Seputar Info

Tips dan Cara Membuat NFT di HP untuk Pemula Supaya Cuan!

Tips dan Cara Membuat NFT di HP untuk Pemula Supaya Cuan!

NFT menjadi topik yang cukup hangat dalam beberapa tahun terakhir, trend aset digital berbasis teknologi blockchain ini di Indonesia mencapai puncaknya ketika Ghozali membuat foto selfie dirinya menjadi bentuk konten NFT dan terjual dengan harga yang sangat fantastis. Setelah hal tersebut terjadi, banyak orang ingin mencoba dan mengikuti jejak dari Ghozali untuk menjual hasil karya aset digital mereka sendiri. Nah, pada artikel kali ini akan coba dijelaskan bagaimana memiliki aset digital yang satu ini terlebih bagaimana cara membuat NFT di HP dan cara mendapat cuan dari NFT.

Apa Itu NFT dan Bagaimana Cara Kerjanya?

NFT adalah bentuk aset digital yang menggunakan mekanisme tokenisasi berbasis teknologi blockchain, konten digital yang satu ini tidak dapat dipertukarkan secara langsung sebagai alat tukar transaksi utama, secara mendasar NFT menggunakan jenis pemrograman yang sama dengan mata uang kripto lainnya, yaitu didasarkan pada teknologi blockchain menggunakan struktur kontrak pintar. NFT tidak dapat ditukar ataupun diperdagangkan secara langsung dengan nilai setara.

Dibandingkan aset crypto lainnya, NFT memiliki sifat unik, hal yang membedakannya adalah aset crypto dapat dipertukarkan secara langsung dengan nilai setara pada suatu pertukaran. Sedangkan sifat dasar dari NFT adalah sama seperti barang pada umumnya, di mana hanya bisa ditukarkan dengan nilai tertentu pada suatu marketplace NFT.

Pada dasarnya, NFT adalah barang berbentuk fisik yang diubah menjadi aset digital dengan hak kepemilikan eksklusif. Dibandingkan barang fisik lainnya yang dapat dibuat versi palsunya, aset digital ini hanya dapat memiliki satu pemilik asli.

Setiap aset NFT memiliki data unik untuk memudahkan proses verifikasi kepemilikan suatu aset serta histori transfer antar pemilik sebelumnya. Pemilik ataupun pembuat juga dapat menyimpan informasi secara spesifik di dalamnya. Misalnya, seorang seniman dapat menandatangani karya seni mereka dengan menyertakan tanda tangan ataupun pengenal mereka di metadata.

Bagaimana Cara Membuat NFT di HP?

Terdapat banyak cara membuat NFT di HP pada sistem operasi IOS ataupun Android yang bisa dilakukan, namun sebagai bahan referensi ada 2 cara membuat gambar nft di hp ataupun bentuk konten lainnya secara lebih aman dan efektif, yaitu melalui aplikasi Opensea dan Enjin.

OpenSea

Platform Marketplace NFT Opensea - Opensea

Cara pertama adalah melalui platform OpenSea, ini adalah aplikasi marketplace NFT pertama di dunia dan membuatnya menjadi tempat bagi banyak kreator untuk menjual NFT serta menjadi platform favorit bagi para trader, investor dan kolektor yang akan membeli aset digital. OpenSea tidak hanya berperan sebagai platform pertukaran saja, tetapi OpenSea juga dapat menjadi platform yang dapat digunakan untuk membuat NFT sendiri.

Setiap orang bisa mendesain NFT mereka sendiri lalu menjualnya di platform OpenSea. Aplikasi ini menawarkan fitur berlimpah untuk para kreator membuat aset digital mereka dengan biaya lebih rendah dan keamanan yang terjamin. Untuk bisa membuat NFT di hp melalui marketplace Open Sea, kalian perlu menyiapkan beberapa hal, seperti dompet pribadi, konten akan diubah ke bentuk digital, koin untuk membayar biaya pembuatan NFT.

Langkah selanjutnya adalah mengupload konten digital pada platform, lalu bayarkan biaya yang diperlukan, tunggu beberapa saat dan konten kalian sudah menjadi bentuk aset digital yang bisa diperdagangkan pada marketplace NFT mereka. Aplikasi OpenSea dapat Anda unduh dan akses melalui Google Play Store ataupun App Store.

Apabila kalian bingung di mana tempat membeli koin untuk membayar fee tersebut, kalian bisa membelinya melalui aplikasi Ajaib Kripto yang terjamin keamanannya karena diawasi oleh Bappebti dengan biaya rendah serta harga yang kompetitif.

Enjin

Platform NFT Enjin - Enjin

Cara membuat NFT di hp yang kedua adalah melalui aplikasi Enjin. Ini adalah platform dompet aset kripto yang memungkinkan setiap orang untuk menyimpan aset konten digital mereka sendiri secara aman. Enjin juga menawarkan fitur untuk bisa membuat NFT di hp secara mudah. Di aplikasi ini kalian bisa membuat aset digital sekreatif mungkin melalui sistem operasi Android ataupun iOS dan kemudian menjualnya di marketplace NFT mereka.. 

Keunggulan dari aplikasi Enjin adalah mendukung banyak aset kripto yang bisa digunakan, seperti Ethereum, Matic, Cardano dan lainnya. Hal ini memberikan keuntungan bagi semua pihak karena memudahkan calon pembeli untuk membeli NFT yang kalian buat sebelumnya. Aplikasi ini dapat diunduh secara mudah melalui Google Play Store dan App Store.

Apakah Membuat dan Menjual NFT Sendiri itu Menguntungkan?

Apabila kalian seorang kreator atau memiliki konten bernilai yang bisa ditawarkan untuk dijual pada marketplace NFT tentu saja bisa mendatangkan keuntungan! Saat ini sudah banyak kolektor yang melirik pasar aset digital ini untuk membeli berbagai konten yang mereka inginkan dan bukan tidak mungkin aset NFT kalian menjadi pilihan mereka.

Saat ini sudah banyak sekali cara membuat NFT di hp yang bisa kalian ikuti dan tidak ada salahnya untuk mencobanya bukan? Kalian hanya perlu menyiapkan konten terbaik yang kalian buat dan miliki serta sedikit biaya untuk dapat menjual aset digital kalian sendiri melalui berbagai platform marketplace NFT di luar sana.

Tips Dapat Cuan Dari NFT

Untuk mendapatkan cuan dari NFT hal yang perlu kalian lakukan sebenarnya cukup mudah, pastikan hanya menawarkan konten yang bernilai untuk dijual. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menawarkan aset digital kalian melalui berbagai forum crypto, seperti Bitcointalk, Reddit dan lainnya, jangan jual dengan harga yang terlalu tinggi karena kalian perlu membangun reputasi terlebih dahulu, ini adalah satu faktor penting untuk dapat dilirik oleh para kolektor, trader ataupun investor.

Tips lainnya yang bisa kalian lakukan adalah menawarkannya melalui sosial media dengan komunitas crypto yang besar, seperti Twitter ataupun Facebook.

Artikel Terkait