Seputar Info

Siap Berwirausaha? Tiru 10 Karakteristik Wirausaha Agar Sukses

karakteristik-wirausaha

Menjadi pebisnis memang pekerjaan yang sangat menguntungkan. Apalagi jumlah bisnis yang bisa dikerjakan sangat banyak salah satunya ialah menjadi wirausaha. Jadi profesi itu tidak semata menjadi pegawai negeri saja yang gajinya statis. Pekerja nonpegawai pun ada dengan pendapatan yang tentunya besar dan dinamis.

Konsep dasar kewirausahaan atau entrepreneurship menunjukkan perilaku ekonomi yang mengelola risiko bisnis dengan mengharap keuntungan. Kegiatan wirausaha sendiri sangat luas, tapi dalam pengertian paling sederhana bisa dimaknai sebagai sebuah aktivitas untuk meraih keuntungan sebesar mungkin dengan meminimalisir segala risiko yang timbul.

Namun, bagaimana dengan pelakunya sendiri? Seperti apa karakteristik wirausaha yang wajib dimiliki pengusaha?

Mengenal Wirausaha

Wirausaha diserap dari dua kata yaitu “wira” dan “usaha”. Wira memiliki makna sendiri atau mandiri sedangkan usaha adalah pekerjaan. Nah, dari penggabungan dua istilah ini bisa disimpulkan secara umum kalau wirausaha adalah pekerjaan yang dikelola sendiri. Tentunya pengertian ini masih terlalu sederhana untuk mencerminkan apa sesungguhnya wirausaha.

Pengertian wirausaha adalah sebuah profesi yang mana si pelaku usaha akan mengelola sebuah produk buatannya secara mandiri. Artinya dia juga yang mengatur manajemen usaha, mengelola keuangan, menentukan margin keuntungan dan selainnya. Termasuk dia juga yang menentukan siapa yang akan dijadikan tenaga kerja di usahanya tersebut.

Karakteristik Kewirausahaan yang Patut Anda Tiru

Karakteristik wirausaha berhubungan dengan beberapa sifat dan tindakan yang membantu seorang wirausahawan untuk mewujudkan tujuannya dalam dunia usaha.

Karakteristik tersebut tidak harus melekat kepada wirausahawan saat ia melakukan kegiatan usaha, tapi bisa juga saat menjalankan kesehariannya. Berikut adalah beberapa contoh karakteristik kewirausahaan yang wajib dimiliki seorang pengusaha.

1. Jiwa Kepemimpinan yang Kuat

Saat memutuskan untuk berwirausaha, kamu harus memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) yang baik. Sebab, dalam menjalankan kegiatan wirausaha, pengusaha dituntut untuk mampu mengontrol dan mengerjakan berbagai aspek manajerial bisnis. Mulai dari segi sumber daya manusia (SDM), pengelolaan bahan baku, pemeliharaan alat produksi, hingga strategi marketingsemua harus bisa dikendalikan oleh pengusaha.

Selain memimpin bisnis yang kamu miliki, seorang wirausahawan terbaik adalah mampu memimpin diri sendiri. Tidak mudah menyerah, disiplin, tidak gegabah dalam pengambilan keputusan, serta mampu mengayomi setiap karyawan dengan baik adalah contoh wirausahawan yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

2. Jangan Minder!

Karakteristik lain yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah percaya diri. Dengan bersikap percaya diri, pengusaha tidak akan merasa ragu terhadap gagasannya sendiri. Mereka yakin dengan kemampuan berpikirnya sudah melalui proses perhitungan serta kematangan riset.

Wirausahawan yang baik juga tidak mudah merasa minder, bahkan kepada orang-orang yang lebih sukses. Rasa percaya diri juga membuat seorang wirausahawan selalu bersikap optimistis dalam menghadapi berbagai risiko.

3. Tidak Takut Berinovasi dan Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Dari yang mulanya tidak ada, menjadi ada dan bisa dirasakan keberadaannya. Sedangkan sikap inovatif merupakan sebuah kemampuan untuk bisa melahirkan temuan baru melalui serangkaian proses yang melibatkan pikiran, keterampilan, dan pengalaman.

Dengan adanya karakteristik tersebut, maka wirausahawan akan selalu tergerak untuk mengembangkan produk yang mereka jual. Jadi, usaha yang dijalankan pun bisa tetap bertahan dan tidak kalah saing apa pun kondisinya.

4. Jujur dan Disiplin

Dalam menjalankan bisnis, karakteristik wirausaha yang baik juga harus memiliki sifat jujur dan disiplin. Mengapa jujur dan disiplin penting bagi seorang wirausahawan? Sikap jujur dan disiplin ini sangat dibutuhkan dalam hubungan antara pengusaha dan pihak lain yang terkait dengan kegiatan usaha, misalnya klien, karyawan, dan konsumen.

Pengusaha yang bersikap jujur akan mudah mendapatkan kepercayaan dari rekan bisnis maupun konsumennya. Sementara itu, sikap disiplin menunjukkan upaya wirausahawan untuk menjaga integritasnya dengan memberikan layanan yang tepat waktu dan sesuai perjanjian.

5. Komitmen Tinggi

Komitmen tinggi sangat penting dalam menjalankan kegiatan usaha. Dengan adanya komitmen yang tinggi, maka pengusaha akan selalu berusaha untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, komitmen juga menunjukkan upaya seorang wirausahawan untuk merealisasikan gagasannya melalui tindakan-tindakan yang dapat dipertanggungjawabkan.

6. Realistis dan Tidak Bergantung Orang Lain

Karakteristik wirausaha berikutnya adalah tidak bergantung pada orang lain serta mampu bersikap realistis. Rasa kemandirian akan mendorong pengusaha untuk bisa berdiri di atas kakinya sendiri dalam mengambil setiap keputusan yang berhubungan dengan kegiatan usahanya.

Sedangkan, sikap realistis diperlukan seorang pengusaha agar bisa merencanakan masa depan usahanya tanpa memaksakan sesuatu yang sudah jelas tidak masuk akal. Perlu diingat, realistis di sini tidak sama dengan pasrah. Justru sebaliknya, realistis berarti mampu membaca situasi dan kondisi yang terjadi, kemudian memperhitungan risiko agar bisa menyusun strategi untuk meminimalisir potensi kerugian di masa mendatang.

7. Jangan Tunggu Peluang, Ciptakan!

Terakhir, seorang wirausahawan juga dituntut untuk selalu aktif, tepatnya aktif mencari peluang. Sebab, salah satu esensi kewirausahaan adalah mampu meraih keuntungan, baik untuk perusahaan maupun konsumen.

Padahal, datangnya keuntungan tidak selalu dari satu cara yang sama. Ada kalanya cara yang selama ini dipakai justru tidak bisa mendatangkan keuntungan sama sekali. Dengan aktif mencari peluang, maka risiko tersebut bisa teratasi. Anda akan selalu punya celah untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan.

Dari sini sudah jelas kalau profesi sebagai wirausaha sungguh sangat menguntungkan. Dan bisa dipastikan Indonesia akan lebih makmur jika sebagian besar rakyatnya adalah seorang wirausahawan yang sejati. Untuk itu jangan malu mari membuka usaha sekarang juga lalu kelola secara mandiri dengan baik.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait