Investor Pemula

Menerapkan Strategi Investasi Ethereum secara Tepat dan Efektif

investasi-ethereum

Tidak bisa dipungkiri bahwa Ethereum menjadi alternatif investasi aset kripto selain Bitcoin yang diyakini memiliki potensi untuk menyalip posisinya saat ini. Mengingat, Ethereum hadir seolah menutup kekurangan yang dimiliki Bitcoin melalui proyek-proyek menarik di dalamnya. Apalagi Ethereum dikenal sebagai aset kripto yang mampu membangun beragam fitur dan menjadi rumah bagi ribuan dApp.

Tidak heran, jika ia berhasil berdiri di posisi kedua sebagai aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. Sama halnya dengan Bitcoin, Ethereum menjadi pilihan untuk investasi secara jangka panjang bagi sebagian orang. Jika kamu tertarik untuk investasi Ethereum, tentunya ada sejumlah strategi investasi yang tepat dan efektif untuk diperhatikan.

Seperti apa strategi investasi Ethereum yang dimaksud?

Sekilas tentang Ethereum

Ethereum adalah jaringan blockchain terdesentralisasi dengan dukungan token asli bernama Ether atau ETH. Aset kripto ini dirilis pada 30 Juli 2015 yang memungkinkan setiap pengguna melakukan transaksi melalui jaringan, pembayaran global, memperoleh bunga dari kepemilikan melalui staking, eksekusi smart contract, membuat token baru berbasis token ERC-20, hingga memiliki NFT.

Sampai saat ini, Ethereum dikenal sebagai platform yang mendukung sejumlah layanan terdesentralisasi seperti Uniswap, Aave, 1Inch, MakerDAO, Decentraland, Chainlink, Curve Finance, The Sandbox, Axie Infinity, hingga Chromia. Melansir data Ethereum.org, Ethereum sendiri berhasil memiliki 2.970 proyek dengan 71 juta akun dompet menggunakan saldo ETH, serta 50,5 juta smart contract.

Sementara untuk token asli milik Ethereum yaitu ETH digunakan dalam beberapa transaksi. Mulai dari biaya transaksi di jaringan Ethereum, pembayaran atau transfer ETH ke penerima lainnya, dukungan dApps yang dibangun di jaringan Ethereum, dan masih banyak lagi. Uniknya, pasokan Ethereum sama sekali tidak dikendalikan pemerintah maupun pihak mana pun alias transparan.

Sampai tulisan ini dibuat, token Ethereum sendiri berada di posisi kedua dengan kapitalisasi pasar mencapai USD196 miliar di harga USD1,604 per koinnya, mengacu pada data Coinmarketcap. Tidak heran, aset kripto ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk investasi secara jangka panjang. Nilainya diyakini akan terus naik, bahkan kemungkinan bisa melebihi Bitcoin di masa depan.

Bagaimana Strategi Investasi Ethereum secara Efektif?

Untuk menerapkan strategi investasi Ethereum secara tepat dan efektif, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Adapun sejumlah cara yang dimaksud di antaranya:

Lakukan Riset Mengenai Ethereum secara Lengkap

Sama halnya dengan memulai investasi di instrumen lainnya, penting bagi kamu untuk melakukan riset secara lengkap mengenai Ethereum. Riset ini meliputi bagaimana cara kerja dan hal yang membuat aset kripto ini unik sehingga layak untuk dipilih.

Ethereum merupakan bagian dari aset kripto yang memiliki volatilitas tinggi sehingga harganya bisa satu waktu terjun. Hal ini bisa meliputi kapan Ethereum bergerak naik dan kapan turun sehingga kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk membeli aset kripto ini.

Ketika investor mengetahui Ethereum secara mendalam, maka tren harga yang sedang terjadi bukan menjadi hal harus diwaspadai karena sifatnya sementara.

Jangan Mengatur Waktu Pasar

Pada dasarnya, ketika kamu memutuskan untuk investasi di instrumen Ethereum, maka waktu yang pas untuk membelinya adalah sesegera mungkin. Apalagi jika pergerakan harga Ethereum sedang konsolidasi.

Anggap saja ketika membeli Ethereum tanpa mengikuti tren sebagai investasi jangka panjang. Mengingat, tidak ada yang tahu kapan pasar benar-benar turun maupun naik.

Bisa saja jika kamu terus menunggu harga Ethereum menurun, justru harganya terus-menerus turun dan begitu sebaliknya. Begitu membelinya dan harga justru turun, jangan langsung menjual untuk menghindari koreksi harga lebih dalam. Hal ini karena sifat Ethereum yang nantinya akan kembali naik setelah mengalami penurunan.

Oleh karena itu, tanamkan bahwa kamu yakin dengan harga Ethereum yang bakal naik di masa mendatang. Apalagi jika melihat fundamentalnya yang kuat dengan proyek menarik di dalamnya.

Hindari untuk Menempatkan Semua Investasi Hanya di Ethereum

Dalam dunia investasi, diversifikasi penting untuk dilakukan termasuk pada aset kripto seperti Ethereum. Mengingat, tingkat volatilitas yang tinggi sebagai aset berisiko, maka hindari untuk menempatkan semua dana investasi hanya di Ethereum saja. Ethereum sendiri pernah anjlok di tahun 2018 dari USD1,200 ke USD100 per koinnya.

Untuk menghindari kejadian tersebut, maka pastikan untuk menyisakan dana investasi yang dialokasikan ke instrumen dengan risiko lebih rendah lainnya seperti reksa dana atau emas.

Membeli di Bursa Kripto yang Menawarkan Harga Terbaik

Untuk membuat strategi investasi Ethereum menjadi lebih efektif, kamu bisa menggunakan bursa kripto yang menawarkan harga terbaik untuk setiap pembeliannya. Tentunya, kamu biasa mendapatkan aset kripto untuk investasi seperti Ethereum melalui bursa kripto. Hanya saja, tidak semua pilihan bursa kripto bagus dengan menawarkan harga terbaik.

Belum lagi bursa palsu yang melakukan tindak penipuan dengan tujuan mencuri uang calon investor. Sedangkan untuk harga yang kurang menarik biasanya ada pada biaya maupun limit yang berlebihan. Oleh karena itu, pilihlah bursa kripto yang aman dan tepercaya dalam memberikan layanan mendapatkan aset kripto khususnya Ethereum.

Kamu bisa memilih bursa kripto yang menawarkan jenis asuransi dan penyimpanan cold storage alias offline sehingga keamanannya bisa terjamin dengan baik. Jika memutuskan untuk memilih broker tertentu, pilihlah yang menawarkan fitur menarik seperti promo untuk pendaftaran khusus, dukungan pelanggan luar biasa, tanpa komisi, aplikasi intuitif, dan masih banyak lainnya.

Dengan memahami strategi investasi Ethereum secara tepat, kamu bisa memaksimalkan keuntungan yang dihasilkan dari investasi tersebut. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir harus memantau pergerakan harga Ethereum secara terus-menerus. Apalagi jika tujuan investasinya untuk jangka panjang demi meraih keuntungan lebih.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait