Seputar Info

Phising Adalah Tindakan Kriminal, Begini Cara Mencegahnya!

phising-adalah

Phising adalah tindakan kejahatan yang marak terjadi di dunia maya. Kejahatan ini biasanya akan memancing target untuk masuk ke suatu website. Jika terjadi, maka seluruh data korban bisa diperoleh, seperti nama, alamat lengkap, hingga akses masuk ke mobile banking.

Hal ini tentu saja merugikan. Selain kehilangan uang, terkadang data yang dicuri digunakan untuk sesuatu. Misal mengajukan pinjaman, shopping online, dan masih banyak lainnya. Apalagi proses tersebut sekarang dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan jaringan internet.

Bahkan tak sedikit yang memilih menyimpan uang di ponsel genggam secara keseluruhan. Baik dompet digital, bank, dan E-wallet. Sehingga sangat rentan terjadinya pencurian jika tidak waspada.

Sebenarnya apa itu phising, bagaimana cara mencegahnya, dan sebagainya. Berikut ulasan lengkapnya.

Apa Itu Phising?

Bisa dibilang phising adalah suatu upaya seseorang untuk mencuri data orang lain, tetapi tanpa disadari. Target biasanya tidak akan pernah tahu bagaimana orang tersebut mampu mendapatkan seluruh identitas penting miliknya.

Hal tersebut karena sistem pencurian termasuk aktivitas yang kerap dilakukan pengguna ketika mengakses internet seperti membuka tautan. Iming-iming yang diberikan agar orang penasaran yakni link terkait gosip yang tengah viral, diskon, serta undian dari perusahaan atau instansi pemerintah.

Sekalipun sudah waspada, terkadang pancingan tersebut membuat lupa saking menggiurkannya. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak mudah penasaran terhadap sesuatu yang baru didapatkan.

Phising adalah tindakan yang merugikan. Karena jika data seperti nama, alamat tinggal, username sampai kata sandi dicuri, maka akan sangat sulit dipulihkan atau dicegah. Bahkan pihak bank pun enggan bertanggung jawab akibat kesalahan diri.

Ciri-Ciri Phising yang Wajib Kamu Tahu

Jenis phising cukup banyak di seluruh dunia. Ada Email, Whaling, Spear, Smishing dan Web. Setiap jenis akan dipilih berdasarkan target yang dituju. Seperti Whaling di mana targetnya bukanlah individu melainkan sebuah instansi besar baik pemerintah maupun perusahaan.

Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan uang. Karena nantinya oknum akan meminta tebusan agar akses web atau lainnya bisa dikembalikan.

Phising adalah salah satu cyber crime yang banyak terjadi. Bahkan berdasarkan data, 32 persen kasus kehilangan data pribadi disebabkan oleh phising. Lebih parahnya lagi, sudah ada sekitar 166 ribu web yang disiapkan untuk melakukan tindakan pencurian ini.

Nah, supaya kamu tidak menjadi korban, penting sekali untuk memahami bagaimana ciri-ciri phising.

1. Tautan URL dalam Email Terlalu Singkat dan Asing

Untuk melihat apakah tautan tersebut berasal dari sumber yang aman atau tidak, maka silakan cek karakternya. Karakter dari email phising adalah sekitar 5 atau maksimal 8. Alasannya karena link panjang umumnya mempunyai proteksi yang kuat dan tepercaya.

Tidak hanya itu, sebelum menyertakan link, biasanya terdapat tulisan panjang yang menjadi daya tarik seperti hadiah, promo, bantuan, dan sebagainya. Di bawahnya barulah tercantum link untuk diakses. Tentu saja dengan alamat URL yang tidak jelas.

2. Alamat Email Tidak Dikenal

Ciri phising lainnya yakni alamat email pengirim pesan tidak jelas. Jika biasanya kamu mengetahui Email menggunakan Gmail atau Yahoo, maka untuk phising tidak memakai keduanya. Biasanya setelah @ akan berakhiran dengan ho.es, xxx.cg, dan lainnya.

Selain melihat isi email, ketelitian terkait alamat Email juga penting. Apabila menemukannya, segeralah untuk memblokir atau mengabaikan semua instruksinya.

3. Ejaan atau Tata Bahasa Buruk

Salah satu ciri paling kentara dari phising adalah tata bahasa yang kacau. Kebanyakan memakai bahasa asing yang entah sesuai pedoman atau tidak. Jangan sekalipun penasaran jika mendapatkan email atau pesan dengan bahasa amburadul tersebut. Karena bisa jadi itu phising.

4. Template Website Mirip Situs Resmi

Untuk mengelabui korban, website yang digunakan phising pasti memakai template menyerupai sebuah instansi tepercaya. Apabila kamu jeli, domain yang digunakan situs kebanyakan tidak resmi seperti .com, co.id, dan semacamnya.

Karena alamat situs perusahaan atau instansi pasti menggunakan domain tepercaya. Tidak mungkin memakai blogspot apalagi wordpress di ujungnya.

5. Website Mengeluarkan Peringatan Saat Diklik

Seiring berkembangnya teknologi dan banyaknya cyber crime, pemilik browser membuat pengaman untuk mendeteksi situs yang mencurigakan. Meski tanpa pengaturan, ketika kamu menekan link yang berbahaya, maka mesin pencarian akan memberikan peringatan.

Kamu bisa melanjutkan atau kembali supaya tetap aman. Jika demikian, pastikan untuk segera menutup website dan menghapus seluruh riwayat pencarian. Bila perlu, blokir pengirim kalau tidak kenal.

Tips Menghindari Phising

Karena phising adalah hal yang berbahaya dan merugikan, maka kamu harus mencegahnya sebelum menjadi korban. Ada banyak tips menghindari phising yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Berikut tips pentingnya.

1. Tidak Mudah Tergiur dengan Sesuatu

Entah dunia maya maupun dunia nyata, sifat kehati-hatian memang sangat diperlukan. Jangan mudah tergoda oleh sesuatu yang bisa diperoleh secara instan. Terlebih hasilnya besar, tetapi sumbernya tidak masuk akal seperti kasus yang banyak terjadi belakangan.

Apabila mendapatkan pesan, telepon, atau Email dari orang yang tidak dikenal apalagi kurang jelas, silakan abaikan. Sekalipun menawarkan hadiah menarik, jangan sampai mengikuti instruksi yang diminta.

2. Gunakan Browser versi Baru dan Akses Web dengan SSL

Pihak developer biasanya sering melakukan update guna memperbaiki atau meningkatkan sistem keamanan. Oleh karena itu, setting pengaturan ponsel untuk memberi notifikasi setiap kali terdapat pembaruan. Bisa juga melakukan pengaturan update otomatis.

Selain daripada itu, mengakses web dengan SSL pun tak kalah penting. Sebab bisa membedakan mana situs aman atau tidak. Kamu bisa mengaturnya melalui menu setting. Ciri paling mencolok dari website resmi dan aman yakni terdapat gembok yang terkunci. Letaknya di sebelah kiri sebelum tautan URL.

3. Periksa Keamanan Ponsel

Salah satu tindakan yang jarang dilakukan pemilik ponsel adalah memeriksa keamanan. Padahal hal yang terbilang penting dan harus dilakukan. Apalagi menyimpan banyak data rahasia yang harus dijaga.

Phising adalah suatu kejahatan dunia maya yang sulit dicegah kecuali diri sendiri yang mengantisipasinya. Sebenarnya ada banyak langkah lain yang dapat dilakukan guna menghindari phising. Seperti memasang aplikasi khusus, mengubah pengaturan keamanan secara ketat, memeriksa segala informasi yang masuk, dan berbagai trik lainnya.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait