Seputar Info

Apa yang Dimaksud Public Ledger dan Cara Kerjanya dalam Kripto?

Apa yang Dimaksud Public Ledger dan Cara Kerjanya dalam Kripto?

Ada banyak istilah yang digunakan dalam dunia kripto dan blockchain. Salah satu yang mungkin asing terdengar, namun memiliki peran penting adalah public ledger. Di mana, ledger atau buku besar menjadi sebuah gagasan jaringan terdesentralisasi yang diciptakan dengan melawan mekanisme terpusat yang konvensional digunakan.

Public ledger seolah menjadi oposisi dari sistem yang biasa digunakan entitas lama dengan mengandalkan pihak ketiga dalam mengelola sistemnya. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan public ledger dan seberapa penting manfaatnya dalam dunia kripto maupun blockchain? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa yang Dimaksud Public Ledger?

Pada dasarnya, penggunaan nama public ledger atau buku besar publik berasal dari sebuah sistem pencatatan lama yang biasa digunakan dalam mencatat informasi meliputi harga komoditas, berita, hingga analisis. Di mana, public ledger ini tersedia atau bisa dinikmati oleh masyarakat umum sekaligus memverifikasi.

Oleh karena itu, saat aset kripto berbasis blockchain muncul dengan mengandalkan jenis mekanisme pencatatan maupun verifikasi publik serupa, maka kemunculan buku besar publik langsung mendapatkan popularitas tinggi dalam dunia kripto. Apalagi sifat dari public ledger sendiri sesuai dengan namanya yang benar-benar transparan.

Cara Kerja Public Ledger dalam Dunia Kripto

Pada dasarnya, aset kripto menjadi jenis aset yang terenkripsi dan terdesentralisasi untuk memfasilitasi pertukaran dari nilai menggunakan pengiriman token di jaringan pengguna. Di mana, peran public ledger dalam hal ini sebagai sistem yang mencatat dan menyimpan identitas pengguna secara rahasia, jumlah aset yang dimiliki, dan beragam catatan transaksi asli yang dilakukan antara jaringan pengguna.

Setiap detail transaksi yang terjadi akan diperbarui dan dicatat selengkap mungkin. Misalnya jika mengirimkan aset kripto ke dompet penerima, maka detail pengiriman yang harus dipenuhi harus sesuai dan sesuai izin. Dengan begitu, transaksi bisa berjalan lancar dan sampai ke dompet penerima. Di samping itu, buku besar publik juga melakukan proses verifikasi transaksi secara detail.

Di mana, cara kerja public ledger mirip dengan catatan transaksi di bank, walaupun ada sedikit perbedaan. Setiap pengguna yang melakukan transaksi aset kripto dengan public ledger dapat melakukan verifikasi. Hanya saja, tidak ada otoritas pusat maupun kedua pengguna yang mengetahui identitasnya masing-masing.

Setiap transaksi akan diperbolehkan dan dicatat ketika verifikasi likuiditas pengirim sudah sesuai, jika tidak maka tidak akan diproses. Di samping itu, buku besar publik sendiri bisa dilihat sebagai manajemen data maupun sistem penyimpanan mirip sistem catatan bank. 

Di mana, peran blockchain sebagai bentuk public ledger adalah serangkaian atau rantai blok dengan detail transaksi dicatat setelah adanya otentikasi maupun verifikasi sesuai pengguna jaringan yang ditunjuk. Pencatatan maupun penyimpanan semua transaksi dikonfirmasi melalui public ledger dimulai ketika pembuatan maupun bisa diaksesnya suatu aset kripto. 

Mengingat, ada ratusan ribu pengguna yang menyimpan salinan ledger, maka mereka mengetahui kondisi dari jaringan sebenarnya. Dalam hal ini yaitu siapa pemegang aset kripto, jumlah token disimpan, apakah transaksi asli dan dicatat, dan masih banyak lagi. Ditambah dengan kombinasi fitur public ledger meliputi konsensus, enkripsi, maupun mekanisme penghargaan membuat identitas pengguna terlindungi.

Contoh Mudah Public Ledger

Untuk memudahkan kamu memahami public ledger, maka ada satu contoh yang bisa menjadi acuan untuk membantu. Seperti contoh, untuk bisa menyelesaikan transaksi ketika Lisa ingin mengirimkan satu Bitcoin ke Bobi, maka ia hanya tinggal membagikan nomor akun terenkripsi alias alamat dompet ke dirinya dan bobi serta jumlah dari Bitcoin.

Selain itu, ia bisa menyamarkan jumlah yang ingin dikirim berdasarkan konfigurasi jaringan. Di samping itu, mekanisme dari tanda tangan digital yang dimiliki bisa memastikan jika hanya orang terkait yang dapat melakukan transaksi melalui dompet maupun akun mereka. Di mana, semua node secara penuh pada jaringan akan melihat siaran dari transaksi ini, lalu memverifikasi keasliannya.

Setelah itu, akan ada pembaruan catatan pada buku besar publik di beragam node dengan membantu bagian jaringan blockchain

Risiko Public Ledger Aset Kripto

Terlepas dari keuntungan yang ditawarkan public ledger, ada sejumlah risiko yang harus dipertimbangkan pada penggunaan aset kripto. Misalnya saja, saat mekanisme kerja pada blockchain memerintahkan pencatatan di setiap transaksi yang sebelumnya pernah terjadi di jaringan. 

Di mana, proses penyeimbangan dari peliharaan riwayat secara terperinci dengan berjalan lama sekaligus meningkatkan kapasitas dari jumlah penambahan transaksi merupakan suatu tantangan. Begitu juga dengan adanya kekhawatiran akan pemeliharaan buku besar publik yang mencatat semua transaksi selamanya.

Hal ini bisa membuat peretas, pemerintah, maupun badan keamanan untuk bisa melacak catatan transaksi dan identitas pengguna jaringan. Tentunya, keanonimitas dan privasi pengguna blockchain yang menjadi aspek penting akan berbahaya. Apalagi dengan fakta bahwa badan keamanan Amerika, NSA, dituduh dengan percobaan melacak pengguna Bitcoin

Ditambah dengan sejumlah kekhawatiran yang disebutkan sebelumnya meliputi upaya upaya peretasan, pencurian aset kripto, maupun penyumbatan jaringan oleh peretas.

Dengan memahami public ledger dalam aset kripto, maka hal yang harus digarisbawahi adalah fungsi buku besar publik sebagai tempat penyimpanan data utama dengan di dalamnya berisi informasi yang dilalui melalui verifikasi. Ditambah dengan penggunaan adopsi yang secara luas dan konfigurasi buku besar publik menggunakan parameter tepat dengan tujuan mempertahankan fitur terdesentralisasi.

Ditambah dengan anonimitas pada setiap transaksi yang tetap terjaga dalam dunia kripto. Tidak heran, jika aset kripto menjadi salah satu pilihan instrumen investasi sekaligus tempat penyimpanan dana tanpa harus memberikan identitas asli. Apalagi tidak ada syarat maupun kebijakan merepotkan yang membuatnya tidak cepat dan praktis.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan aset kripto melalui platform penyedia yang aman dan tepercaya seperti aplikasi Ajaib Kripto. Ajaib Kripto hadir untuk membantu kamu mendapatkan aset kripto secara aman dan mudah. Di mana, kamu bisa menemukan pilihan aset kripto dengan proyek dan prospek bagus di masa depan.

Ditambah dengan mendapatkan informasi seputar kripto terkini secara mudah melalui berita dan artikel di dalamnya. Oleh karena itu, yuk download aplikasi Ajaib Kripto di smartphone untuk mulai investasi di aset kripto, sekarang.

Artikel Terkait