Seputar Info

Proof Of Concept Rupiah Digital, Masa Depan Keuangan Indonesia

Proof Of Concept Rupiah Digital, Masa Depan Keuangan Indonesia

Proof of concept rupiah digital akhirnya akan dirilis pada tahun 2023 di bulan juli, hal ini menampik pandangan publik bahwa CBDC Indonesia hanyalah rumor semata. Rupiah digital adalah bagian dari proyek garuda, di mana ini merupakan sebuah inovasi baru dari pemerintah indonesia untuk dapat menjembatani rakyat indonesia mengakses pasar digital secara lebih aman.

Mata uang digital rupiah merupakan bentuk kepedulian dari bank Indonesia kepada negara dan rakyatnya untuk menjaga kedaulatan rupiah di era digital saat ini terlebih pada dunia crypto dan blockchain dengan memfasilitasi bentuk alat transaksi transparan dan lebih aman serta berbasis pada mata uang rupiah.

Proyek ini menjadi salah satu agenda utama dalam transformasi digital nasional berskala besar, terlebih untuk mengintegrasikan ekonomi dan keuangan digital yang dapat dengan mudah diakses semua orang dan setelah penantian cukup lama akhirnya pihak Bank Indonesia berencana akan merilis proof of concept rupiah digital pada juli mendatang.

Nah, untuk mengetahui mengapa inovasi ini begitu penting dan apa itu Rupiah digital kalian bisa melihat ulasan lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini. 

Apa Itu Mata Uang Rupiah Digital?

Mata uang digital rupiah adalah alat pembayaran resmi dan dirilis oleh bank Indonesia untuk menjembatani transaksi digital melalui teknologi blockchain dan dienkripsi melalui keamanan kriptografi. Pada dasarnya rupiah digital sama dengan pembayaran elektronik lainnya, bedanya hanya basis utama yang digunakan yaitu teknologi blockchain.

Teknologi ini akan menciptakan suatu bentuk infrastruktur keuangan digital baru di mana ini lebih transparan dan aman, setiap transaksi digital rupiah akan dicatat di ledger dan didistribusikan secara merata sehingga memudahkan proses verifikasi untuk setiap aset yang dikirimkan atau diterima oleh penggunanya.

Sebagai permulaan, pihak bank Indonesia merilis proof of concept rupiah digital untuk memberikan gambaran umum bagaimana nantinya digital rupiah bekerja serta apa saja kelebihan yang ditawarkannya.

Rupiah digital adalah bagian dari transformasi digital pada proyek garuda yang ingin mempersiapkan masa depan keuangan menjadi lebih baik, oleh karena itu diimplementasikan lah berbagai fitur canggih yang dijelaskan pada proof of concept rupiah digital, namun terdapat dua metode penting dan perlu diketahui sebelumnya, metode tersebut adalah;

W-Digital Rupiah

Metode pertama adalah W-Digital Rupiah, ini adalah bentuk mata uang rupiah digital yang dapat diakses oleh setiap pihak tertentu yang memerlukan transaksi lebih kompleks dengan nilai lebih besar melalui verifikasi berbasis akun dan token yang didistribusikan melalui teknologi blockchain.

Metode ini menjadi salah satu pilihan utama bagi para entitas yang bergelut di pasar blockchain untuk mendapatkan akses ke mata uang rupiah digital yang lebih aman, efisien dan tentunya transparan.

R-Digital Rupiah

Metode kedua adalah R-Digital Rupiah, metode ini sangat cocok untuk individual maupun pengguna yang tidak memerlukan transaksi yang terlalu kompleks. Pihak BI merancang token ini untuk dapat diakses oleh siapa saja.

Bank Indonesia memfasilitasi setiap penggunanya dengan mata uang rupiah digital yang bisa diakses secara lebih mudah dan fleksibel dibandingkan W-Digital Rupiah yang lebih kompleks. 

Apa Manfaat dan Kelebihan Rupiah Digital?

Mata uang rupiah digital menjadi salah satu kunci utama dalam transformasi keuangan digital yang diusung oleh bank Indonesia, berkiblat pada beberapa negara besar, seperti Tiongkok dan Turki yang juga mulai mengembangkan CBDC mereka sendiri dengan memanfaatkan teknologi blockchain yang canggih untuk dapat memfasilitasi setiap transaksi menjadi lebih fleksibel dan aman.

Digital rupiah merupakan inovasi penting untuk beradaptasi dengan berbagai inovasi pada sektor teknologi dan menjembatani sistem keuangan tradisional dengan digital sehingga memanfaatkan berbagai kelebihan pada teknologi blockchain. Hal ini pada akhirnya akan menciptakan masa depan dari infrastruktur sistem keuangan Indonesia.

Mata uang rupiah digital memiliki berbagai kelebihan yang ada pada teknologi blockchain, seperti sistem transaksi yang lebih transparan, aman, fleksibel dan murah. Dibandingkan stablecoin lainnya, digital rupiah memiliki kelebihan utama, yaitu mata uang dengan mekanisme tokenisasi blockchain yang dirilis langsung oleh otoritas resmi.

Apa Bedanya Stablecoins Dengan Rupiah Digital?

Perbedaan utama stablecoins ataupun digital rupiah adalah pihak yang menerbitkannya. Stablecoins biasanya diterbitkan oleh pihak swasta di dunia crypto, di mana pihak tersebut akan menyimpan mata uang pada bank ataupun suatu entitas tertentu lalu merilis token tersebut dengan supply 1:1.

Disisi lain, mata uang rupiah digital adalah Central Bank Digital Currency atau CBDC, berbeda dengan stablecoins yang diterbitkan oleh pihak swasata, CBDC adalah mata uang resmi yang langsung dirilis oleh otoritas resmi di suatu negara, contohnya seperti mata uang digital rupiah.

Secara mendasar teknologi yang digunakan hampir sama, yaitu teknologi blockchain. Hal yang membedakannya biasanya sumber kode dari CBDC tidak dapat langsung diakses oleh publik dan hanya bisa diakses oleh pihak tertentu yang dipilih oleh bank Indonesia untuk keperluan pengembangan, audit maupun alainnya.

Hal ini membuat mata uang rupiah digital lebih unggul dibandingkan stablecoins karena legalitasnya yang terjamin serta prosesnya diawasi langsung oleh otoritas resmi.

Penutup

Setelah cukup lama beredar rumor bahwa Indonesia akan merilis CBDC-nya sendiri, akhirnya januari kemarin bank Indonesia merilis pernyataan resmi terkait perkembangan dari hal tersebut, yaitu dengan diterbitkannya proof of concept rupiah digital pada juli 2023 yang memberikan gambaran bagaimana mata uang digital rupiah nantinya akan bekerja.

Secara garis besar, hal ini menjadi salah satu berita baik karena keterbukaan pemerintah indonesia menanggapi fenomena crypto dengan memanfaatkan teknologi blockchain sebagai dasar dari rupiah digital, sehingga memberikan jembatan bagi seluruh rakyat indonesia untuk bisa mengakses sektor blockchain dan pasar crypto secara lebih aman.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta coin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti. Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait