang terbuka, transparan, dan dihargai secara ekonomi.

Fitur Bittensor

Ada dua fitur yang ditawarkan oleh Bittensor kepada pengguna, yaitu:

1. Staking

Fitur staking TAO melibatkan pengguna memindahkan TAO mereka dari coldkey (kunci penyimpanan aman) ke hotkey (kunci aktif).

Dengan menjalankan Validator pada Hotkey dan melakukan staking TAO, pengguna dapat meningkatkan peringkat mereka dalam jaringan.

Semakin besar jumlah TAO yang di-stake, semakin diutamakan peran pengguna dalam jaringan Bittensor.

2. Delegasi

Dalam delegasi, pengguna dapat memilih untuk menempatkan TAO mereka ke hotkey yang dimiliki oleh validator lain dengan membayar biaya kepada pemilik hotkey tersebut.

Dalam hal ini, pengguna tidak perlu menjalankan validator mereka sendiri, tetapi masih dapat memberikan dukungan dan mendanai proyek-proyek yang dianggap penting.

Delegasi memberikan insentif kepada pengguna untuk berpartisipasi dalam mekanisme konsensus Bittensor dan memperoleh kembali TAO sesuai dengan kontribusinya.

Hotkey delegasi akan bertanggung jawab atas validasi dan mengembalikan hasil emisi TAO kepada pengguna yang melakukan staking, dengan memotong biaya sebesar 18%.

Potensi token TAO

Token TAO memiliki peran dalam perkembangan Bittensor. TAO akan digunakan untuk memfasilitasi transaksi dan insentif dalam jaringan Bittensor.

Oleh karena itu, pengguna dapat mengakses dan berkontribusi pada jaringan dengan cara yang aman dan terdesentralisasi.

Selain itu, token ini juga berperan penting dalam memotivasi partisipasi dan pengembangan aplikasi AI di dalam jaringan.

Token Bittensor memiliki pasokan token sebanyak 21 juta token. Rekor harga tertinggi diraih TAO adalah sebesar USD107.54. Rekor ini baru saja terjadi pada tanggal 3 Maret 2023. Sedangkan rekor terendahnya sebesar USD30.83 yang terjadi pada tanggal 14 Mei 2023.

Namun, walaupun baru saja meraih harga terendahnya, perlu menjadi catatan bahwa token TAO memiliki siklus halving, di mana setiap 10,5 juta blok, hadiah per blok akan mengurangi separuh.

Saat ini, setiap 12 detik (satu blok), satu TAO akan diproduksi dan dilepaskan ke jaringan. Maka, akan ada total 64 acara halving, dengan yang pertama akan terjadi pada bulan Agustus 2025.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait