Seputar Info

Ini Daftar Artis dan Orang Tajir yang Disemayamkan di San Diego Hills

san-diego-hills

Kematian merupakan hal yang paling sensitif untuk dibahas bagi sebagian orang. Namun, setiap orang harus mempersiapkan hal itu karena mutlak akan terjadi.

Salah satunya dengan memilih pemakaman bagi seseorang bila waktu kematian telah tiba. Terlebih di berbagai kota besar, kawasan pemakaman semakin terbatas dan sulit untuk ditemukan.

Di sisi lain, tempat peristirahatan terakhir ini, identik dengan suasana yang seram dan tidak begitu terawat. Namun jangan salah sangka, kini terdapat beberapa kawasan pemakaman elite di Indonesia.

Salah satunya, San Diego Hills dengan harga hingga mencapai lebih dari Rp6 miliar. Meski harganya bombastis, kebanyakan tanah pemakaman ini sudah ludes dibeli, terutama oleh artis dan orang tajir.

Ini Daftar Artis yang Disemayamkan di San Diego Hills

Merujuk situs resmi San Diego Hills terdapat beberapa artis maupun keluarga artis yang dimakamkan di kawasan San Diego Hills. Berikut daftarnya:

1. Ashraf Sinclair

Ashraf Sinclair adalah salah satu artis yang dimakamkan di kawasan elite ini. Suami dari artis Bunga Citra Lestari ini meninggal dunia akibat serangan jantung pada Selasa dini hari, 18 Februari 2020. Ashraf dikuburkan di area pemakaman Islam San Diego Hills, tepatnya di Mansion Al Majid.

2. Raymond Hartanto (Adik Boy William)

Raymond Hartanto merupakan adik dari artis, presenter, dan juga youtuber Boy William. Raymond mengalami kecelakaan tunggal pada saat mengendarai motornya di Jalan Kaliurang, Yogyakarta pada September 2019.

Anak kedua dari pasangan Hartono Hartanto dan Yulianti Lizuardi ini dikuburkan di area pemakaman San Diego Hills Kristen.

3. Ferry Wijaya (Suami Ririn Ekawati)

Ferry Wijaya merupakan suami dari pemain sinetron dan bintang film Ririn Ekawati. Ferry meninggal dunia karena menderita penyakit leukemia kronis, pada Juni 2017. Ia dikuburkan di San Diego Hills Memorial Park.

4. Olivia Dewi

Olivia Dewi merupakan model sampul majalah berusia 17 tahun. Ia meninggal dunia akibat kecelakan mobil di depan Gedung Sentana, Sudirman, Jakarta Pusat.

Kejadian nahas ini mengakibatkan mobil yang dikendarai Olivia Dewi terbakar dan meledak di lokasi kejadian. Olivia meninggal dunia akibat luka bakar serius. Ia dikuburkan di kawasan San Diego Hills pada 12 Maret 2012.

5. Oka Mahendra Putra

Oka merupakan CEO Takis Entertainment sekaligus mantan kekasih dan manager selebgram Awkarin. Oka meninggal pada 18 Juli 2017. Ia disemayamkan di mansion Al Majid yang ada di komplek pemakaman Islam San Diego Hills.

6. Hertadi (Ayah Olga Lydia)

Hertadi merupakan ayah dari Olga Lydia. Ia meninggal karena penyakit pneumonia alias infeksi paru-paru. Ia tutup usia di umur 84 tahun pada 16 Oktober 2019.

7. Josephine Mekel Cambey (Ibu Once)

Josephine Mekel Cambey merupakan ibunda dari penyanyi Elfonda Mekel alias Once, mantan vokalis Dewa 19. Ia tutup usia di umur 80 tahun pada 26 Juni 2020.

8. Raditya Oloan (Suami Joanna Alexandra)

Raditya Oloan Immanuel Panggabean merupakan suami artis Joanna Alexandra yang meninggal dunia pada 6 Mei 2021. Ia tutup usia karena infeksi bakteri dan badai sitokin yang dideritanya setelah sembuh dari serangan Covid-19.

Jenazah Radit dikuburkan di area Mansion Gentleness pada kawasan pemakaman San Diego Hills Kristen.

9. Lucky Sondakh (Ayah Angelina Sondakh)

Lucky Sondakh merupakan ayah dari artis dan politisi Angelina Sondakh. Lucky juga pernah menjadi sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2000 – 2002.

Lucky Sondakh dikuburkan pada hari Minggu tanggal 30 Oktober 2022 di Mount Sinai Mansion, salah satu area makam San Diego Hills Kristen.

10. Henny Manopo Lugue (Ibu Amanda Manopo)

Henny Manopo merupakan ibunda artis Amanda Manopo. Ia meninggal dunia setelah melewati masa kritis karena komorbid diabetes yang dideritanya saat terinfeksi Covid-19. 

Ia dikuburkan di Mansion Emerald View dengan protokol pemakaman Covid di San Diego Hills.

Tokoh Nasional yang Dimakamkan di San Diego Hills

1. Ronny Pattinasarany

Ronny Pattinasarany merupakan legenda sepak bola Indonesia. Dia pernah menjadi gelandang serang andalan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia pada era 70-an hingga awal 80-an. Ia memulai kariernya sebagai pemain sepak bola profesional Persatuan Sepak Bola Makassar atau PSM Makassar.

Ronny yang pernah terpilih sebagai pemain Asia All Star pada 1982 ini meninggal dunia pada 19 September 2008. Ia telah berjuang melawan kanker hati dan dikuburkan di blok pahlawan, San Diego Hills.

2. Endang Rahayu Sedyaningsih

Endang Rahayu Sedyaningsih merupakan Menteri Kesehatan Republik Indonesia ke-18. Ia menjabat pada periode kedua Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009-2012.

Wanita yang juga sempat berkarier di WHO ini meninggal pada 2 Mei 2012 setelah melawan kanker paru stadium 4.  Ia dikuburkan di blok pahlawan di San Diego Hills.

3. Rachmat Saleh

Rachmat Saleh merupakan mantan Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Perdagangan RI ke-21 pada 1973-1983. Ia juga tercatat sebagai salah satu tokoh yang berperan dalam perkembangan pembangunan nasional pada masa Orde Baru. Ia sukses menjalankan strategi ekspor migas pada tahun 1980-an.

Tidak hanya itu, pada masa Rachmat menjadi Menteri Perdagangan, ia memiliki perang penting dalam upaya Indonesia mencapai swasembada beras pada tahun 1984. Beliau meninggal pada 11 Februari 2018 dan dikuburkan di San Diego Hills.

5. Jenderal TNI (HOR) Purn. Hari Sabarno

Hari Sabarno adalah mantan Menteri Dalam Negeri pada era Presiden Megawati Soekarnoputri. Hari merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) Magelang tahun 1967.

Ia memiliki karier yang strategis di tubuh TNI, misalnya Wakil Kepala Staf Sosial Politik (Wakasospol) ABRI pada tahun 1993-1994.  Ia meninggal dunia pada 31 Mei 2019 dan dikuburkan di San Diego Hills.

6. Johannes Oentoro

Johannes Oentoro merupakan pendiri Yayasan Pelita Harapan. Ia juga menjadi rektor pertama Universitas Pelita Harapan.

Semasa hidupnya, beliau juga cukup aktif mengikuti setiap acara yang berhubungan dengan kegiatan gereja dan juga kemanusiaan. Ia meninggal dunia pada 27 April 20211 dan dikuburkan di San Diego Hills.

7. Arswendo Atmowiloto

Arswendo Atmowiloto merupakan  sastrawan dan wartawan di berbagai surat kabar dan majalah di tanah air. Ia sempat memiliki jenjang karier sebagai wartawan Kompas dan pemimpin redaksi di majalah Hai, Monitor, dan Senang.

Selain daftar di atas, juga ada beberapa pengusaha dimakamkan di San Diego Hills. Mulai dari Michael Ruslim yang merupakan Presiden Direktur Astra International. Lalu ada William Soerjadjaja yang merupakan Pendiri Astra International, dan Pendiri PT Sinar Sosro, Soetjipto Sosrodjojo. 

Tak sampai di situ, ada juga Sudwikatmono juga dimakamkan di sana. Sudwikatmono merupakan sepupu Presiden Soeharto. Ia dikenal sebagai pendiri dan mantan pemilik PT Bank Surya, dan aktif sebagai komisaris di berbagai perusahaan seperti PT Bogasari Flour Mills, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan PT Indika Entertainment

Konsep San Diego Hills

Merujuk laman resminya, San Diego Hill Memorial Parks and Funeral Homes adalah merupakan kawasan pemakaman seluas 500 hektare yang dikembangkan oleh PT Lippo Karawaci Tbk dengan menawarkan fasilitas yang lengkap. Terdapat danau seluas 8 hektare, kapel, musala, dan restoran Italia.

Tak sampai di situ, kawasan ini juga memiliki jogging track, kolam renang, florist and gift shop, padang rumput asri untuk kegiatan luar ruangan, hingga gedung serba guna berkapasitas 250 orang.

Adapun lokasi kawasan pemakaman ini terletak di Karawang Barat, Jawa Barat. Lippo Karawaci memandang San Diego Hills sebagai tempat pemakaman yang indah dan nyaman untuk mengenang orang-orang yang disayangi.

Saat ini sudah lebih dari 95.000 unit makam di San Diego Hills terjual. Namun, yang sudah terisi baru 11.000-an makam. Ini menunjukkan, minat masyarakat untuk mempersiapkan pemakaman saat tinggi.

Harga Pemakaman San Diego Hills

Pengelola San Diego Hills memberikan banyak pilihan tipe makam. Sehingga,  harga dari setiap makam berbeda tergantung  tipe dan luas makam.

Selain itu, harga pemakaman San Diego Hills juga tergantung lokasi atau mansion yang sedang ditawarkan. Masing-masing mansion biasanya memiliki pilihan tipe makam yang berbeda-beda.

Merujuk situs resmi San Diego Hills, terdapat lima tipe pemakaman. Setiap tipe ini akan dibagi lagi menjadi beberapa mansion di setiap nuansa atau area yang ditawarkan.

Berikut harga makam San Diego Hills per November 2022. Ingat harga ini bisa saja berubah.

1. Tipe Single

Terdapat biaya pemesanan atau booking fee dari Rp5 juta setiap unit.

–       Area universal terdapat lima mansion dengan harga paling murah mulai dari Rp67,81 juta hingga Rp82,50 juta untuk single burial. Sedangkan untuk paket pasangan mulai dari Rp123,30 juta sampai Rp150 juta. Luasnya 1,1 x 2,6. Terdapat dua mansion yang sudah terjual habis alias sold out.

–       Area Islam terdapat enam mansion dengan harga paling murah Rp62,86 juta hingga Rp147 juta untuk luas makam 1,5 x 2,6.

–       Area Chinese memiliki empat mansion. Adapun harga yang ditawarkan mulai dari Rp92,56 juta sampai Rp187 juta untuk luas 1,5 x 3. Lalu Rp123 juta sampai Rp250 juta untuk luas 1,5x 2,6.

2. Tipe Semi Private

Tipe ini dengan 1 kavling bisa berisi 2 slot makam berdampingan. Antar makam dibatasi tembok atau tanaman pada bagian kiri dan kanan lahan. Booking fee tipe ini sebesar Rp15 juta per unit. 

–       Area universal terdiri dari empat mansion dengan harga mulai dari Rp458,86 juta sampai Rp525,25 juta. Satu dari empat mansion ini sudah sold out.

–       Area Islam terdiri dari tiga mansion dengan harga mulai dari Rp383,62 juta sampai Rp426,25 juta. Dua dari tiga mansion yang tersedia sudah sold out.

–       Area Chinese memiliki lima jenis mansion, tiga di antaranya sudah sold out. Harga makam di area ini mulai dari Rp482,13 juta sampai Rp615,45 juta.

3. Tipe Private Estate

Kapasitas lahan untuk 4, 6, atau 8 orang karena memiliki ukuran variasi mulai dari 23 hingga 91 meter persegi. Terdapat pembatas tembok di sekeliling lahan setinggi 45 cm. Biaya pemesanan Rp30 juta per unit.

–       Area universal punya dua mansion dengan harga mulai dari Rp916,74 juta hingga Rp1,47 miliar.

–       Area Islam dengan harga mulai dari Rp2,98 miliar hingga Rp3,31 miliar.

–       Area Chinese terdapat empat mansion, dua di antaranya sudah sold out. Harga untuk tipe ini mulai dari Rp1,1 miliar hingga Rp2,86 miliar.

4. Peak Estate

Tipe ini paling mahal di kawasan San Diego Hills dan paling eksklusif karena berada di puncak bukit. Manajemen memperbolehkan mendirikan bagunan berupa gazebo atau memodifikasi malam dengan memasang keramik pada makam, menanam pohon, dan menaruh patung. Biaya pemesanan Rp170 juta.

–       Area universal memiliki empat mansion yang sudah sold out semua. Adapun rentang harganya mulai dari Rp4 miliar hingga Rp6,5 miliar.

–       Area Chinese punya empat mansion, dan tiga di antaranya sudah sold out. Tersisa satu mansion dengan harga Rp4,25 miliar bisa dibayar tunai dan Rp4,73 miliar bila dicicil.

5. Tipe Paviliun

Tipe ini menawarkan makam 1 kavling yang berisi 2 orang berdampingan (berpasangan). Tipe ini Lebih private dengan bangunan.

Namun tipe ini hanya tersedia di mansion Cherry Blossom Mansion yang ada pada nuansa Chinese. Adapun tipe ini memiliki luas 64 meter persegi dengan harga Rp2,92 miliar ditambah biaya pemesanan Rp125 juta.

Itulah seluk beluk beserta harga pemakaman San Diego Hills. Menyiapkan tempat peristirahat terakhir bagi orang tersayang maupun diri sendiri kini bisa dilakukan. Namun, tetap harus memperhatikan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait