Seputar Info

Contek! Teknik Analisa SWOT untuk Pebisnis Pemula

analisa-swot

Sebelum memulai menjalankan bisnis tentunya Anda harus mengenal terlebih dahulu masalah-masalah yang mungkin saja akan hadir di dalam bisnis. Masalah yang sudah ditemukan tersebut jangan lantas dibiarkan begitu saja melainkan juga harus dicarikan jalan penyelesaian atau solusinya. Di sinilah peran SWOT adalah penting untuk dicoba.

Dengan melakukan analisa SWOT, tentu akan membuka peluang-peluang usaha yang tadinya tidak bisa Anda lihat. Tentunya masih banyak calon pebisnis yang merasa asing dengan istilah SWOT. Apalagi kalau Anda masih pebisnis pemula Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Pengertian SWOT

SWOT bisa diartikan sebagai analisis perencanaan bisnis dengan melihat faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari sebuah bisnis. Artinya sebelum Anda membuat planning tentang bisnis yang akan dijalankan maka empat faktor tersebut harus dianalisis dan ditemukan jawabannya terlebih dahulu. Termasuk harus sudah mengantongi solusi atasnya.

Teknik analisa semacam ini cukup berhasil untuk menghadirkan perencanaan bisnis yang benar-benar matang. Makanya para pebisnis begitu tertarik untuk menggunakan teknik SWOT daripada teknik-teknik yang lain. Dan luar biasanya analisa SWOT sudah dilakukan pertama kali pada tahun 1960-an dengan penggagas pertama bernama Albert S Humphrey dari Stanford Research Institute.

Analisa SWOT dan Kombinasinya

Jika membaca pengertian di atas maka bidang cakupan dari analisa SWOT tidak keluar dari empat konsep faktor bisnis. Selain itu, adapula kombinasi dari keempat konsep SWOT yang dapat memperkuat strategi bisnis Anda.

1. Kekuatan (Strength)

Di dalam analisa SWOT Anda harus menganalisis faktor apa yang bisa menjadi kekuatan dari bisnis. Apakah karena faktor modal, jumlah calon pelanggan, atau dari kualitas produk. Jadi ini harus dianalisis terlebih dahulu untuk mencari arah dari bisnis itu sendiri nantinya.

2. Kelemahan (Weakness)

Untuk menganalisis sebuah bisnis serasa tidak cukup jika hanya bersandar atas faktor kekuatannya saja. Melainkan faktor yang bisa melemahkan bisnis juga perlu untuk dianalisa. Semisal faktor medan pengiriman yang sulit atau ketersediaan sumber daya manusia yang kurang maksimal.

3. Peluang (Opportunity)

Bidang cakupan teknik analisa SWOTyang berikutnya ialah peluang. Artinya kalau Anda ingin merencanakan sebuah bisnis silakan analisa terlebih dahulu peluang dari bisnis tersebut. Apakah peluang bisnis memang sebanding dengan kerja keras yang dilakukan serta apakah Anda memiliki strategi untuk memaksimalkan peluang tersebut atau tidak.

4. Ancaman (Threat)

Di dalam analisa SWOT ancaman terhadap bisnis juga perlu dianalisa. Sedangkan tujuannya supaya Anda memiliki jalan keluar jika nanti ancaman tersebut benar-benar muncul. Alhasil Anda tidak kaget serta tidak akan mengambil keputusan dengan gegabah dan terburu-buru.

Dalam analisis tersebut, Anda dapat memfokuskan diri pada satu kombinasi dari dua poin dari SWOT untuk menentukan langkah strategis bisnis Anda. Kombinasi fokus tersebut antara lain:

  1. Fokus pada kekuatan-peluang (S-O) untuk memperoleh alternatif ofensif dengan menggunakan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang eksternal.
  2. Fokus pada Kelemahan-ancaman (W-T) untuk memperoleh alternatif defensif dengan memanfaatkan kelemahan internal untuk mengurangi ancaman eksternal.
  3. Fokus pada Kekuatan-ancaman (S-T) dengan menggunakan kekuatan internal untuk mengurangi ancaman eksternal.
  4. Fokus pada Kelemahan-peluang (W-O) dengan menopang kelemahan internal untuk mengambil keuntungan dari kesempatan eksternal.

Baca juga: Pentingnya Analisa SWOT Bagi Usaha Kecil 

Faktor yang Memengaruhi Analisis SWOT

Saat Anda menyusun strategi menggunakan analisis SWOT, akan terdapat faktor yang memengaruhinya. Faktor internal dalam analisis SWOT adalah salah satu yang berpengaruh.

Berikut faktor yang mungkin memengaruhinya.

1. Faktor Internal 

Faktor internal pada analisis SWOT terdiri dari strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan).

Untuk mengidentifikasi faktor internal biasanya mencakup:

  • Pengalaman perusahaan baik yang berhasil atau gagal.
  • Finansial pada perusahaan.
  • Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Kekuatan dan kelemahan dari perusahaan.

2. Faktor Eksternal 

Faktor eksternal dalam analisis SWOT mencakup opportunity (peluang) dan threat (ancaman).

Untuk mengidentifikasi faktor eksternal biasanya meliputi:

  • Lingkungan.
  • Peraturan pemerintah.
  • Tren.
  • Budaya, ideologi, sosial politik, perekonomian.
  • Peristiwa yang sedang terjadi.
  • Sumber permodalan.
  • Perkembangan teknologi.

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Hal yang harus dilakukan sebelum melakukan analisa adalah membuat daftar pertanyaan.

Setelah itu, Anda harus menjawab daftar pertanyaan tersebut berdasarkan keadaan yang sesuai pada perusahaan Anda.

Berikut adalah contoh daftar pertanyaan sebelum melakukan analisis SWOT:

Strength (Kekuatan)

  1. Apa kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan Anda?
  2. Apa yang bisa membuat perusahaan Anda agar lebih baik dari perusahaan lainnya?
  3. Hal apa yang menyebabkan perusahaan Anda memperoleh penjualan?
  4. Apa kelebihan perusahaan yang dilihat maupun dirasakan oleh konsumen Anda?
  5. Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan Anda?

Weakness (Kelemahan)

  1. Hal apa yang harus ditingkatkan pada perusahaan Anda?
  2. Hal apa yang harus dihindari oleh perusahaan Anda?
  3. Apa kelemahan yang dilihat maupun dirasakan oleh konsumen dari perusahaan Anda?
  4. Faktor apa yang dapat menghilangkan penjualan perusahaan Anda?
  5. Apa yang telah dilakukan pesaing Anda sehingga perusahaan mereka lebih baik dari perusahaan Anda?

Opportunity (Peluang)

  1. Kesempatan apa yang bisa Anda lihat?
  2. Tren apa yang saat ini sedang berlangsung yang sesuai dengan bisnis Anda?

Threat (Ancaman)

  1. Perkembangan apa yang potensi menjadi ancaman untuk perusahaan Anda?
  2. Apa hambatan yang sekarang sedang dihadapi?
  3. Hal apa yang telah dilakukan oleh pesaing bisnis Anda?
  4. Apakah ada perubahan dari pemerintah yang bisa mengancam perkembangan bisnis Anda?
  5. Apakah ada perubahan dari pemerintah yang bisa mengancam perkembangan bisnis Anda?

Nah itulah salah satu strategi membaca peluang bisnis dengan menggunakan analisa SWOT. Untuk itu, jika Anda ingin menjadi pebisnis yang handal maka mulailah bisnis tersebut dengan menerapkan analisis ini. Setelah itu lakukan (action) sesuai rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

Saat peluang bisnis telah didapatkan dan keuntungan bisnis sudah diraih, jangan lupa investasikan agar terus berlipat ganda.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait