Seputar Info

Berapa Hari Lagi Puasa Ramadan 2023? Cek Yuk!

berapa-hari-lagi-puasa-2023

Memasuki tahun 2023 sebagian besar Muslim mulai mencari di bulan Ramadan tiba? Berapa hari lagi puasa 2023? Meski menurut aturan untuk memastikan bulan Ramadan melalui hilal, tapi kita tetap dapat memperkirakannya dengan melihat ketentuan dari kalender yang ditetapkan pemerintah.

Yang terpenting di dalam menyambut bulan puasa ialah persiapan mental spiritual selain fisik dan materi. Jangan sekali-kali gembira dengan kedatangan bulan puasa karena semata ada bazar takjil dan juga kegiatan ngabuburit saja. Niat seperti itu pastinya tidak akan membawa motivasi besar untuk giat beribadah di dalamnya.

Berapa Hari Lagi Puasa 2023?

Bulan suci atau bulan puasa Ramadan 2023 selalu menjadi momen yang paling dinantikan bagi umat muslim seluruh dunia. Memasuki tahun 2023 ini makin banyak umat Islam yang antusias untuk menyambut puasa Ramadan 1444 Hijriah. Selain itu bulan puasa juga merupakan momen bagai umat muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadan dengan khusuk selama 30 hari.

Terhitung dari hari ini, Kamis (26/1/2023), tepat 55 hari lagi umat Muslim akan bertemu dengan bulan suci Ramadan 1444 H. Hingga saat ini, pemerintah belum menetapkan keputusan mengenai kapan awal puasa 2023. Nantinya keputusan mengenai awal Ramadan ini melalui sidang isbat oleh Kementerian Agama RI.

Biasanya sidang isbat ini dilakukan menjelang hari-hari terakhir di bulan Sya’ban. Yaitu satu bulan sebelum bulan Ramadan. Namun demikian, jika mengacu pada kalender Islam Hijriah tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), maka awal Ramadan 2023 diperkirakan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023.

Hal ini dilihat dari perhitungan kalender hari libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri yang ditetapkan pada tanggal 22-23 April 2023. Artinya, dengan perhitungan 30 hari dalam sebulan, maka puasa Ramadan dimulai sekitar tanggal 23-24 Maret 2023.

Persiapan Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan 2023

Sebelum bulan puasa 2023 datang, ada baiknya kita sebagai umat Muslim yang baik melakukan persiapan dalam menjalankan ibadah puasa agar ibadah kita diberikan kelancaran, kemudahan, dan penuh ampunan.

1. Niat untuk Meningkatkan Ibadah

Jika bulan puasa sudah dekat maka seharusnya seluruh umat Islam mulai meniatkan diri untuk meningkatkan ritual ibadah. Seperti berniat untuk menjalankan salat sunah, mengaji satu juz Al-Qur’an setiap hari, salat tepat waktu dan lainnya. Jika niat ini sudah ada maka berarti kesiapan untuk mendulang pahala besar di bulan puasa juga lengkap.

Sekalipun demikian harapan tersebut tidak hanya diniatkan saja, tetapi harus benar-benar dijalankan mulai saat ini. Sehingga ketika sudah tiba bulan puasa tentunya akan menjadi pembiasaan yang tidak lagi melelahkan. Makanya silakan berniat untuk salat tepat waktu dan berjemaah lalu lakukan sekarang juga sebelum bulan Ramadan benar-benar tiba.

2. Pupuk Motivasi untuk Berbagi ke Orang Lain

Jika diri merasa malas bahkan enggan untuk berbagi atau bersedekah kepada orang lain, maka saat bulan puasa rasa malas dan keengganan ini tidak boleh ada. Artinya justru jika sudah tiba bulan Ramadan umat Islam harus banyak berbagi dan memberi kepada masyarakat terutama yang tidak mampu. Nah caranya dengan berlatih mulai saat ini.

Mumpung Ramadan masih tinggal empat bulan lagi maka latihlah kedermawanan diri dengan cara suka berbagi makanan dengan tetangga, memberi pada pengemis, menyumbang pembangunan masjid, langgar dan selainnya. Yang paling penting ialah santuni janda tua dan anak yatim.

3. Mulai Berpola Hidup Sehat

Bulan puasa adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Untuk itu kehadiran bulan ini harus disyukuri dengan cara berpola hidup sehat mulai saat ini. Karena jika tiba bulan Ramadan tetapi diri dalam keadaan sakit tentu tidak diwajibkan untuk berpuasa. Akhirnya yang terjadi adalah kekecewaan.

Maka dari itu mari berpola hidup sehat mulai sekarang juga. Dengan cara tidak bergadang, makan makanan yang bergizi, hentikan minum minuman keras, hentikan makan jenis junk food, rajin berolahraga dan selainnya. Jika ini sudah terlaksana tentunya badan akan sehat dan siap menyambut bulan puasa dengan kesiapan jiwa dan raga.

4. Berdoa Agar Panjang Umur

Kalau ada yang bertanya berapa hari lagi puasa 2023? Maka jawabannya adalah masih kurang sekitar dua bulan lagi. Sekalipun demikian mempersiapkan diri untuk menyambut bulan puasa tetap harus dilakukan mulai jauh-jauh hari. Sedangkan persiapan yang dimaksud ialah berdoa agar panjang umur di setiap selesai salat dan di waktu-waktu yang diijabah.

Dengan berdoa panjang umur sejatinya hamba berharap kepada Allah agar bisa berjumpa kembali dengan bulan Ramadan yang sudah dekat tersebut. Sehingga diri masih diberi kesempatan untuk mendulang pahala dan ampunan yang tak terhingga di bulan yang penuh berkah.

5. Meminta Maaf kepada Tetangga dan Kerabat

Alangkah indahnya ketika diri memasuki bulan puasa dalam keadaan bebas dari dosa terhadap manusia. Karena selama bulan puasa banyak pahala yang didapatkan dan tinggal dihisab saja berapa pahala tersebut hingga masuk Hari Raya Idulfitri. Makanya mumpung masih tinggal beberapa bulan lagi silakan perbanyak silaturahmi dan meminta maaf kepada tetangga dan kerabat.

Namun usahakan setelah meminta maaf tidak lagi melakukan kesalahan-kesalahan. Jika pun tetap ada kesalahan yang terjadi maka kembali meminta maaf. Karena sungguh manusia memang tempatnya salah dan khilaf. Cuma yang membedakannya dengan manusia yang lain ialah kapan waktu meminta maaf dan keikhlasan ketika melakukannya.

6. Kurangi Porsi dan Durasi Makan

Ketika masuk bulan puasa tentunya durasi makan akan berkurang. Karena yang biasanya makan tiga kali sehari hanya menjadi dua kali saja, yaitu saat berbuka dan saat sahur. Tentunya bagi kalangan tertentu ini memang membutuhkan latihan. Apalagi bagi si kecil yang masih baru mau berpuasa.

Untuk itu latihlah mulai sekarang dengan cara mengurangi porsi dan durasi makan. Makan boleh tetap tiga kali sehari namun porsinya sedikit dikurangi. Kalau tidak mau dikurangi silakan makan dua kali saja pagi dan siang hari sedangkan malam hari bisa diisi makan buah dan selainnya.

7. Mulai Menjalankan Puasa Sunnah

Sejatinya memang tidak ada ibadah puasa untuk menyambut puasa wajib di bulan Ramadan. Tetapi kita bisa berlatih untuk menjalankan puasa sunnah mulai saat ini seperti puasa Senin Kamis atau bahkan puasa Daud, yakni sehari puasa sehari berbuka. Lama kelamaan akan terbiasa dan akan lebih nyaman lagi ketika sudah berpuasa di bulan Ramadan.

Itulah pembahasan mengenai berapa hari lagi bulan puasa 2023.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait