Seputar Info

Apa Itu Spot Trading dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

Spot Trading

Dalam dunia crypto, aktivitas trading dilakukan dengan berapa cara. Salah satu cara yang banyak digunakan trader untuk memperdagangkan aset kripto adalah spot trading. Di mana, spot trading digunakan bagi trader yang ingin menyelesaikan proses transaksi secara cepat atau biasa disebut dengan istilah penyelesaian T+2.

Untuk trader pemula, istilah ini mungkin cukup asing namun tanpa disadari sudah melakukannya dalam pasar aset kripto. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan spot trading dan bagaimana cara menerapkannya? Daripada penasaran dengan pengertian spot trading, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Spot Trading

Pada dasarnya, spot trading adalah suatu aktivitas membeli atau menjual mata uang asing, instrumen investasi, hingga komoditas secara instan dengan waktu dan tanggal tertentu. Di mana, sebagian besar transaksi memiliki tanggal penyelesaian dengan ketentuan T+2 atau trade date plus 2 days. Hal ini berarti penyerahan aset antara pembeli dan penjual wajib diselesaikan dalam dua hari kerja setelah terjadinya transaksi. 

Di Indonesia sendiri sistem T+2 ditentukan oleh Bursa Efek Indonesia dengan tujuan mengejar perubahan harga yang terjadi secara cepat pada pasar spot. Salah satu contoh dari spot trading yang bisa dilihat yaitu pada New York Stock Exchange atau NYSE sebagai badan exchange saham terbesar di dunia yang ada di Amerika Serikat dengan trader melakukan aksi beli dan jual saham secara langsung pada saat itu juga.

Sementara untuk penerapan spot trading dalam crypto, tidak jauh berbeda karena perbedaan hanya ada pada aset yang diperdagangkan yaitu crypto. Selain itu, spot trading pada pasar saham membutuhkan waktu setidaknya 2 hari kerja sampai transaksi benar-benar selesai. Sedangkan spot trading pada crypto bisa dilakukan secara real-time alias hitungan detik karena pasar crypto memang berjalan selama 24 jam non stop untuk memberikan sisi fleksibilitas bagi setiap trader.

Cara Kerja Spot Trading dalam Crypto

Untuk memudahkan pemahaman mengenai spot trading, ada baiknya bagi kamu untuk mengetahui cara kerja dari spot trading. Di mana, cara trading ini bisa dilakukan dengan mudah yaitu cukup membeli aset kripto sesuai keinginan melalui suatu platform exchange. Setelah itu, simpan aset kripto selama beberapa waktu dan saat harganya naik, kamu bisa langsung menjualnya demi mendapatkan keuntungan. 

Di mana, nantinya trader bisa langsung menjual BTC dengan mencairkannya ke USDT maupun menggunakan USDT untuk membeli BTC.

Perbedaan Spot Trading dengan Futures

Selain spot trading, ada juga istilah futures yang dikenal dalam dunia trading. Di mana, futures trading menjadi salah satu cara yang digunakan oleh trader untuk meraih keuntungan. Futures trading dan spot trading sendiri dibedakan berdasarkan sejumlah hal di dalamnya seperti:

  • Leverage, yang tidak ada dalam spot trading sehingga trader hanya mendapatkan aset sesuai modal yang dikeluarkan. Sementara dalam futures, leverage berguna untuk trader dengan modal sedikit.
  • Fleksibilitas yang memungkinkan untuk menghasilkan keuntungan berdasarkan pergerakan harga, baik naik atau turun. Sedangkan spot trading akan menghasilkan keuntungan berdasarkan perbedaan harga beli maupun jual yang meningkat dari waktu ke waktu. 
  • Likuiditas pada future trading jauh lebih tinggi dibandingkan spot trading sehingga bermanfaat bagi trader yang melibatkan risiko kerugian lebih rendah dengan peluang keuntungan lebih tinggi.
  • Harga pada spot trading absolut dari aset dihitung dengan mengacu penawaran dan permintaan di pasar. Sementara untuk futures, harga aset akan ditambahkan biaya sepenuhnya bergantung saat transaksi ditutup. 

Perbedaan Spot Trading dengan Margin Trading

Selain futures, ada juga margin trading yang mirip spekulasi kinerja dari suatu aset dengan melibatkan proses jual beli aset kripto. Hanya saja, margin trading akan bergantung pada penggunaan dana pinjaman. Di mana, tujuannya untuk bisa memanfaatkan pergerakan harga dari aset dasar di masa depan lebih baik lagi.

Hanya saja yang harus diperhatikan adalah akun margin dapat membantu pengguna dalam meminjam dana ke pihak ketiga sehingga akan memiliki potensi menang maupun kehilangan jumlah modal jauh lebih tinggi berdasarkan leverage. Di mana, dana pinjaman berasal dari trader lain dengan memperoleh bunga melalui permintaan pasar sebagai dana margin.

Sementara itu, yang menjadi perbedaan antara spot trading dengan margin trading adalah penggunaan dana pinjaman untuk bisa melakukan trading. Di mana, volatilitas trader spot market dipertegas berdasarkan posisi leverage dari margin trading. Hal ini membuat investasi menjadi lebih kecil dan lebih berisiko mengacu pada biaya atau imbalan.

Selain itu, ada juga risiko potensial pada suku bunga per jam yang digunakan pada setiap transaksi. Jika tingkat margin berkurang, maka akan ada banyak jaminan yang harus diterapkan untuk suatu posisi maupun pengurangan leverage dan biaya margin bertambah secara cepat. Kondisi ini yang sering kali disebut margin call karena semakin tinggi rasionya, maka semakin cepat pula tingkat margin anjlok.

Keunggulan Spot Trading

Bukan tanpa kelebihan spot trading banyak digunakan oleh trader khususnya pemula karena cara ini terbilang yang paling mudah digunakan. Di mana, salah satu keunggulan dari penggunaan spot trading bagi pemula sendiri yaitu bisa membantu trader mengelola risiko secara tepat. Trader bisa melakukan konsep trading secara aman dan konsisten karena biaya yang ditetapkan berasal dari saldo milik trader. Selain itu, trader juga tidak bakal kehilangan dana lebih dari yang dimiliki pada akun.

Oleh karena itu, spot trading menjadi salah satu cara yang bisa digunakan bagi kamu untuk memulai trading. Di mana, dengan memahami langkah dan informasinya secara lengkap, kamu bisa menggunakan spot trading untuk hasilkan keuntungan khususnya bagi trader yang baru memulai trading di aset kripto.

Selain memilih cara atau strategi dalam trading secara tepat, kamu juga harus memilih platform yang aman dan mudah digunakan, salah satunya adalah Ajaib Kripto. Di mana, kamu bisa mendapatkan aset kripto secara aman dan mudah untuk instrumen investasi. Apalagi kamu bisa menganalisa sejumlah aset kripto yang memiliki potensi bagus di masa mendatang sebelum memilihnya.

Oleh karena itu, yuk download aplikasi Ajaib Kripto di smartphone kamu untuk mulai investasi di aset kripto dan hasilkan keuntungan, sekarang.

Baca Artikel Lainnya di Ajaib Kripto!

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi crypto online yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Artikel Terkait