Investor Pro

Sudah Tersedia di Ajaib Kripto, Apa Itu Nervos Network (CKB)?

nervos-network-ckb

Nervos Network (CKB) menghadirkan solusi permasalahan dalam perkembangan blockchain di dunia kripto. Nervos Network melakukan pendekatan unik dengan membagi infrastruktur ke dalam dua lapisan.

Dengan solusi yang ditawarkannya, Nervos Network menjanjikan masa depan penerapan teknologi blockchain yang lebih cerah. Seperti apa Nervos Network (CKB) menghadirkan solusi dari permasalahan blockchain? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Nervos Network (CKB)?

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya bahwa Nervos Network (CKB) merupakan protokol blockchain yang unik karena membagi infrastrukturnya ke dalam dua lapisan. Layer-1 atau dasar menjadi basis utama di jaringan Common Knowledge Base atau CKB, dan layer-2 sebagai aplikasi dengan kinerja tinggi.

CKB sendiri menggunakan mekanisme konsensus Proof of Work dalam memastikan keamanan jaringan. Layer-1 Nervos Network (CKB) sendiri memiliki fungsi sebagai akar kepercayaan serta kustodian pintar. Nantinya, CKB akan memverifikasi dan menyelesaikan transaksi kripto yang berisi informasi kepemilikan aset maupun pencatatan transaksi, serta menjaga keamanan maupun konsensus dasar dalam jaringan.

Sementara itu, layer-2 Nervos Network digunakan pada transaksi dengan kinerja tinggi dan perlindungan privasi. Dengan begitu, pengembang bisa membangun aplikasi khusus yang membutuhkan throughput lebih tinggi dengan tingkat privasi lebih besar. Solusi off chain scaling meliputi sidechain, state channel, hingga rollup menjadi contoh penerapan lapisan kedua Nervos Network.

Dengan begitu, pengguna bisa meningkatkan kinerja dan efisiensi jaringan melalui pemindahan sebagian beban transaksi ke luar lapisan verifikasi yang tetap mengedepankan keamanan dan kepercayaan pada lapisan tersebut. Dengan memiliki dua layer, Nervos Network bisa terkoneksi maupun berkolaborasi dengan beragam platform blockchain lainnya.

Fitur Utama yang Ada dalam Nervos Network (CKB)

Untuk bisa menjadi solusi dalam permasalahan blockchain pada umumnya, tentunya apa itu Nervos Network menghadirkan sejumlah fitur, di antaranya sebagai berikut.

Sustainable Economic Model

Model ekonomi yang diterapkan Nervos Network dirancang dalam memastikan kesuksesan platform sekaligus memaksimalkan fungsi dari teknologi blockchain. Hal ini bisa dilihat dari native token Nervos Network yaitu CKB yang membuat pengguna, pengembang, serta operator node dalam berkontribusi pada kesuksesan platform.

Selain itu, Nervos Network (CKB) mendorong setiap pengguna untuk membayar sumber daya atas jaringan berdasarkan kapasitas maupun waktu.

Flexible Layered Design

Dalam hal ini, Nervos Network memiliki layer berlapis sehingga memberikan fleksibilitas yang berdampak pada pengoperasian jaringan penyimpanan nilai bersifat universal untuk diakses di berbagai layanan blockchain. Setiap pengembang dapat membangun aplikasi universal dengan berjalan di berbagai blockchain dan menawarkan tingkat fleksibilitas baru untuk dunia blockchain maupun kripto.

High Levels of Security

Fitur utama yang tidak kalah pentingnya dalam Nervos Network adalah keamanan yang menggunakan protokol konsensus Proof of Work teruji dan tepercaya. Selain itu, blockchain ini menjalankan audit dari pihak ketiga dalam memvalidasi sejumlah langkah keamanan dan menyelenggarakan acara hackathon berhadiah uang tunai sehingga mendorong peserta untuk mengidentifikasi kelemahan protokol.

Token Asli Nervos Network (CKB) dan Kegunaannya

Untuk mendukung ekosistem Nervos Network (CKB), blockchain ini merilis token asli yaitu CKB dengan utilitas utama meliputi pembelian, penyimpanan status melalui mainnet, serta menjalankan smart contract. Selain itu, token CKB bisa didapatkan dengan menambang sebagai bentuk reward blok maupun biaya transaksi.

Uniknya, CKB yang berjalan di blockchain PoW, untuk tokennya dapat ditambang menggunakan PoW netral terhadap ASIC dengan dirancang bisa mendistribusikan token sebaik mungkin dalam menjamin keamanan jaringan. Selain itu, token CKB juga dapat memberikan fleksibilitas ke seluruh ekosistem karena bisa ditukar dengan sel maupun sebaliknya.

Lebih jelasnya, berikut sejumlah fungsi utama token CKB dalam ekosistem Nervos Network:

  • Akses penyimpanan status yang memungkinkan pemilik token mengakses maupun menggunakan penyimpanan status di dalam jaringan Nervos.
  • Mekanisme keamanan dengan penambangan CKB mampu menjaga keamanan jaringan melalui pendistribusian token secara adil dan merata bagi setiap pemegangnya.
  • Model ekonomi yang membuat biaya penyimpanan aka dikenakan bagi pengguna mengacu pada ruang dan waktu.

Berdasarkan blok genesis platform di awal, terdapat 33,6 miliar token CKB dengan 8,4 miliar atau 25 persen ketersediaan dibakar dan tidak akan masuk dalam sirkulasi.

Sementara untuk rincian alokasi tersisa meliputi 21,5 persen untuk investor publik, 15 persen untuk tim pada program vesting selama empat tahun, 17 persen untuk mendanai ekosistem, 14 persen untuk investor penjualan pribadi pada program vesting selama dua tahun, 5 persen untuk mitra pendanaan strategis platform, 2 persen untuk yayasan, dan 0,5 persen untuk insentif testnet platform.

Sampai saat ini, harga Nervos Network (CKB) sendiri berada di angka USD0,01617 per koin dengan kapitalisasi pasar mencapai USD715 juta. Pergerakan harga Nervos Network (CKB) saat ini masih dalam kondisi positif. Mengingat, pada bulan lalu harga token CKB sempat meroket dalam beberapa hari dan setelah itu turun.

Hal ini tentu menjadi pertimbangan bagi kamu apakah token CKB bisa menjadi pilihan untuk aset investasi.

Beli Nervos Network (CKB) di Ajaib Kripto

Bagi kamu yang tertarik untuk memilih Nervos Network (CKB) sebagai aset investasi, maka kamu bisa langsung membelinya. Apalagi token ini sudah tersedia di aplikasi Ajaib Kripto. Kamu bisa membeli aset kripto ini secara mudah dengan menggunakan dua metode. Adapun cara beli Nervos Network (CKB) di Ajaib Kripto yang pertama bisa menggunakan metode Market Order dengan langkah berikut:

  • Masuk ke aplikasi Ajaib Kripto.
  • Pilih laman Cari dan lanjut ke Aset Kripto yang diinginkan yaitu CKB.
  • Pilih Market Order untuk membelinya secara instan mengikuti harga pasar terkini.
  • Lalu, masukkan jumlah nominal saldo yang ada di dana kripto di kolom Subtotal.
  • Pastikan juga pesanan aset kripto yang dibeli sudah benar sebelum klik Beli dan selesai.

Sementara untuk beli Nervos Network (CKB) menggunakan metode yang kedua yaitu Limit Order, langkahnya seperti berikut:

  • Masuk ke aplikasi Ajaib Kripto.
  • Pilih laman Cari dan lanjut ke Aset Kripto yang diinginkan yaitu CKB.
  • Pilih Limit Order untuk membeli sesuai harga yang diinginkan.
  • Lalu, masukkan jumlah aset kripto yang ingin dibeli dan ubah Harga Beli sesuai keinginan.
  • Pastikan juga pesanan aset kripto yang dibeli sudah benar sebelum klik Beli dan selesai.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto di smartphone kamu untuk mulai investasi crypto, sekarang.

Disclaimer: Transaksi Aset Kripto mengandung risiko dan berpotensi menyebabkan kerugian. Informasi yang terkandung dalam tulisan ini merupakan opini yang disiapkan melalui proses riset dan analisis internal perusahaan secara seksama dengan sumber terpercaya dan tidak dipengaruhi dari pihak manapun. Tulisan ini bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi. Pengambilan keputusan dalam melakukan transaksi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi Pengguna. Kami tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk kerugian maupun keuntungan yang timbul dari pengambilan keputusan transaksi.

Artikel Terkait