Seputar Info

Syarat, Cara, dan Biaya Balik Nama Motor dari Luar Daerah

biaya-balik-nama-motor

Tak sedikit orang yang enggan mengubah nama pemilik kendaraan roda dua karena menganggap mahalnya biaya balik nama motor. Belum lagi ditambah banyaknya prosedur yang harus dilakukan.

Lamanya proses pun seringkali menjadi alasan utama orang bertahan dengan nama pemilik sebelumnya. Meskipun cukup membuat ribet terutama ketika akan membayar pajak tahunan.

Di mana kamu harus meminjam KTP yang sesuai dengan STNK. Bukan masalah jika lokasinya dekat. Namun bagaimana jika jauh atau membeli motor dengan pelat luar kota. Makanya banyak yang memiliki kendaraan, tetapi pajaknya mati. Itu dikarenakan ribet dan mahalnya aturan yang ditetapkan. Padahal asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar.

Nah, penasaran sebenarnya berapa biaya balik nama motor serta prosedur yang diterapkan apakah memang seperti dugaan kebanyakan orang atau tidak. Simak ulasan selanjutnya di bawah.

Syarat Balik Nama Motor

Jika dulu kamu memerlukan KTP pemilik lama untuk balik nama motor, maka sekarang cukup dengan identitas pembeli. Gunakan saja KTP yang akan tertera di STNK.

Selain itu, terdapat dokumen lain yang harus dipersiapkan. Berikut syarat balik nama motor yang harus kamu bawa.

  • Identitas diri pemilik baru.
  • BPKB asli.
  • STNK asli.
  • Kuitansi jual-beli dengan materai 10 ribu.
  • Berkas cek fisik motor.

Silakan fotokopi seluruh berkas 2 rangkap. Perlu diketahui juga, syarat tersebut hanya berlaku untuk proses awal karena kamu membutuhkan dokumen lain setelahnya. Setiap pengajuan terdapat dokumen baru yang harus disertakan.

Biaya Balik Nama Motor

Sesuai dengan judul, artikel ini akan membahas berapa biaya balik nama motor jika berbeda daerah. Karena proses balik nama kendaraan roda dua luar kota tentunya berbeda.

Yang mana kamu harus melakukan mutasi keluar terlebih dahulu di Samsat tempat kendaraan terdaftar. Jika sudah, barulah bisa menaruh berkas ke Samsat tempat kendaraan akan didaftarkan.

Pada proses mutasi keluar, kamu mungkin akan mengalami kendala apabila motor yang terdaftar berada di luar kota. Mengapa? Karena motor yang akan dibalik nama harus mendatangi Samsat tempat kendaraan dibeli.

Untuk mengetahui total biaya balik nama motor, berikut rincian terkait apa saja yang harus dibayarkan sesuai prosedurnya.

1. Biaya Mutasi Keluar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk balik nama motor luar daerah, maka dibutuhkan mutasi keluar. Di mana mutasi keluar termasuk ke dalam biaya balik nama motor karena terdapat biaya yang perlu dibayarkan.

Biaya tersebut antara lain BPKB Rp150.000 dan Jasa Raharja Rp35.000. Jika ada tunggakan, maka pembayaran dilakukan di sini.

2. Biaya Balik Nama

Selanjutnya biaya balik nama motor sesuai lokasi tinggal dengan membawa dokumen mutasi keluar. Adapun rinciannya sebagai berikut.

  • BPKB Rp225.000
  • Balik nama Rp102.000.
  • Pajak tergantung tipe, jenis, dan tahun keluar motor.
  • STNK dan Plat Rp160.000.
  • Jasa Raharja 35.000

Cara Balik Nama Motor

Setelah mengetahui biaya balik nama motor, hal penting yang perlu kamu ketahui adalah caranya. Pemahaman ini akan sangat membantu supaya kamu tidak melakukan kesalahan. Karena tindakan yang salah selain akan menambah biaya pun akan menguras tenaga.

Tentu kamu tidak ingin mengalaminya. Oleh karena itu, berikut cara balik nama motor yang benar.

1. Siapkan Semua Dokumen dan Datangi Kantor Samsat Tujuan

Selain mempersiapkan biaya balik nama motor, kamu harus menyiapkan dokumen sebagai syarat balik nama seperti yang sudah dijelaskan. Selanjutnya, bawalah seluruh dokumen ke kantor Samsat di mana tempat kendaraan akan didaftarkan.

Setelah itu, kamu akan melakukan cek fisik motor dan mendapatkan berkas. Tunggu verifikasi data, lalu datangi Samsat tempat kendaraan terdaftar untuk melakukan mutasi keluar.

2. Pengesahan Cek Fisik Kendaraan ke Samsat Asal

Pengesahan cek fisik kendaraan dilakukan di Samsat terdaftar. Jadi, sebelum memasukkan berkas ke counter pendaftaran, kamu harus mengantre dengan nomor untuk meminta pengesahan dokumen.

Langkah setelahnya, fotokopi 4 rangkap untuk seluruh dokumen yang ada. Masukkan data lengkap untuk mutasi dengan biaya Rp150 ribu. Nantinya kamu akan mendapatkan kertas pengambilan berkas paling lambat 1 bulan.

Pada waktu yang telah ditentukan, ambil berkas sekaligus melakukan pembayaran lain seperti Jasa Raharja, denda balik nama, dan pajak tunggakan. Tips supaya tidak dikenai denda balik nama yakni buatlah kuitansi dengan hitungan sebelum 30 hari dari tanggal pengajuan.

3. Lakukan Pendaftaran Balik Nama Motor ke Polres Tujuan

Semua dokumen mutasi keluar harus kamu bawa ke Polres tujuan. Silakan langsung ke layanan BPKB untuk memasukkan berkas. Tunggu sampai dipanggil dan lakukan pembayaran. Kamu akan diminta lagi untuk menunggu selama 1 pekan guna kroscek berkas.

Datang lagi sesuai waktu yang ditentukan. Kamu harus menyerahkan kertas pengambilan, lalu semua berkas akan dikembalikan untuk di fotokopi. Silakan lakukan dengan jumlah masing-masing 2 rangkap.

Kemudian mintalah formulir pengajuan STNK baru ke loket pendaftaran pertama mengajukan cek fisik. Isilah beberapa kolom sesuai yang diminta. Tanyakan sebelumnya kepada petugas mana saja yang perlu diisi supaya tidak salah. Apabila sudah selesai, taruh data tersebut ke loket yang dianjurkan petugas.

4. Pembayaran STNK dan Jasa Raharja di Samsat Tujuan

Pada proses selanjutnya, kamu akan menunggu data diperiksa setidaknya selama 1 jam. Jika sudah selesai, maka proses setelahnya cukup memakan waktu 15 menit saja. Silakan tunggu untuk pembayaran pajak dan lain sebagainya. Sebelum akhirnya dapat mengambil STNK di loket khusus.

5. Pengambilan Pelat Baru di Samsat

Untuk pengambilan pelat, STNK baru harus kamu fotokopi terlebih dahulu sebanyak 1 rangkap. Setelahnya, taruh berkas di tempat yang telah disediakan. Sekitar 15 menit, pelat baru akan selesai dan bisa kamu bawa pulang.

6. Pengambilan BPKB di Polres

Jarak antara pengambilan STNK dan pelat dengan BPKB sekitar 1 bulan lebih. Kamu hanya diberikan kertas pengambilan yang tidak boleh hilang beserta informasi tanggal pengambilan. Pada proses ini, maka balik nama selesai. Kamu sekarang bisa membayar pajak dengan KTP sendiri.

Itulah informasi biaya balik nama motor yang mana tidak begitu mahal. Terlebih lagi saat pemutihan pajak dan denda keterlambatan balik nama.

Jangan sekalipun menggunakan jasa calo karena harganya sudah pasti lebih mahal meski prosesnya tergolong cepat. Namun biasakan melakukan sesuai prosedur supaya tidak menyalahi aturan. Mari budayakan cara yang baik dan benar.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait