Investor Pro

Ethena USDe, Proyek Stablecoin USD Sintetis Tawarkan Imbal Hasil Tinggi

ethena-usde

Pada dasarnya, stablecoin menjadi jenis aset kripto yang dianggap paling stabil dalam hal fluktuasi harga karena bergerak secara seimbang. Sayangnya, keyakinan tersebut dipertanyakan setelah runtuhnya stablecoin algoritmik Anchor Protocol pada 2022 lalu. Lalu, pada 19 Februari kemarin muncul stablecoin bernama Ethena USDe di jaringan Ethereum yang tawarkan imbal hasil tinggi melalui yield sebesar 27,6 persen.

Hal ini jelas mencuri perhatian sekaligus kekhawatiran para investor akan stablecoin yang menawarkan imbal hasil tinggi. Lalu apa sebenarnya yang coba ditawarkan oleh Ethena Stablecoin USDe? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Ethena USDe Tawarkan Imbal Hasil Capai 27,6 Persen

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ethena USDe merupakan stablecoin USDe yang berada di jaringan Ethereum. Ethena sendiri terinspirasi dari tulisan Arthur Hayes berjudul Dust on Crust pada Maret 2023 lalu. Adapun uraian mengenai visinya pada stablecoin berbasis kripto dan derivatif yang berjalan secara independen dari sistem perbankan keuangan tradisional alias TradFi.

Arthur Hayes menyebut bahwa USDe bakal menjadi penantang kredibel untuk Tether selaku penerbit stablecoin terbesar yang ada di dunia. Saat ini, produk Ethena sendiri tidak tersedia untuk warga negara Amerika Serikat. Selain itu, APY yang ditawarkan oleh stablecoin USDe sendiri mencapai 27,6 persen, yang jika dibandingkan Anchor Protocol dari UST jelas lebih tinggi.

Dengan imbal hasil tinggi ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi investor. Mengingat, yield Anchor Protocol sebesar 20 persen ini tidak mampu membuatnya bagus karena keruntuhan yang terjadi pada Mei 2022 lalu.

Apalagi sejumlah analis memberikan peringatan potensi adanya yield inversion dengan biaya pinjaman lebih tinggi dibandingkan pengembalian investasi sehingga menyebabkan kerugian bagi investor. Selain itu, Ethena USDe harus menghadapi beberapa risiko utama, salah satunya yaitu ketergantungan akan strategi lindung nilai alias hedging dengan tujuan mempertahankan peg atas USD.

Nantinya strategi ini bakal melibatkan penjualan kontrak secara berjangka pada Ethereum dalam menangkan funding rate positif. Sedangkan ketika funding rate menjadi negatif, maka Ethena USDe bisa mengalami kerugian. Ditambah dengan tantangan berkelanjutan bagi Ethena USDe dalam mempertahankan imbal hasil tinggi saat kondisi pasar tidak stabil dan sulit.

Hal ini terutama saat kondisi pasar mengalami bearish yang kemungkinan memaksa Ethena harus menurunkan imbal hasil di masa mendatang.

Tujuan Diciptakannya Ethena USDe

Bukan tanpa tujuan Ethena USDe diciptakan karena stablecoin ini menjadi solusi native kripto agar tidak bergantung dengan infrastruktur sistem perbankan tradisional. Namun, menjadi instrumen tabungan berupa mata uang USD yang bisa diakses secara global bernama Internet Bond. Stablecoin USDe ini diharapkan bisa menjadi solusi pertama yang tahan akan sensor, terukur, dan stabil.

Dengan jaminan Ethereum bakal di-staking melalui lindung nilai alias hedging di beragam tempat. Nantinya stabilitas USDe dijamin melalui penggunaan posisi derivatif lindung nilai delta atas jaminan dari protokol ini. Ditambah dengan mekanisme arbitrase penerbitan serta penebusan. Selain itu, Internet Bond bakal menggabungkan imbal hasil yang didapat melalui staking Ethereum.

Dengan begitu, akan ada obligasi native kripto on-chain dengan fungsi layaknya instrumen tabungan dalam bentuk mata uang USD bagi pengguna yang diizinkan. Sederhananya, Internet Bond menjadi bagian dari infrastruktur yang membuat ekosistem Ethereum sebagai USD sintetis dengan imbal hasil pertama berasal dari kripto alias tidak bergantung dengan sistem perbankan.

Dukungan Sejumlah Investor Papan Atas

Berdasarkan data Total Value Locked alias TVL, Ethena USDe mencapai lebih dari USD 300 juta dengan memiliki lebih dari 4.460 pengguna. Selain itu, aset kolateral sebagai jaminan yang mendukung USDe, bahkan mencapai lebih dari USD 284 juta berupa stETH, WBETH, mETH, ETH, serta USDT.

Proyek stablecoin ini sendiri berhasil mencuri perhatian melalui Ethena Labs yang mengumumkan keberhasilannya mengumpulkan pendanaan mencapai USD 14 juta. Adapun pendanaan ini dipimpin oleh Dragonfly dan Arthur Hayes selaku pendiri dan mantan CEO crypto exchange BitMEX. Selain itu, stablecoin USDe ini juga didukung oleh sejumlah investor papan atas.

Mulai dari Brevan Howard Digital, Galaxy Digital, Franklin Templeton, Hashed, Nic Carter, hingga CIV. Ditambah dengan dukungan berkelanjutan oleh bursa exchange crypto meliputi Binance Labs, Bybit lewat Mirana Ventures, Deribit, Kraken Ventures, OKX Ventures, dan Gemini. Selain itu, ada juga sejumlah pelaku market canggih yang mendukung likuiditas untuk proyek Ethena.

Sebut saja Amber, Delphi Digital, Lightspeed Faction, Nascent, Wintermute, GSR, dan Manifold Trading. Sebelumnya Ethena USDe juga berhasil meraih pendanaan sebesar USD 6,5 juta pada Juli 2023 lalu yang menunjukkan ketertarikan cukup tinggi akan stablecoin baru ini.

Saat ini, harga Ethena USDe sendiri stabil di angka USD 1 per koin dengan kapitalisasi pasar mencapai USD 436 juta. Lalu, apakah Ethena USDe bisa menjadi pilihan tepat untuk mengamankan nilai dari aset yang kamu investasikan? Jika mengacu pada dukung sejumlah investor papan atas dan bursa pertukaran kripto ternama, tentu bisa dikatakan menjadi pilihan tepat.

Apalagi mengacu pada tujuan dirancangnya Ethena USDe untuk tidak bergantung pada sistem perbankan tradisional, maka proyek stablecoin USDe ini bisa menjadi pilihan untuk kamu investasikan. Terlepas dari kekhawatiran yang terjadi pada Terra USD yang mengalami kebangkrutan dan menyebabkan investor merugi hingga jutaan USD.

Oleh karena itu, penting untuk memilih aset kripto mana yang cocok dengan target investasi kamu khususnya jangka panjang. Jika tidak, dana yang kamu investasikan akan hilang begitu saja karena tidak adanya persiapan matang dalam berinvestasi di aset kripto. Selain itu, pastikan juga platform yang kamu gunakan untuk mendapatkan aset kripto sudah sangat aman dan kredibel.

Salah satu platform yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi Ajaib Kripto. Ajaib Kripto akan membantu siapapun yang ingin berinvestasi di aset kripto secara aman dan mudah. Ada banyak pilihan aset kripto yang menawarkan prospek menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan di masa depan. Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan target investasi.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait